Bagi sebagian wisatawan, lambat adalah pilihan yang tepat

31 Mei 2023

BEIJING – Meskipun kereta berkecepatan tinggi telah menjadi populer di Tiongkok, beberapa kereta yang lebih tua dan lebih lambat masih beroperasi untuk melayani penumpang dengan kebutuhan berbeda.

Sejak mulai beroperasi pada bulan November 2013, dua kereta lambat berwarna hijau kuno yang berjalan antara Tonghua, Provinsi Jilin dan Dandong, Provinsi Liaoning telah dikenal sebagai “kereta kebahagiaan” dan mendapat banyak pujian dari penduduk sekitar. rute.

Kereta api sepanjang 321 kilometer ini memiliki 11 perhentian, yang sebagian besar berlokasi di daerah pedesaan dengan sistem jalan yang kurang berkembang. Kereta api kini menjadi pilihan warga untuk bepergian sehari-hari atau keluar rumah untuk menjual hasil pertanian.

“Kereta lambat dan murah disediakan demi kenyamanan penumpang,” kata kondektur Jin Mingshuo. “Kami juga memperluas layanan sambil berusaha menjaga tarif tetap rendah dan kualitas layanan tetap tinggi.”

Pada tahun 2019, divisi transportasi penumpang dari China Railway Shenyang Group, yang mengoperasikan kereta api, menyiapkan area pasar di dalam gerbong agar penumpang dapat menjual produk selama perjalanan mereka.

Bagi Liu Ende, seorang pensiunan guru dari Desa Xiwei di Fenghuangcheng, sebuah kota setingkat provinsi di bawah administrasi Dandong, penjualan kereta api kini menjadi bagian besar pendapatan keluarganya.

“Setiap beberapa hari saya naik kereta di Stasiun Kereta Shicheng dengan membawa apa yang kami hasilkan atau petik di pegunungan,” kata pria berusia 79 tahun itu. “Kami menjual beberapa barang sepanjang tahun, termasuk biji-bijian, telur, jamur, serta sayuran dan buah-buahan liar.”

Sekelompok penumpang menunggu kereta di peron stasiun di provinsi Jilin. CINA SETIAP HARI

Liu berkata bahwa dia bisa menjual dengan sangat cepat dan murah, berkat kereta api. “Saya memerlukan waktu satu jam untuk melakukan perjalanan dari Shicheng ke Fenghuangcheng, dan biayanya hanya 9 yuan ($1,28) untuk sekali jalan,” katanya. “Sekitar 80 persen barang saya terjual sebelum saya turun dari kereta, dan terkadang saya bisa mendapatkan lebih dari 1.000 yuan.”

Dia kemudian menjual sisanya di pasar di Fenghuangcheng.

Liu menambahkan bahwa ia juga mempunyai waktu untuk membeli kebutuhan sehari-hari di pasar sebelum pulang ke rumah dengan kereta api, yang menurutnya telah menjadi alat transportasi penting bagi semua orang di daerahnya.

“Hanya ada satu bus yang membawa kami keluar desa setiap hari, dan tiket sekali jalan berharga 16 yuan,” katanya. “Sebelum jalur kereta api dibuka, ketika salju turun di jalan pegunungan pada musim dingin, kami biasanya berdiam diri di rumah karena alasan keamanan. Jadi kereta api sangat penting bagi semua orang di desa kami.”

Keretanya juga ber-AC, sehingga memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman bagi penumpang.

Penumpang menjual hasil pertaniannya di kereta. CINA SETIAP HARI

Selain itu, petugas memasang papan pengumuman bagi penumpang yang berisi informasi tentang produk yang dijual dan menyediakan perbekalan gratis seperti kantong plastik, tali dan pita pengepakan untuk membawa atau mengamankan pembelian.

“Untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, kami juga mendirikan grup WeChat pada November 2021, dan ratusan penumpang bergabung,” kata Jin, kondektur. “Kami mengirimkan informasi layanan kereta api melalui grup dan menjawab pertanyaan.

“Dan setiap sebelum kami membuka area pasar, kami memberi tahu penumpang terlebih dahulu apa saja yang tersedia, termasuk produk yang paling laris.”

Dua petani memajang sayuran yang ingin mereka jual di kereta. CINA SETIAP HARI

Untuk memastikan pengiriman produk tercepat dari penduduk desa ke pembeli, kereta api juga menawarkan layanan “kereta lambat ekspres”. Tanpa naik kereta, penduduk desa dapat mengatur kondektur untuk membantu mereka mengirimkan barang-barang mereka ke stasiun pengiriman yang ditunjuk di sepanjang rute.

“Untuk mempopulerkan pasar asrama dan membantu lebih banyak penduduk desa di sepanjang rute tersebut, kami berencana untuk mempromosikan lebih banyak kegiatan,” kata Jin. “Selama festival penting seperti Hari Nasional dan Festival Musim Semi, kami akan mengundang selebriti internet untuk melakukan siaran langsung di kereta untuk membantu penduduk desa mempromosikan produk mereka dan menceritakan kisah-kisah menarik. Kami berharap para petani akan berpartisipasi dan meningkatkan kehidupan mereka.”

Data Sidney

By gacor88