Hong Kong membatasi pertemuan kelompok menjadi 2 orang untuk menutup lebih banyak tempat

9 Februari 2022

HONGKONG – Hong Kong akan menerapkan pembatasan sosial yang lebih ketat menyusul peningkatan eksponensial kasus COVID-19 yang terkonfirmasi di kota tersebut dalam beberapa hari terakhir.

Langkah-langkah yang diperketat termasuk mengurangi jumlah pengunjung yang diperbolehkan per meja, membatasi pertemuan kelompok dan menutup tempat keagamaan dan salon rambut mulai Kamis. Langkah-langkah ini akan tetap berlaku hingga peluncuran program “tiket vaksin” pada tanggal 24 Februari yang hanya mengizinkan pengunjung yang telah divaksinasi untuk memasuki tempat tertentu.

Kepala eksekutif Carrie Lam Cheng Yuet-ngor mengatakan pada konferensi pers pada Selasa sore bahwa tempat katering dengan mode operasi tipe B dan C hanya akan mengizinkan dua makan malam per meja, dan tempat katering di bawah tipe D dapat menyajikan empat kali makan per meja.

Berdasarkan peraturan pemerintah terkait pandemi, restoran tipe B tidak boleh melebihi 50 persen kapasitas tempat duduk. Batasan untuk restoran tipe C adalah 75 persen dari kapasitas tempat duduk. Restoran tipe D dapat beroperasi dengan kapasitas penuh.

Pemerintah juga memperluas pembatasan pertemuan kelompok ke tempat-tempat pribadi dengan tidak lebih dari dua keluarga diperbolehkan dalam satu waktu

Anggota staf di restoran Tipe B harus menjalani tes COVID-19 setiap tujuh hari sekali, atau harus telah menyelesaikan kursus vaksinasi COVID-19; staf di restoran tipe C harus sudah menerima vaksin dosis pertama, sedangkan staf di restoran tipe D harus divaksinasi lengkap.

Pemerintah juga memperluas pembatasan pertemuan kelompok di tempat-tempat pribadi – pertama kalinya pembatasan tersebut diberlakukan – dengan tidak lebih dari dua keluarga yang diperbolehkan dalam satu waktu.

Lam mengatakan bahwa selain dari 17 jenis tempat yang sudah diatur berdasarkan Undang-undang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, enam jenis tempat lainnya – termasuk tempat keagamaan, pusat perbelanjaan, supermarket, pasar umum, dan salon rambut – akan ditambahkan ke dalam daftar setelah “ program tiket vaksin” diluncurkan pada 24 Februari.

Pengaturan “tiket vaksin” pada awalnya akan memungkinkan mereka yang telah menjalani setidaknya satu vaksinasi untuk memasuki tempat-tempat umum tertentu, termasuk restoran, perpustakaan umum, dan tempat hiburan.

Restoran akan melakukan uji coba program ini beberapa hari sebelum tanggal 24 Februari, tambah Lam.

Pemerintah juga mempertimbangkan amandemen Undang-undang Ketenagakerjaan untuk mengatasi meningkatnya perselisihan antara majikan dan pekerja karena semakin banyak orang yang dikurung di bangunan tempat tinggal mereka atau dikarantina setelah infeksi di masyarakat meningkat.

Amandemen yang diusulkan, jika diadopsi, akan memperjelas apa yang termasuk dalam pemecatan yang tidak adil dan apa yang tidak. Berdasarkan usulan amandemen tersebut, bagi pekerja yang menolak menerima vaksin COVID-19 dan oleh karena itu tidak diperbolehkan kembali bekerja, pemutusan kontrak kerja oleh pemberi kerja tidak akan dianggap sebagai pemecatan yang tidak adil.

Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam Cheng Yuet-ngor berpidato pada konferensi pers di kantor pemerintah pusat di Tamar, Hong Kong pada 8 Februari 2022. (CALVIN NG / CHINA DAILY)

Di sisi lain, jika seorang pekerja tidak dapat masuk kerja karena persyaratan pengujian atau pembatasan yang diwajibkan oleh pemerintah, dan akibatnya pemberi kerja memutuskan kontrak kerjanya, tindakan tersebut merupakan pemecatan yang tidak adil.

Dan jika seseorang diharuskan mematuhi tindakan karantina wajib atau menjalani tes virus wajib, orang tersebut dapat menggunakan sertifikat yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan untuk mengajukan cuti sakit, kata Lam.

Menurut Departemen Tenaga Kerja, seorang pekerja yang telah dipekerjakan oleh pemberi kerja untuk jangka waktu tidak kurang dari 24 bulan dapat menuntut kompensasi atas pemecatan yang tidak adil dari pemberi kerja tersebut jika mereka diberhentikan karena alasan selain yang dianggap sah, seperti kesalahan atau pelanggaran. kegagalan untuk mematuhi. persyaratan hukum.

judi bola online

By gacor88