Platform online membela ‘sayuran jelek’

15 Desember 2022

BANGKOK – Saat Anda membeli sayuran di supermarket, seberapa sering Anda mencari wortel atau tomat yang bentuknya aneh? Ini mungkin bukan pilihan pertama bagi banyak orang, meskipun mengetahui bahwa nilai gizinya mungkin tidak berbeda dengan sayuran yang lebih menarik di pasaran.
Pada Isan BCG Expo 2022, platform online “Ugly Veggies” mendirikan stannya dengan misi untuk menyediakan ruang bagi sayuran ini bagi pelanggan yang memahami konsep sayuran jelek, sekaligus menginginkan sayuran organik yang terjangkau dalam makanan mereka.

Kami bertemu dengan Ass. Prof Chavis Ketkaew, Associate Dean for Strategy, Research and International Affairs International College, Khon Kaen University, berbicara tentang proyek ini.

“Kami bekerja sama dengan para petani di wilayah Timur Laut, khususnya di Khon Kaen, sehingga kami sering mengunjungi peternakan di distrik Kranuan di provinsi Khon Kaen dan distrik ini memiliki beberapa petani yang bekerja sama dengan sistem Smart Farming dari Universitas Khon Kaen, jadi kami mendukung mereka. Namun ketika saya mewawancarai dan melihat apa yang mereka lakukan, saya menemukan bahwa sekitar 50% sayuran organik telah dimanfaatkan sepenuhnya dan dikirim ke supermarket premium di Thailand.

“Namun ada sekitar 70% yang dianggap sampah. Jadi kami mencoba memikirkan cara untuk memanfaatkan 70% sayuran ini. Dan kami menemukan bahwa harga pasar sayuran limbah sangat rendah dan ada ruang untuk menaikkan harga dan menguntungkan petani.”

Ia menambahkan, tujuannya adalah untuk mengubah persepsi konsumen tentang sayuran jelek dan menyadarkan mereka bahwa mereka tetap bisa mendapatkan nutrisi lengkap dengan harga lebih murah.

“Dan dengan ini kami mencoba menciptakan platform digital untuk mengumpulkan para petani dan membangun jaringan para produsen sayuran organik. Kami memulai dengan hanya tujuh rumah tangga dan kami mencoba memperluas ke lebih banyak rumah tangga di masa depan.”

“Ugly Veggie” merupakan platform yang menjawab kebutuhan konsumen untuk membeli sayuran organik dengan harga lebih murah dari petani yang ingin menjualnya.

“Jadi, dalam peran kami sebagai platform, kami mencoba membangun merek dan menyadarkan konsumen bahwa sayuran jelek tetap memiliki nilai gizi. Kami mencoba memperluas jaringan petani juga untuk bergabung dengan platform ini. Kami berencana untuk memulai dengan wilayah di provinsi Khon Kaen terlebih dahulu untuk mencoba model bisnis ini, dan saat ini kami sedang dalam tahap pengujian platform tersebut.”

Ugly Veggie bekerja sama dengan ilmuwan makanan dari Fakultas Teknologi dan International College Universitas Khon Kaen untuk memastikan kualitas produk dalam hal persepsi sensorik, seperti tampilan, rasa, dan bau sayuran.

Sayuran bermutu rendah yang tidak dapat dimakan diubah menjadi produk seperti kue kering atau selai dan dijual kembali ke peron.

Ugly Veggies akan resmi diluncurkan pada awal Januari 2023 dan rencananya akan diperluas ke wilayah lain juga.

Togel SDY

By gacor88