Pakar film internasional mengidentifikasi kendala terbesar yang dihadapi perfilman Thailand

12 Desember 2022

BANGKOK – Film individu Thailand sering menjadi berita utama di seluruh dunia, tetapi perfilman Thailand pada umumnya kurang konsisten untuk mempertahankan gelombang seperti film dari Korea Selatan dan Jepang, kata para profesional film internasional pada sebuah seminar pada hari Sabtu saat Festival Film Dunia ke-15 di Bangkok bersiap menghadapi angin kencang . pada.
Hambatan terbesar yang dihadapi teater Thailand adalah di rumah, mereka sepakat.

Penonton Thailand tidak mendukung film Thailand.

“Ini bukan soal nasionalisme untuk mendukung film negara sendiri. Saya hanya meminta Anda untuk mencintai diri sendiri. Siapa yang akan mencintaimu jika kamu tidak mencintai dirimu sendiri?” Park Sungho, seorang programmer di Busan International Film Festival, berkata pada seminar “The Opportunities for Thai Film in International Film Festivals”.

Park bergabung dalam panel oleh Paolo Bertolin dari Komite Seleksi Festival Film Venesia, Samuel Jamier dari Festival Film Asia New York, Sabrina Baracetti dari Festival Film Timur Jauh Udine, Thomas Bertache dari Festival Film Timur Jauh Udine, dan Donsaron Kovitvanitcha , direktur Festival Film Dunia Bangkok, yang berakhir hari ini.

Para panelis sepakat bahwa pembuat film Thailand bukanlah pendatang baru di pasar film internasional, mencatat bahwa beberapa film Thailand telah meraih sukses besar secara internasional dalam hal pendapatan, penghargaan, dan ulasan positif selama tiga dekade terakhir.

Namun, banyak profesional industri film, termasuk orang Thailand, yang bingung mengapa film Thailand tidak sepopuler – atau didistribusikan secara luas – seperti film dari negara Asia lainnya, terutama dari Jepang dan Korea.

Bertolin mengatakan dia terkejut mengetahui bahwa banyak film Thailand yang sukses secara internasional tidak terkenal di Thailand dan menghasilkan pendapatan yang sangat kecil di kerajaan tersebut.

Park mencatat bahwa film Thailand dan Korea telah membuat kemajuan yang tidak merata di seluruh dunia, dengan mengatakan hal ini mencerminkan tingkat dukungan yang berbeda di pasar dalam negeri mereka.

Panelis lain sepakat bahwa dukungan penonton lokal sangat penting untuk keberhasilan industri film suatu negara karena memberikan konsistensi yang dibutuhkan industri untuk berkembang dalam jangka panjang.

Sinema Thailand berbeda dan beragam, kata Bertache.

“Ceritanya kuat, dan urutan gambar diatur waktunya dengan baik, dengan komposisi dan produksi yang sangat baik. Hasilnya, ada banyak peluang bagi film Thailand di pasar dan festival film internasional,” tambahnya.

Bertache, Bertolin dan Jamier berkata bahwa pembuat film Thailand tidak boleh membatasi diri hanya memproduksi film untuk festival, tetapi juga harus membuat film berkualitas tinggi untuk menghibur orang Thailand.

Ini termasuk membuat lebih banyak film untuk genre populer seperti komedi, romansa, tragedi, dan seni bela diri. Film-film seperti “Tom Yum Kung”, “Ong-Bak”, “Nang Nak” dan “Satree Lek” patut mendapat dukungan, kata mereka.

Para panelis juga sepakat bahwa dukungan pemerintah akan membantu, mengatakan bahwa kesuksesan industri film suatu negara adalah berkat konvergensi dukungan dari masyarakat, sektor swasta, dan pemerintah.

Mereka mendesak pemerintah untuk menjauhi produksi film, memberikan lebih banyak kebebasan kepada pembuat film dan melonggarkan sensor.

Pemerintah harus adil dan berpikiran terbuka, dan menahan diri untuk tidak ikut campur dalam industri untuk mencapai agenda politiknya sendiri, tambah mereka.

Thailand memiliki sumber daya manusia – serta infrastruktur, pendanaan, dan teknologi mutakhir yang diperlukan – untuk memproduksi film yang dapat bersinar di pasar luar negeri, mereka sepakat.

Bahkan di pasar yang diatur ketat seperti Italia, ada banyak peluang untuk film Thailand, kata Baracetti. Dia menambahkan: “Yang harus Anda lakukan adalah lebih percaya diri.”

Sabrina Baracetti

Paul Bertolin

Park Sungho

(Dari kiri) Samuel Jamier dan Thomas Bertache

Togel Singapura

By gacor88