Belum waktunya untuk menghapus sistem tingkat kewaspadaan Covid-19: Istana Malacanang

3 Februari 2022

MANILA – Ini belum waktunya untuk menghapus sistem tingkat kewaspadaan di negara tersebut sebagai persiapan ketika COVID-19 menjadi endemik, kata Malacañang pada hari Rabu.

Sekretaris Kabinet dan Penjabat Juru Bicara Kepresidenan Karlo Nograles mengatakan meski tingkat vaksinasi di Metro Manila tinggi, vaksinasi masih perlu ditingkatkan di wilayah lain di Tanah Air.

IKLAN

“Ini belum waktunya untuk menghapus sistem tingkat kewaspadaan karena tingkat vaksinasi di NCR tinggi, namun kita masih perlu meningkatkan vaksinasi di berbagai wilayah,” ujarnya dalam wawancara di ABS CBN News Channel.

(Ini belum waktunya untuk menghapus sistem tingkat kewaspadaan karena meskipun jumlah vaksinasi di NCR tinggi, kita masih perlu meningkatkan vaksinasi di wilayah lain.)

Sekretaris Kabinet dan Penjabat Juru Bicara Kepresidenan Karlo Nograles (NAVRAER FILE PHOTO/JOAN BONDOC)

Filipina juga belum melihat apakah akan ada varian baru COVID-19 yang dapat menyebabkan lonjakan lagi, ujarnya.

Nograles menambahkan, Filipina belum melihat apakah akan ada mutasi atau varian baru seperti varian Omicron yang menyebabkan kasus lebih ringan dan fatal, meski lebih mudah menular.

Daripada membahas apakah sistem tingkat kewaspadaan akan dihapuskan atau tidak, Nograles mengatakan bahwa diskusi seharusnya dilakukan pada saat negara tersebut siap untuk berada di bawah Tingkat Kewaspadaan 1, yang paling lunak di bawah sistem tingkat kewaspadaan lima tingkat.

“Alasan mengapa kami tidak akan membatalkan tingkat kewaspadaan adalah karena kami akan segera kembali ke tingkat kewaspadaan 2, untuk berjaga-jaga jika varian baru yang menjadi perhatian atau varian yang menjadi perhatian muncul kembali atau meningkat,” kata Nograles.

(Alasan kami tidak menghilangkan tingkat kewaspadaan adalah karena kami dapat segera kembali ke Tingkat Kewaspadaan 2, untuk berjaga-jaga jika ada varian baru yang menjadi perhatian atau minat, atau jika ada lonjakan lainnya.)

“Jadi mungkin yang kita minta kailan tayo mag Alert Level 1 sudah normal kembali, tapi new normal,” imbuhnya.

(Jadi mungkin yang kita minta adalah kapan kita akan berada dalam status siaga 1, yaitu kembali normal, tapi itu normal yang baru.)

Dia mengatakan di bawah Tingkat Kewaspadaan 1, lembaga-lembaga dapat menghapuskan pembatasan kapasitas tempat mereka dan perjalanan akan diizinkan tanpa memandang usia atau penyakit penyerta, dengan tetap menjaga kepatuhan terhadap standar kesehatan masyarakat minimum.

Agar suatu wilayah dapat ditempatkan pada Tingkat Siaga 1, wilayah tersebut harus memiliki tingkat pemanfaatan rumah sakit di bawah 49%, tingkat pertumbuhan COVID-19 dalam dua minggu nol atau menurun, dan tingkat serangan harian rata-rata di bawah 1.

Tingkat vaksinasi juga harus tinggi, atau setidaknya 70% untuk warga lanjut usia dan orang dengan penyakit penyerta, serta fasilitas yang memenuhi persyaratan segel pengaman.

Penasihat Presiden Bidang Kewirausahaan Joey Concepcion sebelumnya mengatakan ia melihat kemungkinan bahwa Filipina akan siap hidup tanpa sistem tingkat kewaspadaan COVID-19 pada bulan Maret atau April.

Sejumlah senator terbuka terhadap gagasan penghapusan sistem tingkat kewaspadaan, dengan mengatakan hal itu akan memacu aktivitas ekonomi.

Togel Singapore

By gacor88