Minum bubble tea di tempat perlindungan serangan udara: Warga Taiwan melakukan latihan dengan tenang di tengah ketegangan Tiongkok

28 Juli 2023

KAOHSIUNG – Taiwan – Turis Korea Selatan Kim Ji-ho terkejut ketika sirene serangan udara dibunyikan saat melakukan perjalanan melalui kota Kaohsiung di Taiwan awal pekan ini.

Untuk sesaat, pria berusia 22 tahun itu dibuat bingung ketika melihat mobil dan bus berhenti di jalan di selatan kota, dan pejalan kaki menuju ke dalam ruangan. Beberapa toko ritel mematikan lampu dan menurunkan penutup jendela.

“Saya pikir Taiwan sedang diserang. Itu menakutkan, meski saya masih bisa melihat orang-orang tertawa dan berbicara,” kata Kim kepada The Straits Times.

Baru setelah dia melihat peringatan di ponselnya, dia menyadari bahwa itu adalah bagian dari latihan antipesawat tahunan Taiwan.

Dinamakan Wan An – yang berarti perdamaian abadi – latihan empat hari tersebut, yang berakhir pada hari Kamis, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga sipil tentang apa yang harus dilakukan jika terjadi serangan udara. Ini melibatkan latihan satu kali selama 30 menit di setiap kota besar di seluruh pulau, termasuk ibu kota Taipei.

Latihan ini bertepatan dengan latihan perang tahunan militer Han Kuang yang berlangsung hingga hari Jumat, menguji kesiapan tempur pulau tersebut jika terjadi invasi Tiongkok.

Meskipun kedua latihan tersebut telah diadakan selama beberapa dekade, latihan pada tahun 2023 ini dilakukan di tengah manuver militer Beijing di sekitar pulau tersebut, yang menurut para ahli pertahanan menjadi semakin spesifik.

“Latihan tahun ini sangat penting karena dilakukan setelah Tiongkok melakukan dua latihan militer bergaya blokade di dekat Taiwan,” kata Asisten Profesor Lin Ying-yu, pakar militer di Universitas Tamkang Taipei.

“Tiongkok juga melakukan lebih banyak gerakan militer di dekat bagian timur Taiwan, yang merupakan hal baru,” katanya.

Beijing telah melakukan simulasi blokade udara dan laut di sekitar pulau tersebut sebagai tanggapan atas pertemuan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy pada April 2023, serta pendahulunya Nancy Pelosi pada Agustus 2022.

Tiongkok memandang Taiwan sebagai wilayahnya sendiri, dan memandang pertemuan semacam itu sebagai pelanggaran terhadap kedaulatan dan integritas wilayahnya.

Pada bulan April 2023 tersebut Kapal induk Tiongkok Shandong juga melakukan latihan di lepas pantai timur Taiwan untuk pertama kalinya, hal ini menimbulkan kekhawatiran baru karena bagian pulau tersebut telah lama dianggap sebagai tempat berlindung yang aman bagi pasukan di pulau tersebut.

Latihan perang Taiwan pada tahun 2023 berfokus pada pengamanan infrastruktur utama dan simulasi respons terhadap potensi invasi Tiongkok berdasarkan beberapa ancaman baru ini, kata Prof Lin, seperti menjaga jalur laut tetap terbuka jika terjadi penyumbatan.

“Ketika Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) mengubah ancaman militernya, penting bagi militer kita untuk menyesuaikan responsnya juga,” katanya.

Untuk pertama kalinya, gerbang internasional tersibuk di Taiwan, Bandara Internasional Taoyuan, yang terletak di sebelah barat Taipei, juga menjadi lokasi simulasi invasi Tiongkok.

Pada Rabu pagi, lusinan penonton yang penasaran berkumpul di dek observasi bandara untuk menyaksikan helikopter militer di angkasa dan tentara di landasan saat mereka terlibat dalam latihan anti-pengambilalihan selama 40 menit.

Helikopter Black Hawk bersiap mendarat di Bandara Internasional Taoyuan sebagai bagian dari latihan militer tahunan Han Kuang di Taoyuan, Taiwan, 26 Juli 2023. FOTO: REUTERS

Prof Lin mengatakan bahwa peristiwa di Ukraina memberikan pelajaran berharga untuk latihan khusus ini, ketika perlawanan Ukraina yang tidak terduga menggagalkan rencana Rusia untuk segera menyerah pada ibu kota Kiev. selama Pertempuran Bandara Antonov pada Februari 2022.

“Bandara itu berjarak sekitar 10 km di luar Kiev, dan akan memungkinkan Rusia mengirimkan lebih banyak pasukan dan peralatan untuk mengancam kota tersebut. Taoyuan juga berada di luar Taipei, jadi ancamannya serupa,” katanya.

Kembali ke Kaohsiung, Kim mengikuti kerumunan saat sirene serangan udara berbunyi, dan berpindah ke pusat perbelanjaan bawah tanah yang berfungsi sebagai tempat perlindungan serangan udara.

Di sampingnya beringsut puluhan pekerja kantoran setempat yang baru saja selesai makan siang. Mereka tampak tenang, ada yang menyeruput kopi dan bubble tea setelah makan malam.

Orang-orang menunggu di dalam gedung selama latihan militer tahunan di Taipei, Taiwan, 24 Juli 2023. FOTO: REUTERS

Asisten penjualan Wu Huei-ru, 31, mengatakan tidak perlu panik karena dia telah melakukannya setiap tahun selama yang dia ingat.

Dia menganggap latihan itu perlu.

“Ancaman Tiongkok kini terasa semakin dekat. “Setiap hari berita berbicara tentang bagaimana kapal dan pesawat Tiongkok melintasi median,” katanya. “Bahkan jika tidak ada serangan, ini adalah praktik yang baik tentang cara melakukan evakuasi dalam keadaan darurat bencana alam.”

Minggu ini, Taiwan sedang menghadapi dampak topan Doksuri yang sedang berlalu, yang dikategorikan sebagai tingkat topan terkuat kedua oleh biro cuaca setempat. Pada hari Kamis, bisnis dan sekolah di Taiwan selatan ditutupsementara ratusan penerbangan domestik dibatalkan.

Awal pekan ini, tentara membatalkan beberapa latihannya karena alasan keamanan untuk mengantisipasi topan tersebut.

Data SDY

By gacor88