Rekan satu band BTS Suga Mengakhiri Tur Solo, Mengucapkan Perpisahan Sebelum Pendaftaran

8 Agustus 2023

SEOUL – Suga BTS mengadakan tur dunia solo pertamanya pada hari Minggu, “Suga | Agust D Tour ‘D-Day’,” setelah tiga hari konser encore di Seoul. Meski tur telah berakhir, ini adalah awal dari jalur baru dalam karier solo sang musisi.

Pertunjukan encore, bertajuk “‘D-Day’ The Final,” diadakan di KSPO Dome Seoul dari hari Jumat hingga Minggu, mengakhiri tur solo Suga selama empat setengah bulan, yang dimulai pada bulan April di Amerika Serikat. menyimpulkan.

Itu juga merupakan konser terakhir produser rapper tersebut sebelum ia memulai wajib militernya. Agensi grup tersebut, Big Hit Music, mengumumkan pada hari Senin bahwa Suga akan segera mendaftar.

Sejak tahun 2016, Suga telah mengumpulkan daftar lengkap musik solo di tiga album solo berdurasi penuh, yang memungkinkannya muncul sebagai anggota BTS pertama yang tidak hanya meluncurkan tur dunia solo, tetapi juga ‘konser independen solo.

Sulit untuk mengabaikan penampilan panggung Suga yang luar biasa, penampilannya yang sempurna, dan sikap ramahnya terhadap orang-orang di sekitar dan mendukungnya, menempatkannya di tempat yang ideal untuk menavigasi lanskap konser solo.

Sama seperti pertunjukan sebelumnya, Minggu malam dimulai dengan penampilan biasa seperti “Haegeum,” “Daechwita,” “Agust D” dan “Give It to Me,” sebelum mengambil istirahat sejenak untuk menyambut para penggemarnya.

Meskipun malam itu adalah penampilan terakhir dari rangkaian konsernya yang solid, suara Suga terdengar kasar sejak awal, namun kekuatannya lebih terlihat dari sebelumnya.

Dia mengambil gitar akustiknya dan kembali ke “bagian yang lebih lembut” dari set list, seperti Suga, yang terdiri dari “Triva: Wip”, “SDL”, “People” dan spin-off-nya, “People Pt. 2.”

Suga BTS tampil di “Suga | Agust D Tour ‘D-Day’ The Final,” yang berlangsung dari Jumat hingga Minggu di KSPO Dome di Seoul. (Musik Hit Besar)

Penonton ikut bernyanyi “People Pt. 2” bergema lebih keras dan jelas dibandingkan saat konser rapper tersebut sebelumnya di Jamsil Arena pada tanggal 25 Juni, mengubah lagu tersebut menjadi penampilan kolaboratif sejati oleh Suga dan para penggemarnya.

Sementara Suga memberikan sapaan seperti biasa kepada rekan bandnya J-Hope, yang membuat koreografi untuk “People Pt. 2,” jawab J-Hope dari penonton kali ini. Dia menghadiri konser bersama Jin, rekan band lainnya yang sedang melakukan wajib militer. Keduanya terlihat mengenakan topi yang menutupi kepala mereka yang dicukur. Sambil melambai ke arah Suga, kedua tentara tentara Korea Selatan itu langsung memberi hormat saat kamera menangkap mereka.

Kejutannya tidak berakhir di situ. Melanjutkan penampilan kolaboratif Suga dengan Jungkook pada hari Jumat dan Jimin pada hari Sabtu, malam itu, pemimpin grup RM muncul di panggung untuk duet “Strange”, sebuah lagu dari mixtape kedua Suga, “D-2.”

“Merupakan suatu kehormatan untuk bergabung dengan Suga di grand final dari upaya solonya yang panjang,” kata RM setelah penampilan mereka.

Merujuk pada rambutnya yang dicukur, RM meyakinkan penggemar bahwa dia belum menjalani wajib militer. Namun, ia mencatat bahwa ini akan menjadi “pertunjukan live terakhirnya” sebelum wajib militer.

Sebagai hadiah untuk para penggemarnya, RM menampilkan lagu solo yang belum pernah dirilis yang masih ia kerjakan.

“Setelah saya merilis ‘Indigo’, saya bekerja dengan orang-orang baru dalam sebuah proyek baru. Yang ini masih belum lengkap, bahkan belum ada judulnya, tapi itu lagu yang sangat aku suka dan ingin kunyanyikan untuk kalian di sini,” ujar rapper sekaligus produser itu.

Suga BTS dan RM tampil bersama selama konser encore tur dunia Suga, “Suga | Agust D Tour ‘D-Day’ The Final,” di KSPO Dome di Seoul pada hari Minggu. (Musik Hit Besar)

Kenangan BTS dirayakan sepanjang sisa malam itu. Suga selanjutnya membawakan beberapa lagu BTS, termasuk “Interlude: Shadow”, “BTS Cypher Pt. 3: Killer” dan medley “BTS Cypher 4”, diikuti dengan lagu solo Suga, “Life Goes On, ” dengan piano. Klip video pendek dari video dan gambar BTS sebelumnya kemudian diputar dan di akhir konser, mengingatkan semua orang bahwa meskipun mereka berpisah, BTS selalu bersama.

