Polisi di Hong Kong menembak pengunjuk rasa saat bentrokan pagi hari

11 November 2019

Penembakan tersebut adalah insiden kedua dalam beberapa bulan terakhir yang menggunakan peluru tajam.

Polisi Hong Kong melepaskan setidaknya dua tembakan langsung ke arah pengunjuk rasa dalam bentrokan dini hari pada Senin (11 November), menurut rekaman siaran langsung.

Insiden tersebut terjadi setelah pukul 7 pagi di distrik Sai Wan Ho di sebelah timur pulau utama Hong Kong, tempat para pengunjuk rasa mengindahkan seruan untuk memblokir jalan dan membangun barikade.

Rekaman menunjukkan seorang petugas polisi menarik lengan sampingnya ketika ia mencoba menahan seorang pria bertopeng di persimpangan jalan yang diblokir oleh pengunjuk rasa.

Pria bertopeng lainnya kemudian mendekati petugas tersebut dan dilaporkan tertembak di area dada, dengan cepat terjatuh ke tanah dan memegangi sisi kirinya. Beberapa laporan mengatakan dia tertembak di perut. Kondisinya tidak jelas.

Beberapa detik kemudian, dua peluru tajam ditembakkan oleh petugas saat terjadi perkelahian dan seorang pria bertopeng lainnya terjatuh, meskipun rekamannya kurang jelas apakah dia terkena tembakan.

Polisi kemudian terlihat menahan kedua pria itu di tanah. Pria pertama memiliki genangan darah di sampingnya, tubuhnya lemas saat petugas memindahkannya dan tampaknya mencoba mengikat tangannya. Orang kedua sadar dan berbicara.

Sebuah sumber polisi, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya, mengkonfirmasi kepada AFP bahwa peluru tajam ditembakkan ke lebih dari satu pengunjuk rasa di Sai Wan Ho dan bahwa sebuah pernyataan akan dikeluarkan.

Penyiar lokal RTHK mengatakan video langsung yang diposting oleh ‘Cupid News’ menunjukkan setidaknya satu pengunjuk rasa menembak dari jarak dekat. Polisi melepaskan tiga tembakan.

HK01 melaporkan bahwa sekitar pukul 07.30 polisi memblokir jalan utama di Sai Wan Ho setelah mereka melepaskan dua tembakan yang mengenai dua orang.

Para pengunjuk rasa di Sai Wan Ho termasuk di antara berbagai kelompok di kota yang mencoba mengganggu lalu lintas sebagai bagian dari pemogokan yang direncanakan pada hari Senin, melumpuhkan beberapa jalur MTR dan mempengaruhi jalan-jalan utama.

Sekitar pukul 07.45, polisi juga menembakkan gas air mata dan peluru karet ke Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong setelah menghadapi pengunjuk rasa yang membangun barikade di dalam sekolah.

Adegan serupa juga terjadi di Universitas Politeknik Hong Kong di Hung Hom. Para pengunjuk rasa memblokir Jalan Hong Chong di sebelah universitas, yang mengarah ke Terowongan Cross Harbour yang sibuk yang menghubungkan Kowloon ke Pulau Hong Kong. Lalu lintas terhambat di seluruh Pulau Hong Kong hingga ke selatan hingga Aberdeen.

Layanan kereta api dihentikan di beberapa stasiun termasuk Tung Chung, Whampoa, semua stasiun antara Tai Wai dan Shek Mun. Tidak ada layanan antara Fo Tan dan Lok Ma Chau di jalur timur, beberapa layanan kereta ringan tertunda dan terjadi kebakaran di stasiun Kwai Fong.

Media lokal melaporkan antrian besar dan penundaan yang lama di beberapa stasiun.

Departemen Tenaga Kerja pada hari Senin meminta pengusaha untuk memiliki pengaturan kerja yang fleksibel bagi staf mengingat situasi tersebut, sementara polisi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka bergerak untuk membubarkan para pengunjuk rasa.

Polisi mengatakan kelompok radikal memblokir Terowongan Cross Harbour di Hung Hom menuju Pulau Hong Kong, Terowongan Cairn Tate di Shatin menuju Diamond Hill dan di Jalan Tuen Mun dekat Castle Peak Road menuju Kowloon.

Seruan untuk melakukan pemogokan dan boikot kelas muncul setelah seharian terjadi bentrokan sengit di New Territories dan Kowloon. Konfrontasi tersebut berlangsung hingga dini hari pada Senin pagi di Mong Kok, di mana polisi bahkan mengerahkan meriam air.

Polisi mengatakan pada pukul 23.30 pada hari Minggu, 88 orang telah ditangkap karena pelanggaran, termasuk pertemuan yang melanggar hukum, kepemilikan senjata ofensif, tindak pidana pengrusakan dan penggunaan penutup wajah saat menghadiri pertemuan yang melanggar hukum.

judi bola online

By gacor88