Musim panas menunjukkan cara keren untuk menang dalam bisnis

1 Agustus 2023

BEIJING – Produsen kipas angin, AC, pemasok rantai dingin tertawa sampai ke bank

Bahkan ketika banyak dunia usaha yang terguncang akibat gelombang panas terik yang melanda belahan bumi utara, produsen produk-produk AC dan penyedia layanan rantai dingin asal Tiongkok tampaknya menjadi pemenang pada musim panas ini.

Data dari Bea Cukai Shenzhen di provinsi Guangdong menunjukkan bahwa total ekspor kipas angin listrik kota ini meningkat 27 persen tahun-ke-tahun dalam lima bulan pertama, mencapai jumlah yang mengejutkan sebesar 13,55 miliar yuan ($1,89 miliar). Ekspor ke Uni Eropa saja tumbuh 64 persen tahun ke tahun, mencapai 2,14 miliar yuan.

Produsen di provinsi Zhejiang juga menghadapi masuknya pesanan dalam jumlah besar untuk produk pendingin seperti kipas angin dan AC. Misalnya, di pabrik Ningbo Dechang Electric Machinery Co Ltd, enam jalur produksi beroperasi dengan kapasitas penuh.

“Beberapa jalur memproduksi kipas angin listrik. Kami mulai memproduksi kipas secara massal pada awal tahun ini. Produk kami telah terjual lebih dari 1 juta unit di luar negeri,” kata Fang Suping, wakil manajer penjualan perusahaan yang baru saja menerima pesanan mendesak untuk lebih dari 100.000 kipas angin untuk dikirim ke Amerika Serikat.

Menurut Fang, kipas angin tersebut diproduksi dan dikirim sebelum bulan Juni lalu. Namun karena kenaikan suhu, pesanan dari Eropa, Amerika Utara, dan Timur Tengah meningkat tajam tahun ini. Produksi kipas dijadwalkan hingga akhir Agustus, sementara banyak pelanggan yang terburu-buru untuk melakukan pemesanan mendesak.

Zhejiang Sharbo Electric Appliance Co Ltd, pembuat AC di Ningbo, juga meningkatkan produksinya untuk memenuhi meningkatnya pesanan dari luar negeri.

“Meningkatnya permintaan AC telah mendorong ekspor. Pada paruh pertama tahun ini, ekspor kami bernilai $75 juta, meningkat 15 persen dibandingkan tahun lalu,” kata Lu Wuxing, wakil manajer umum perusahaan.

Bukan hanya peralatan rumah tangga yang laris manis di musim panas ini, yang juga membawa rejeki nomplok berupa buah-buahan seperti leci dan persik. Buah yang baru dipetik mendapatkan popularitas karena logistik rantai dingin yang efektif.

Buah persik yang berair dari Distrik Fenghua Ningbo dikenal karena rasanya yang manis dan telah ditetapkan sebagai salah satu Indikasi Geografis Tiongkok, sebuah label resmi untuk produk yang berasal dari wilayah tertentu. Persik yang populer merupakan sumber pendapatan utama bagi para petani.

Dengan datangnya musim panas, Jiang Mi saat ini sedang bekerja keras di Kebun Persik Jiang di Desa Zhuangyuan’ao. Didirikan pada tahun 1984 oleh kakeknya Jiang Yongren, kebun persik telah dijalankan selama tiga generasi. Penerus muda ini memberikan kehidupan baru pada bisnis kebun buah-buahan.

“Sebelum kami memulai bisnis e-commerce, pelanggan utama kami adalah pedagang grosir buah-buahan terdekat. Selama tujuh tahun terakhir, penjualan kami melalui platform e-commerce telah berkembang pesat, mencakup lebih dari 80 persen total penjualan. Dan pelanggan utama kami tersebar di kota-kota seperti Beijing, Shanghai, Guangzhou, Shenzhen, dan di provinsi Jiangsu dan Zhejiang,” kata Jiang.

Bagi petani persik, kenaikan suhu adalah hal yang sangat menguntungkan. Jiang menjelaskan: “Suhu tinggi sering kali disertai dengan banyak sinar matahari, sehingga menghasilkan buah persik yang lebih manis. Tapi mereka juga membuat buahnya lebih kecil. Buah sempurna hanya bisa ditanam bila ada keseimbangan antara sinar matahari dan curah hujan. Gelombang panas juga dapat mempercepat pematangan dan pembusukan buah setelah dipetik.

“Kami berpacu dengan waktu untuk menjaga buah tetap segar. Petani biasanya memetik buah pada dini hari. Dan kami mengemas dan mengirimkannya melalui logistik rantai dingin sebelum tengah hari.

