Pandemi, politik, dan podium: Olimpiade kembali digelar di Tiongkok

8 Februari 2022

BEIJING – Ketika Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas pada tahun 2008, kebanggaan dan kegembiraan memenuhi udara. Empat belas tahun kemudian, ketika Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin bulan ini, suasananya berbeda. Biro Straits Times Tiongkok melaporkan.

Beijing adalah negara pertama yang menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas dan Musim Dingin
Tahun 2008 adalah tahun ketika demam Olimpiade pertama kali melanda Tiongkok, dan hal ini masih terpatri dalam ingatan banyak orang di Beijing.

Ms Michelle Xiong mengingat kegembiraan saat berjalan di kawasan perbelanjaan Sanlitun di Beijing 30 menit sebelum upacara pembukaan dimulai pada tanggal 8 Agustus.

“Semua bar penuh sesak, Anda tidak bisa mendapatkan tempat duduk. Semua orang ada di sana untuk menonton siaran Olimpiade,” kata manajer acara berusia 39 tahun itu.

Mengambil tindakan tegas untuk memastikan bahwa Covid-19 tidak membayangi peristiwa tersebut

Sejak gelembung Olimpiade Beijing berlaku pada 4 Januari, terdapat 135 kasus Covid-19 di dalamnya. FOTO: EPA-EFE

Ketika Tiongkok masih mempertahankan kebijakan “zero-Covid” saat menjadi tuan rumah Olimpiade, Beijing telah berupaya keras untuk memastikan pandemi ini tidak membayangi ajang olahraga yang sudah hampir tujuh tahun berlangsung.

Dalam gelembung Olimpiade yang diciptakan untuk Olimpiade, kelompok-kelompok dipisahkan satu sama lain, selain dijauhkan dari masyarakat umum, dalam sebuah langkah yang dimaksudkan sebagai semacam balon uji untuk menguji apakah virus tersebut endemik.

Namun varian baru Omicron yang sangat menular telah membawa dampak buruk, dengan lebih dari seratus kasus Covid-19 dilaporkan di dalam gelembung Olimpiade bahkan sebelum upacara pembukaan pada hari Jumat.

Klaim Tiongkok atas Olimpiade yang ‘bersih dan hijau’ sedang diawasi dengan cermat

Membuat dan menggunakan salju palsu dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada flora dan fauna setempat. FOTO: EPA-EFE

Klaim Beijing bahwa mereka akan menyelenggarakan Olimpiade yang “bersih dan hijau” mendapat sorotan di tengah kekhawatiran akan kembalinya kabut asap parah di ibu kota Tiongkok dan kekhawatiran atas penggunaan salju palsu yang membutuhkan banyak air untuk mencairkannya.

Para ahli menunjukkan bahwa pembuatan dan penggunaan salju palsu – dari sekitar 49 juta liter air – dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada flora dan fauna setempat, dan menyebabkan erosi tanah yang dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor kecil.

Informasi mengenai jumlah akhir air yang digunakan untuk membuat salju untuk Olimpiade akan dirilis setelah acara tersebut, menurut laporan keberlanjutan pra-Olimpiade yang diselenggarakan oleh penyelenggara pada 13 Januari. Olimpiade Musim Dingin, yang dibuka pada hari Jumat, akan berlangsung hingga 20 Februari. .

Atlet Tiongkok kelahiran luar negeri mengisi kekosongan namun menimbulkan pertanyaan

Anna Fei, terlihat di sini sedang melakukan wefie bersama rekan satu timnya, adalah salah satu pemain kelahiran asing di tim hoki es wanita Tiongkok. FOTO: REUTERS

Pada tahun 2019, bintang ski remaja yang sedang naik daun, Eileen Gu, yang menghabiskan sebagian besar masa pertumbuhannya di Pantai Barat Amerika Serikat, mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh persaudaraan olahraga salju ketika dia mengumumkan bahwa dia akan mengikuti kompetisi di bawah bendera Tiongkok.

Banyak yang mengharapkan pemain ski gaya bebas, yang saat itu berusia 15 tahun, untuk bergabung dengan Tim USA dengan program olahraga musim dinginnya yang mapan.

Ms Gu, kini berusia 18 tahun, termasuk di antara selusin atlet kelahiran asing, sebagian besar keturunan Tiongkok, yang memilih Tim Tiongkok sejak pebalap kelahiran Inggris Alex Hua Tien memutuskan untuk melakukannya pada tahun 2006.

Lahir di luar negeri tetapi berkibar di bawah bendera Tiongkok

(Searah jarum jam dari kiri atas) Eileen Gu, Beverly Zhu, Ty Schultz dan Ashley Lin. FOTO: AFP, INSTAGRAM/BEVERLY ZHU, ZHENG ENLAI/WEIBO, ASHLEY S LIN/INSTAGRAM

Setidaknya ada belasan atlet kelahiran luar negeri, sebagian besar keturunan Tiongkok, yang memilih mewakili Tim Tiongkok di Olimpiade Musim Dingin Beijing.

Togel Singapore Hari Ini

By gacor88