Sekilas tentang peraih Nobel asal Bengali, Abhijit

15 Oktober 2019

Abhijit Banerjee berbagi Hadiah Nobel Ekonomi.

kelahiran India Abhijit Banerjee dari AS, Esther Duflo yang berkewarganegaraan Prancis-Amerika dan Michael Kremer dari AS hari ini memenangkan Hadiah Nobel Ekonomi 2019 atas upaya mereka dalam memerangi kemiskinan global.

Berikut profil singkat Abhijit Vinayak Banerjee:

Abhijit yang berusia lima puluh delapan tahun lahir pada tahun 1961 di Kolkata, India.

Ibunya, Nirmala Banerjee, adalah seorang profesor ekonomi di Pusat Studi Ilmu Sosial di Kolkata. Ayah Abhijit, Dipak Banerjee, adalah seorang profesor dan kepala Departemen Ekonomi di Presidency College di Kolkata.

Ia bersekolah di South Point School dan menyelesaikan gelar BS di bidang Ekonomi dari Presidency College di Kolkata pada tahun 1981.

Kemudian menyelesaikan gelar MA di bidang Ekonomi dari Universitas Jawaharlal Nehru, Delhi pada tahun 1983.

Abhijit menyelesaikan gelar PhD di bidang ekonomi dari Universitas Harvard pada tahun 1988. Topik disertasi doktoralnya adalah “Esai Ekonomi Informasi”.

Abhijit pertama kali berhubungan dengan Dr Arundhati Tuli Banerjee, dosen sastra di Massachusetts Institute of Technology (MIT) di AS. Mereka kemudian bercerai. Putra satu-satunya mereka Kabir Banerjee (25) meninggal pada Maret 2016.

Pada tahun 2015, Abhijit dan profesor MIT Esther Duflo menikah dan mereka memiliki seorang anak.

Abhijit mendirikan Lab Penanggulangan Kemiskinan Abdul Latif Jameel (J-PAL) pada tahun 2003. J-PAL adalah pusat penelitian global di Massachusetts.

Karya-karyanya difokuskan pada bidang ekonomi pembangunan, dengan penekanan khusus pada pengentasan kemiskinan global.

Dia terpilih sebagai anggota American Academy of Arts and Sciences pada tahun 2004.

Ia telah dianugerahi beberapa penghargaan bergengsi, antara lain Infosys Prize 2009 dalam kategori ilmu sosial ekonomi, Bernhard-Harms Prize dari Kiel Institute for the World Economy pada tahun 2014 dan Nobel Memorial Prize in Economic Sciences pada tahun 2019.

Ia juga bertugas di Panel Tingkat Tinggi Tokoh Terkemuka Sekretaris Jenderal PBB untuk Agenda Pembangunan Pasca-2015.

Tahun ini, ia menyampaikan Kuliah Hari Dimulainya Tahunan ke-34 Bank Ekspor-Impor India tentang Mendesain Ulang Kebijakan Sosial.

Banerjee adalah presiden Biro Penelitian Analisis Ekonomi Pembangunan.

Beliau pernah menjadi peneliti di Biro Riset Ekonomi Nasional, peneliti di Pusat Penelitian Kebijakan Ekonomi, peneliti internasional di Institut Kiel, peneliti di American Academy of Arts and Sciences, dan peneliti di Econometric Masyarakat.

Dia juga merupakan Rekan Guggenheim dan Rekan Alfred P. Sloan.

Banerjee saat ini menjabat sebagai Profesor Ekonomi Internasional Ford Foundation di Institut Teknologi Massachusetts setelah mengajar di Universitas Harvard dan Universitas Princeton.

Dia adalah afiliasi penelitian Innovations for Poverty Action, dan anggota Konsorsium Sistem Keuangan dan Kemiskinan.

Ia adalah penulis beberapa buku, antara lain “What the Economy Needs Now” (2019), “Poor Economics” (2011).

slotslot demodemo slot

By gacor88