“Berkat pengembangan logistik rantai dingin, efisiensi pengiriman buah persik telah meningkat secara signifikan.”

Jiang mengatakan petani membutuhkan waktu tidak lebih dari 24 jam untuk mengirimkan buah persik ke pelanggan di Shanghai dan Hangzhou setelah dipetik.

Layanan logistik yang efisien juga meningkatkan penjualan buah persik sekaligus memperluas wilayah penjualannya.

“Sekarang kami menjual buah persik ke pelanggan di seluruh negeri, termasuk Daerah Otonomi Uighur Xinjiang, Daerah Otonomi Tibet, serta provinsi Heilongjiang dan Hainan,” kata Jiang. “Mereka dapat menerima buah persik dalam waktu tiga hari setelah melakukan pemesanan.”

Menurut Federasi Logistik dan Pembelian Tiongkok, total logistik rantai dingin dalam lima bulan pertama tahun 2023 mencapai 2,65 triliun yuan, naik 4,1 persen dibandingkan tahun lalu. Selama periode tersebut, total investasi dan pembangunan infrastruktur logistik rantai dingin Tiongkok melebihi 14 miliar yuan, meningkat 6,6 persen dari tahun sebelumnya.

Saat petani persik di Fenghua memasuki periode puncak penjualan, perusahaan pengiriman mempercepat layanan pengiriman mereka.

Wu Haojie, pejabat divisi Ningbo di SF Express, sebuah perusahaan kurir terkemuka Tiongkok, mengatakan bahwa 53 titik pengumpulan telah didirikan di Distrik Fenghua dan pengiriman harian di setiap titik adalah sekitar 200 paket.

“Kami mengirimkan komoditas segar dari Ningbo ke 236 kota di seluruh negeri. Untuk pengiriman ke 83 kota, kami dapat menyelesaikannya dalam satu hari sementara kota lainnya dapat diselesaikan dalam dua hari,” kata Wu.

“Ambil contoh Urumchi, sebuah kota yang berjarak lebih dari 3.300 kilometer dari Ningbo. Jika kita mengirim parsel buah ke kota hari ini, penerimanya akan menerimanya besok.”

SF Express juga telah membantu penduduk setempat mengirimkan buah persik Fenghua ke pasar Hong Kong selama delapan tahun.

“Selama delapan tahun terakhir, klien kami telah berkembang dari perusahaan menjadi individu,” kata Wu.

Ningbo Dabu Food Co Ltd, pengolah produk di Distrik Fenghua, baru-baru ini memasuki pasar di Eropa.

“Pengiriman pertama buah persik dikirim ke Belanda pada pertengahan Juli,” kata Fu Zhenghua, manajer umum perusahaan tersebut.

Untuk memastikan kualitas dan kesegaran buah yang diekspor, Bea Cukai Fenghua telah membentuk tim yang memberikan pelatihan tatap muka kepada petani dan perusahaan lokal.

“Saluran hijau dan hotline reservasi juga telah diluncurkan untuk makanan segar. Seluruh proses perizinan Bea Cukai telah dipersingkat sebesar 20 persen,” kata Lin Yongmao, direktur Departemen Inspeksi Bea Cukai setempat.

Berkat kelancaran operasi ekspor, perseroan berencana mengekspor 100 kotak buah persik ke Singapura.

Saat buah persik Fenghua menjangkau pelanggan di luar negeri, kereta barang dingin yang membawa sekitar 500 metrik ton durian dan buah-buahan lainnya dari Thailand tiba di Chongqing di Tiongkok Barat Daya pada bulan Juni. Butuh waktu 88 jam bagi buah tersebut untuk mencapai Chongqing setelah meninggalkan perkebunan di Thailand.

Dibandingkan dengan transportasi rantai dingin tradisional, kondisi suhu dan kelembapan buah dapat dipantau secara real time selama keseluruhan proses untuk memastikan kesegarannya.

Keberhasilan pengangkutan buah-buahan juga akan meningkatkan impor pangan segar melalui jalur logistik rantai dingin, kata pengamat pasar.

Seorang pengunjung membeli es krim di sebuah stan saat pameran malam di Ji’an, provinsi Jiangxi, pada 19 Juli. (XIAO YUANPAN/UNTUK CINA SETIAP HARI)

Dua pengunjung muda, mengenakan pakaian tradisional Tiongkok, menyaksikan hami melon ditampilkan dalam festival hami melon di Hami, Daerah Otonomi Uygur Xinjiang, pada 19 Juli. (Foto/Harian China)

Pengeluaran SDY

By gacor88