Era baru kartun Vietnam sedang memenangkan hati anak muda

21 Februari 2022

HANOI – Meskipun tahun 2021 merupakan tahun yang penuh tantangan akibat pandemi COVID-19, industri animasi tanah air semakin berkembang dengan menerima banyak penghargaan dan jutaan hits di YouTube.

Việt Nam Cartoon Studio (Perusahaan Saham Gabungan Kartun Việt Nam) menyelesaikan rencana produksinya tahun lalu, dengan 16 film disetujui untuk didistribusikan oleh Departemen Sinema di bawah Kementerian Kebudayaan.

Film-film yang diproduksi perusahaan beragam, kaya akan bentuk ekspresi dan mengandung banyak keunikan.

Tiga film animasi sejarah — Jenderal Wanita Ms. Linh (Para Pahlawan), Gelombang mengambang Bach Dang (Pertempuran Sungai Bach Dang), Kaisar Dai Hanh (Kaisar Đại Hành), masing-masing berdurasi 30 menit – menampilkan konten dan efek visual yang indah, yang mendapat tanggapan baik dari penonton.

produksi 3D Para pahlawan wanita menceritakan kehidupan Trưng Trắc dan Trưng Nhị, dua saudara perempuan yang memimpin pemberontakan Vietnam pertama melawan pendudukan Han Tiongkok hampir 2.000 tahun yang lalu, sementara Pertempuran Sungai Bach Dangsebuah animasi cut-out, menampilkan kemenangan pertempuran pasukan Vietnam yang dipimpin oleh jenderal Ngô Quyễn di Sungai Bạch Đằng pada tahun 938 melawan penjajah Han Selatan Tiongkok.

Animasi terakhir, Kaisar Dai Hanh (Kaisar Đại Hành), memuji Kaisar Lê Đại Hành yang menggunakan kecerdasan dan bakatnya untuk memimpin bangsa melawan penjajah Song Tiongkok dan memenangkan perdamaian dan kehidupan yang sejahtera bagi negara di abad ke-10.

Meski bersifat historis, para kartunis ini melepaskan diri dari penceritaan konvensional yang kering dan berbasis fakta. Tokoh-tokoh dari sejarah dihidupkan dengan jelas, sementara kepribadian batin mereka dieksplorasi secara menyeluruh untuk membentuk gaya baru animasi Vietnam, tidak seperti apa pun yang pernah diproduksi oleh industri film di negara ini sebelumnya. Beberapa pakar mengatakan negara ini siap menghadapi “zaman keemasan animasi”.

“Sudah lama sejak terakhir kali saya menonton kartun Vietnam, tapi sejujurnya saya terkejut dengan film-film animasi sejarah Vietnam yang baru dengan gambar-gambar yang indah, pergerakan dan jalan cerita yang bagus, terutama adegan-adegan yang epik, tidak kalah dengan yang diproduksi oleh studio-studio ternama bukan. di dunia,” kata Nguyễn Thị Nga, penggemar kartun di Hà Nội.

Staf dan seniman Perusahaan Kartun Việt Nam berfoto di depan gedung perusahaan, yang terletak di Jalan Trần Phú, Hà Nội. Foto milik Perusahaan Kartun Vietnam

Tahun 2021 juga merupakan tahun pencapaian Perusahaan Kartun Vietnam pada Golden Lotus Awards di Festival Film Vietnam ke-22 di Kota Huế, dengan Burung kayu (Burung Kayu) untuk meraih penghargaan emas, sementara Guru Selamanya (Guru Keabadian) dan Lampunya tidak pernah padam (Cahaya yang Tidak Pernah Padam) memenangkan kedua penghargaan perak.

Di Golden Kite, studio memenangkan dua penghargaan, yang tertinggi diberikan Legenda Pedang Ajaib (Legenda Pedang Ilahi).

Hadiah pertama dan kedua Kompetisi Animasi 2021 yang diselenggarakan oleh Korea Content Creation Agency dan Pusat Kebudayaan Korea telah diberikan kepada Api abadi (Api Abadi) dan Prajurit Kucing Hidung Merah (Prajurit Kucing Hidung Merah), masing-masing.

Selain itu, Penghargaan Dế Mèn (Kriket), yang diberikan oleh Kantor Berita Vietnam Olahraga & Budaya (Olahraga & Budaya) harian, dimenangkan oleh Log busuk (Log busuk).

Saluran YouTube studio – Animasi Vietnam (Kartun Vietnam) – terus diperbarui dengan film animasi baru, menarik hampir 600.000 pelanggan dan hampir 200 juta penayangan sejak diluncurkan pada Juni 2018.

Banyak film di saluran tersebut mendapat penayangan tinggi Saudara Ayam (Chicken Siblings) dengan lebih dari 27 juta penayangan, Ayah Bayi Cewek (Chicks Daddy) 18 juta penayangan, dan Perampokan palsu Perampokan sungguhan (Perampokan Palsu, Perampokan Nyata) 15 juta penayangan.

Adaptasi dan inovasi

Seniman muda dan pencipta Thám Tử Dương Bạc (Detektif Rambut Putih). Foto milik Perusahaan Kartun Vietnam

Menurut penulis skenario Phạm Thanh Hà, kepala departemen naskah di Việt Nam Cartoon Company, pencapaian tersebut merupakan hasil dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas animasi, staf, dan artis di studio.

Seperti banyak sektor lainnya, animasi menghadapi banyak kesulitan dalam hal produksi, promosi, dan distribusi akibat pandemi selama dua tahun terakhir.