Kesadaran bahwa turnya akhirnya akan segera berakhir sepertinya membuat Suga terpukul keras. Sambil menangis selama “Snooze,” dia melanjutkan ke “Dear My Friend” dengan mata basah dan suaranya tegang karena emosi.

Suga meminta maaf atas air matanya dan para penggemar menanggapinya dengan nyanyian yang memekakkan telinga, “Tidak apa-apa Yoon-gi” dan “Kami mencintaimu Yoon-gi.” Nama asli musisi berusia 30 tahun itu adalah Min Yoon-gi.

“Saya minta maaf. Bagaimana Anda mendapatkan pertunjukan baru yang saya persiapkan untuk pertunjukan terakhir ini?” katanya, mengacu pada permainan gitar listriknya selama “Snooze” dan penampilan live pertama dari lagunya di tahun 2020 “Dear My Friend.”

Konser ini mencapai puncaknya dengan lagu “Amygdala” dan lagu encore pertama malam itu, “D-Day,” di mana ia melompat dari panggung dan mendekati penonton di tanah, mengambil foto selfie dengan ponsel mereka.

“Tur solo pertamaku akan segera berakhir. Saya belajar dan mengalami banyak hal. Tapi lebih dari segalanya, wajah bahagia Army akan bertahan lama,” ujarnya merujuk pada komunitas penggemar BTS yang dikenal dengan nama Army. “Saya sangat berterima kasih atas kebersamaan Anda melalui perjalanan panjang 28 pertunjukan saya. … Lain kali saya tampil di Seoul, saya berharap tujuh saudara kita akan tampil bersama.”

Dia melepas bagian atas jaketnya, memperlihatkan tato ikonik “7” yang dimiliki oleh ketujuh anggota. Kamera memperbesar dan memfokuskannya selama beberapa detik, seolah mencerminkan janji reuni band.

Suga BTS tampil di “Suga | Agust D Tour ‘D-Day’ The Final,” yang berlangsung dari Jumat hingga Minggu di KSPO Dome di Seoul. (Musik Hit Besar)

Di akhir “Intro: Never Mind,” Suga mengulangi liriknya, “Jika kamu merasa seperti akan terjatuh, akselerasi saja lebih keras. Never Mind,” seolah-olah berbicara pada dirinya sendiri, sekaligus menjawab kembali pertanyaan 22-nya. diri berusia satu tahun yang menulis lagu tersebut pada tahun 2015, mengatakan kepadanya bahwa perjuangannya tidak sia-sia.

Suga mengakhiri malam itu dengan “The Last”, melalui pintu putih di atas panggung.

Suga yang juga akrab dipanggil Agust D menarik penonton sebanyak 38.000 orang dengan konser encore yang diadakan di KSPO Dome.

Seluruh tur dunianya, yang diadakan di sepuluh kota – New York; Newark, New Jersey; Rosemont, Illinois; Los Angeles; Oakland, Kalifornia; Jakarta; Yokohama; Bangkok; Singapura dan Seoul – mengumpulkan total 330.000 penonton konser, menempatkannya di posisi ketujuh dalam tur teratas Boxscore Billboard AS mulai bulan Mei dan mendapatkan skor sempurna lima dari majalah musik bergengsi Inggris NME.

Gelombang terakhir yang dia kirimkan ke panggung pada hari Minggu adalah perpisahan terakhir kepada para penggemar sebelum babak berikutnya dalam hidupnya: wajib militer.

Pada hari Senin, Big Hit Music mengumumkan bahwa Suga akan segera memulai wajib militer dan telah memulai prosedur wajib militer.

“Suga telah mengajukan permohonan untuk menarik permintaannya untuk menunda drafnya dan kami akan mengumumkan pembaruan baru mengenai layanannya setelah keputusan dibuat,” kata agensi tersebut pada hari Senin.

Suga adalah anggota ketiga dari septet yang mendaftar, setelah Jin dan J-Hope, yang masing-masing mendaftar pada bulan Desember dan April. Grup ini telah menjalani jeda grup sejak Juni 2022 untuk fokus pada karir solo dan memenuhi wajib militer.

Rapper tersebut mungkin sedang menjalankan tugasnya sebagai agen layanan sosial karena cedera bahu yang dideritanya dalam kecelakaan lalu lintas pada tahun 2012. Meskipun semua pria Korea Selatan yang berbadan sehat diwajibkan untuk wajib militer, mereka yang dianggap tidak layak untuk tugas aktif harus menjalani wajib militer melalui bentuk alternatif.

Keluaran Sidney

By gacor88