Pengunjung berbondong-bondong ke Dong Nai untuk menikmati tarian rambutan

10 Agustus 2023

Berita Vietnam – Wisatawan dan pelancong berbondong-bondong ke kota Long Khánh di Đồng Nai untuk menikmati rambutan matang – kebanggaan dan keistimewaan provinsi ini.

Rambutan tersedia di provinsi selatan negara tersebut, terutama di Delta Sungai Cửu Long (Mekong), namun yang paling lezat adalah buah dari Kota Long Khánh.

Minggu lalu, Nguyễn Bích Ngọc dan teman-temannya dari HCM City bersemangat untuk berwisata ke kebun buah di Long Khánh yang berjarak sekitar 50 km dari kota.

Ngọc dan kelompoknya tiba di desa buah Bình Lộc di Long Khánh yang penuh dengan bunga harum beterbangan dan buah-buahan manis.

Ngọc mengatakan kelompoknya memilih Dusun Cây Đa karena kebun buah rambutan, durian, dan manggisnya yang luas, menarik dan indah.

“Pemilik kebun ini sangat ramah. Mereka menjelaskan kepada kami tentang masing-masing jenis buah dan memandu serta berkonsultasi kepada kami tentang cara memetiknya,” kata Ngọc, seraya menambahkan bahwa dengan harga masuk ke kebun yang berkisar antara VNĐ100.000 hingga VNĐ120.000, kelompoknya sangat senang melihat buah-buahan segar. dan rambutan rasa manis.

Rambutan Long Khánh dikenal setelah diterbitkannya sertifikat indikasi geografis. Foto mydongnai.vn

“Kami membenamkan diri di taman di mana ranting-ranting rambutan bergelantungan di sekitar kami. Ini seperti kita berada di alam dongeng,” kata Ngọc.

Kelompoknya disarankan untuk memilih rambutan lengkeng yang buahnya sedikit lebih kecil namun memiliki ciri khas dan rasa tersendiri yang tidak dapat dibandingkan dengan kultivar rambutan lain.

Saat dia berjalan-jalan di sekitar taman selama sekitar satu jam, Ngọc mengatakan dia melihat banyak kelompok dari HCM City dan provinsi sekitarnya berdatangan untuk berkeliling taman.

Rambutan Long Khánh lebih harum, manis dan renyah dibandingkan rambutan lainnya. Foto bigomart.vn

Ngọc dan teman-temannya juga membeli selusin kilogram rambutan masing-masing dengan harga VNĐ25.000 per kilo untuk dibawa pulang.

Harganya pun tak jauh lebih murah dibandingkan yang dijual di pasar HCM City. Namun, anehnya dia mendapat perasaan menyenangkan ketika dia bisa memilih dan memetik sendiri buah dari pohonnya.

Rombongan Ngọc juga mengunjungi kebun jeruk bali hijau yang ditanami ribuan pohon, semuanya penuh dengan buah-buahan yang bergelantungan. Setiap buah memiliki berat antara 1,5 hingga 2 kilogram atau lebih.

“Banyak tamu yang berfoto selfie dan menikmati buahnya,” kata Ngọc.

Penduduk setempat juga menggunakan rambutan untuk dimasak dengan daging sapi dan membuat salad dengan mencampurkannya dengan daging babi dan udang serta banyak hidangan lezat lainnya. Foto dienmayxanh.com

Sebelum kembali ke rumah, rombongan Ngọc beristirahat di sebuah kamp kecil beratap jerami di taman di mana mereka disuguhi hidangan tradisional seperti salad rambutan dengan daging babi dan udang rebus, kepala ular panggang yang dibungkus kertas nasi, dan mangkuk saus asam manis. dicampur dengan bawang putih cincang dan cabai hijau. Mereka juga menyajikan bubur ayam kampung, sup kepiting dengan nasi, dan masih banyak lagi dengan harga VNĐ120.000 per orang.

“Kami sangat senang karena kami semua menikmati makanan dan pemandangan indah dengan buah-buahan matang bergelantungan di seluruh taman,” kata Ngọc.

Pada tahun 2016, Departemen Kekayaan Intelektual memberikan sertifikat indikasi geografis untuk rambutan Long Khánh yang juga diakui oleh Vietnam sebagai 50 makanan khas Vietnam teratas.

Indikasi geografis membantu petani Long Khánh meningkatkan standar hidup mereka dan menarik pengunjung, termasuk wisatawan asing ke kota tersebut, kata seorang pejabat dari Departemen Pertanian dan Pembangunan Pedesaan provinsi tersebut.

Buah tersebut dimakan oleh masyarakat sekitar melalui pedagang kaki lima, penjualan online, dan supermarket. Produk-produk tersebut juga diekspor ke Tiongkok, Laos, Kamboja, dan negara lain, kata pejabat itu. VNS

Result HK

By gacor88