Lalu lintas di bandara di Hong Kong akan meningkat 50% tahun depan

3 Agustus 2023

HONGKONG – Masa depan cerah bagi status Hong Kong sebagai pusat penerbangan dengan kapasitas bandara diperkirakan meningkat sebesar 50 persen tahun depan untuk melayani 120 juta penumpang, kata para pejabat pada Rabu.

Pada perayaan Hari Penerbangan 2023, Menteri Keuangan Paul Chan Mo-po mengatakan prospek cerah kota ini tidak hanya terwujud dalam prospek ekonomi yang cerah di Greater Bay Area KwaZulu-Natal-Hong Kong-Makau, namun juga dalam gelombang perubahan iklim yang nyata. pembangunan infrastruktur.

“(Ini) akan meningkatkan kemampuan kami untuk melayani Greater Bay Area dan berbagai negara dan wilayah yang berada dalam jangkauan tentakel penerbangan kami dengan lebih baik,” kata Chan.

Kepala keuangan mengatakan pemerintah menyuntikkan HK$200 juta ($25,6 juta) ke dalam Dana Pelatihan Maritim dan Penerbangan untuk mendukung pelatihan tenaga kerja di industri logistik.

Sebelum pandemi COVID-19, Bandara Internasional Hong Kong melayani 220 tujuan dengan jumlah penumpang tahunan lebih dari 71 juta, dan jumlah kargo sebesar 4,2 juta ton pada tahun 2022, menurut Chan.

“Bahkan selama pandemi, bandara kami masih dilayani oleh sekitar 120 maskapai penerbangan, dan tidak diragukan lagi tetap menjadi bandara kargo tersibuk di dunia,” ujarnya.

Sebelum pandemi COVID-19, Bandara Internasional Hong Kong melayani 220 tujuan dengan jumlah penumpang tahunan lebih dari 71 juta, dan jumlah kargo sebesar 4,2 juta ton pada tahun 2022, menurut Chan

Chan mengatakan bahwa pemerintah dan Otoritas Bandara, Hong Kong, akan mengubah bandara tersebut menjadi Airport City yang akan memadukan bisnis lintas batas komersial, hiburan, pariwisata dan bisnis MICE (Meetings, Incentives, Conventions and Exhibitions) dan menjadi mesin baru untuk menggerakkan pertumbuhan. Hong Kong dan Greater Bay Area.

“Kami juga sedang menjajaki bersama otoritas Zhuhai mengenai kelayakan pembangunan kawasan industri di sana, sehingga dapat mendorong pengembangan industri penerbangan komprehensif melalui kerja sama lintas batas yang sinergis,” kata Chan.

Ia juga mengatakan bahwa pemerintah Daerah Administratif Khusus Hong Kong juga berupaya mengembangkan industri tambahan yang terkait dengan sektor penerbangan.

“Kami berupaya menjadikan Hong Kong sebagai pusat penyewaan dan layanan pesawat dengan memberikan potongan pajak untuk menarik lebih banyak perusahaan penyewaan pesawat untuk datang ke Hong Kong. Amandemen legislatif yang relevan akan diperkenalkan pada tahun ini.” kata Chan.

Sekretaris Keuangan Paul Chan Mo-po berbicara pada acara Hari Penerbangan 2023 yang diselenggarakan bersama oleh Bandara Internasional Hong Kong dan Asosiasi Transportasi Udara Internasional pada 2 Agustus 2023. (PHOTO/ PEMERINTAH HKSAR)

Jack So Chak-kwong, Ketua Otoritas Bandara Hong Kong, mengatakan kapasitas bandara Hong Kong dapat meningkat sebesar 50 persen untuk melayani 120 juta penumpang ketika semua fasilitas pendukung landasan pacu ketiga selesai pada akhir tahun depan.

“Lalu lintas penumpang telah pulih sekitar 60 persen dibandingkan sebelum pandemi COVID-19, dan diperkirakan akan pulih sepenuhnya pada akhir tahun depan,” ujarnya.

Ditambahkannya, landasan ketiga bandara tersebut telah beroperasi sejak November tahun lalu. Ia berterima kasih kepada mitra otoritas bandara yang menjaga bandara tetap terbuka dan beroperasi selama pandemi, serta dukungan pemerintah pusat dan pemerintah HKSAR.

Wan Xiangdong, kepala pilot Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok, mengatakan lalu lintas penumpang internasional di negara tersebut saat ini telah pulih hingga sekitar 50 persen dari tingkat yang tercatat pada tahun 2019, dan volume penerbangan penumpang internasional mingguan telah meningkat dari sebelumnya 5 persen. menjadi 50 persen.

Dia juga mengatakan bahwa selama musim perjalanan musim panas tahun ini, rata-rata volume penerbangan harian dan lalu lintas penumpang domestik di daratan melebihi tingkat selama pandemi. Diantaranya, volume lalu lintas penumpang mencapai 2,11 juta pada tanggal 14 Juli, yang merupakan rekor harian volume penumpang penerbangan sipil di daratan.

By gacor88