Pheu Thai mungkin tidak punya pilihan selain mengeluarkan Move Forward untuk menyelamatkan tawaran PM-nya

24 Juli 2023

BANGKOK – Hal ini menjadi jelas setelah Partai Chart Thai Pattana mengumumkan pada hari Minggu bahwa mereka tidak akan bekerja dalam koalisi yang mencakup Move Forward.

Partai Move Forward menang dengan mayoritas pada pemilu 14 Mei dan memperoleh 151 kursi di parlemen, disusul oleh Pheu Thai (141).

Para eksekutif papan atas Pheu Thai bertemu dengan rekan-rekan mereka di Chart Thai Pattana pada hari Minggu. Usai pertemuan, pemimpin Chart Thai Pattana Varawut Silpa-archa mengumumkan bahwa partainya tidak akan bekerja sama dengan siapa pun yang berencana menyentuh Pasal 112 KUHP atau hukum keagungan.

Varawut dengan jelas menyebut Move Forward tanpa menyebutkan namanya.

Move Forward menepati janji pemilunya untuk mengubah Pasal 112, sehingga tidak lagi dapat digunakan sebagai alat politik. Namun, pengumuman partai yang berulang kali telah membuat marah kubu konservatif, terutama para senator yang percaya bahwa Move Forward mengambil sikap menentang monarki.

Pada konferensi pers bersama pada hari Minggu sore, pemimpin Pheu Thai Cholnan Srikaew berterima kasih kepada Varawut karena setuju untuk bertemu, dengan mengatakan bahwa partainya membutuhkan semua dukungan yang dapat diperoleh untuk memenangkan jabatan PM pada pemungutan suara gabungan di parlemen pada hari Kamis.

Cholnan mengatakan kepada pers bahwa Chart Thai Pattana tidak diundang untuk bergabung dengan koalisi yang dipimpin Pheu Thai, tetapi hanya untuk mendukungnya pada hari Kamis. Dia menambahkan bahwa Pheu Thai ditugaskan untuk melobi senator dan partai di luar blok tersebut untuk mendapatkan dukungan. Aliansi ini secara khusus mengamati partai-partai yang merupakan mitra koalisi pimpinan Palang Pracharath.

Namun Varawut dalam jumpa pers menyatakan, pihaknya tidak akan bekerja sama dengan siapa pun yang ingin menyentuh UU Keagungan atau Pasal 112.

“Kami tidak akan menyentuh Pasal 112. Ini adalah posisi kami sejak awal. Kami akan bekerja sama dengan pihak mana pun yang memiliki kebijakan yang menjunjung tinggi monarki, namun akan menjauhi pihak mana pun yang tidak mendukung posisi kami,” kata Varawut.

“Kami siap mendukung calon perdana menteri Pheu Thai, tapi jika ada partai yang posisinya berbeda (dalam koalisi), kami akan menjauh.”

Pheu Thai diberi tongkat estafet untuk memimpin koalisi setelah Move Forward gagal membuat pemimpinnya, Pita Limjaroenrat, terpilih sebagai perdana menteri.

Blok tersebut memiliki 312 anggota parlemen, namun pada 13 Juli Pita gagal memperoleh 63 suara tambahan dari senator atau anggota parlemen di luar blok tersebut untuk mendapatkan 375 suara yang dibutuhkan untuk memenangkan kursi PM.

Kemudian minggu lalu Move Forward dicegah untuk mencalonkan kembali Pita setelah para senator dan anggota parlemen dari mantan mitra koalisi bersatu untuk memberikan suara bahwa mencalonkan Pita dua kali dalam sesi parlemen yang sama akan melanggar peraturan majelis parlemen. Pita juga diskors sebagai anggota parlemen pekan lalu, sehingga jumlah anggota parlemen di blok delapan partai tersebut turun menjadi 311 orang.

Pada hari Sabtu, Cholnan juga bertemu dengan para pemimpin partai Bhumjaithai, Chart Pattana Kla dan United Thai Nation untuk mengundang mereka bergabung dengan koalisi yang dipimpin Pheu Thai.

Sekali lagi, ketiga partai tersebut bersikeras bahwa mereka tidak akan bergabung dengan koalisi selama Move Forward masih ada, karena mereka tidak akan menerima perubahan apa pun pada UU Yang Mulia.

Pheu Thai akan bertemu Palang Prachachart Party pada Minggu malam, dan reaksinya diperkirakan akan sama.

Pheu Thai akan bertemu pada hari Senin untuk menyusun dan menganalisis hasil pertemuan dengan pihak-pihak di luar blok tersebut.

Para pengamat percaya Pheu Thai mungkin memutuskan untuk menghapus Move Forward dari aliansi dan sebagai gantinya memasukkan Palang Pracharath, Chart Thai Pattana, United Thai Nation dan partai-partai lainnya.

Mereka juga percaya bahwa kombinasi ini akan memastikan bahwa Pheu Thai memenangkan cukup suara untuk calon perdana menterinya, karena sebagian besar senator bersikeras bahwa mereka tidak akan memilih kandidat Pheu Thai jika Move Forward tetap ada.

Result SDY

By gacor88