“Selain mematuhi langkah-langkah pencegahan pandemi, Việt Nam Cartoon Company tetap harus mematuhi jadwal produksinya agar tidak menunda perilisan film atau tumpang tindih tahapan produksi, yang dapat mempengaruhi kualitas film,” kata Hà.

Sayangnya, pemutaran film secara langsung di bioskop studio, pemutaran melalui ponsel, serta interaksi penonton langsung yang bertujuan untuk memotivasi dan menginspirasi seniman animasi, semuanya diminimalkan.

Hà mengatakan studio telah menyesuaikan produksi dan rencana bisnisnya secara signifikan untuk beradaptasi dengan kondisi pandemi.

Dari segi produksi, pihak studio telah menyusun rencana untuk masing-masing kru film, dengan memberikan tugas kepada 19 kru film pada tahun 2020 dan 16 kru film pada tahun 2021 agar tahapan produksi film, personel dan peralatan tidak diam atau tumpang tindih, serta dapat tetap terjaga. kualitas tinggi.

Studio ini terus meningkatkan keluarannya dan mendiversifikasi produknya sambil memperkuat dan mempromosikan citra dan merek animasi Vietnam.

Berkat upaya selama beberapa tahun terakhir, kami telah menciptakan karakteristik unik untuk kartun Vietnam dengan gambar yang indah, gerakan yang fleksibel, warna yang segar, konten yang kaya, dekat dengan kehidupan modern anak-anak, namun tetap memiliki kepolosan khas Vietnam, sederhana dan murni. karakteristiknya tetap,” kata Hà.

“Salah satu keberhasilan studio dalam beberapa tahun terakhir adalah memperkenalkan film kepada penonton melalui berbagai sarana komunikasi, termasuk saluran televisi pusat dan lokal, saluran TV berbayar, dan khususnya jejaring sosial. Kami secara efektif meluncurkan dan mengelola saluran resmi kami di YouTube.”

Sebuah adegan dari animasi Rich Kid’s Tail. Foto milik Perusahaan Kartun Vietnam

Banyak animasi Vietnam yang sukses dapat menarik jutaan penayangan seperti Ayah ayam, Perampokan palsu Perampokan sungguhan atau Semut pintar berkat peningkatan faktor kualitas seperti konten menarik, warna cerah, dan gerakan fleksibel.

“Komik semacam itu adalah kisah-kisah animasi kehidupan nyata yang dapat dipahami oleh setiap anak, menciptakan humor dan kegembiraan yang ingin mereka selami atau kisah-kisah sejarah yang indah dan menarik yang ingin mereka jelajahi,” kata Hà.

Film-film Perusahaan Kartun Việt Nam berfokus pada produksi film animasi yang ditugaskan oleh Kementerian Kebudayaan yang mengeksplorasi topik-topik seperti sejarah nasional, dongeng, lingkungan atau filsafat, dan dipertunjukkan dalam berbagai gaya seperti 2D, 3D, atau yang dihasilkan komputer. pemotongan kertas.

Perusahaan juga menawarkan jasa pembuatan produk hiburan seperti video musik animasi dan iklan.

Hà mengatakan perusahaannya akan fokus pada promosi distribusi film untuk membawa kartun Vietnam ke khalayak muda yang lebih besar dan meningkatkan kapasitas produksi sumber daya manusia dan teknologi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pada tahun ini.

“Animasi Vietnam akan melakukan upaya terbaik untuk memenuhi perannya sebagai produk seni yang memenuhi standar pendidikan dan hiburan,” tambahnya.

Serial animasi terbaru yang dirilis oleh perusahaan adalah Kelinci Bonnie (Bonnie si Kelinci), yang terbukti memberikan anugerah moral kepada anak-anak selama pandemi

Bonnie si Kelinci menceritakan tentang kehidupan keluarga kelinci dan banyaknya kenangan di hati seekor kelinci muda bernama Bonnie, dengan setiap episode berdurasi empat menit memberikan pelajaran yang lembut dan mendalam.

Tim produksinya mencurahkan banyak antusiasmenya terhadap pengembangan, mulai dari naskah hingga efek visual, hingga menciptakan karakter yang disukai setiap anak. Itu sukses besar.

Menurut tim produksi, penonton muda dapat dengan mudah melihat diri mereka sendiri dalam pidato Bonnie, reaksi dan cara menyelesaikan semua situasi yang dia temui.

Channel Youtube Kartun Vietnam (Vietnam Cartoon) menjadi alamat favorit banyak anak di tahun-tahun terdampak COVID ini. Foto VNS Luong Huong

“Bonnie lucu sekali. Saya sangat menikmati menonton serial ini sehingga saya sering menontonnya setelah saya menyelesaikan pekerjaan rumah saya. Saya tidak sabar menunggu episode selanjutnya di YouTube,” kata Nguyễn Phương Hà, 8 tahun, siswa kelas dua dari Sekolah Dasar Nguyễn Bá Ngọc di Hà Nội.

Selain anak-anak, animasi Vietnam Saluran YouTube juga telah memenangkan hati banyak orang tua.

“Saya selalu khawatir dengan apa yang anak-anak saya tonton di YouTube dan hiburan mereka. Namun, saya terkesan dengan konten dan gambar kartun di saluran tersebut, yang telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Saya merasa aman ketika anak-anak saya menontonnya,” kata Nguyễn Huy Hiệp, ayah dua anak.

Dengan berkurangnya pandemi ini, tahun 2022 bisa menjadi tahun di mana animasi Vietnam terus mencapai tingkat yang lebih tinggi. VNS

link sbobet

By gacor88