Jumlah bersejarah warga Amerika keturunan Filipina yang menang dalam pemilu bulan November lalu

15 Desember 2022

WASHINGTON DC – Sejumlah besar warga Amerika keturunan Filipina terpilih menduduki jabatan di tingkat lokal dan negara bagian pada pemilu bulan November lalu.

“Pencapaian terbesar kami pada pemilu bulan November tahun ini adalah melihat lebih banyak warga Filipina maju untuk mencalonkan diri sebagai pejabat publik. Representasi itu penting! Kami sangat gembira melihat kemajuan bagi komunitas kami,” kata Presiden dan Ketua Nasional NaFFAA Brendan Flores dalam siaran persnya. NaFFAA telah merilis daftar pemenang yang terus diperbarui.

Reputasi. Bobby Scott tetap menjadi pejabat terpilih Filipina-Amerika dengan peringkat tertinggi setelah memenangkan pemilihan DPR AS di Distrik Kongres ke-3 Virginia. Dia telah melayani distrik ini sejak 1993.

Kemenangan bersejarah dalam pemilu negara bagian untuk Fil-Ams

Di California, Rob Bonta terpilih kembali sebagai jaksa agung negara bagian yang berpenduduk lebih dari 500.000 warga Filipina.

Pemenang pemilu legislatif negara bagian di Pantai Timur:

Steven Raga, orang Amerika Filipina pertama di Badan Legislatif Negara Bagian New York; Maria Cervania, orang Filipina-Amerika pertama di badan legislatif Carolina Utara; Kris Valderrama, terpilih kembali sebagai anggota Dewan Delegasi Maryland; Marvin Lim, perwakilan negara bagian di Distrik 98 di Georgia; Justin Jones, perwakilan negara bagian untuk Distrik 52 di Tennessee; Luz Bay, Dewan Perwakilan New Hampshire untuk Distrik Strafford County 21.

Pemenang Filipina-Amerika untuk Badan Legislatif Negara Bagian Pantai Barat:

Genevieve Mina, di Dewan Perwakilan Alaska; Erica Mosca, di Badan Legislatif Nevada; Rosebella Martinez, Dewan Perwakilan Negara Bagian Hawaii; Brandon Elefante dan Henry Aquino, dua senator baru terpilih di Senat Negara Bagian Hawaii.

Filipina-Amerika adalah kandidat terdepan dalam pemilu lokal

Sejumlah orang Filipina-Amerika yang memenangkan posisi pemerintahan lokal di California mencapai rekor:

Walikota terpilih adalah Jed Leano dari Claremont City; Rod Daus-Magbual dari Kota Daly; Melissa Ramoso dari Kota Artesia. Ketiga walikota tersebut terpilih sebagai anggota dewan, tetapi akan mengambil peran sebagai walikota pada tahun 2023.

Orang Filipina-Amerika juga terwakili dengan baik di posisi dewan kota dan kotamadya California:

Gabriel Quinto, terpilih kembali sebagai anggota dewan LGBTQ pertama dalam sejarah kota El Cerrito; Garry Garbadillo dari Kota Milpitas; Ollie Cantos dan Letty Lopez-Viado dari Kota Covina Barat; Tony Daysog dari Kabupaten Alameda; Joanne Del Rosario dari Kota Colma; Diosdado Matulac dari Kota Vallejo; Buenaflor Nicolas dari Kota San Francisco Selatan; David Gold dari American Canyon; Charles Palmares dari Kota Vallejo; Cameron Sasai dari Kota Pinole; Phil Bacerra dari Kota Santa Ana; Datas Yamane dari Kota Nasional; Krystle Ang dari Kota Burbank terpilih sebagai bendahara; dan Kenneth Mejia dari Los Angeles terpilih sebagai pengontrol kota Filipina-Amerika pertama di kota tersebut.

Di Hawaii, pendatang baru Tyler Dos Santos dan mantan anggota DPR Val Okimoto keduanya terpilih menjadi anggota Dewan Kota Honolulu.

Beberapa orang Filipina-Amerika juga memenangkan pemilihan dewan sekolah di California:

Thelma Boac dan Jaria Jaug menang di Dewan Distrik Sekolah Berryessa Union di San Jose; Judy Patacsil, Dewan Pengawas Distrik 1 Palomar College di San Diego County; Mike Guingona dan Agnes Gonzales, masing-masing Dewan Distrik Community College San Mateo County dan Rowland Unified School District; Robert Moreno, Dewan Pengawas Distrik Southwestern Community College di South San Diego County.

Di tingkat peradilan, pengacara Filipina-Amerika Mari Parlade menang sebagai hakim pengadilan keluarga distrik di Las Vegas, Nevada.

Pengeluaran SGP hari Ini

By gacor88