Shenzhen di bawah lockdown Covid-19 di seluruh kota, Shanghai membatasi perjalanan

14 Maret 2022

BEIJING – Pusat teknologi di Tiongkok, Shenzhen, dikunci di seluruh kota pada hari Minggu (13 Maret), sementara Shanghai memerintahkan penduduknya untuk menghindari semua hal kecuali perjalanan penting dan menutup sekolah karena wabah Covid-19 terus menyebar ke banyak wilayah hingga menyebar dari Tiongkok.

Kasus harian baru di negara itu hampir dua kali lipat menjadi 3.400 pada hari Sabtu ketika netizen mempertanyakan apakah sikap ketat negara tersebut terhadap Covid-19 harus dilonggarkan, mengingat varian Omicron tidak terlalu mematikan dibandingkan varian sebelumnya.

Penduduk Shenzhen harus menjalani tes Covid-19 setiap hari dan pergerakan mereka masuk atau keluar gedung perumahan dibatasi setelah kota tersebut melaporkan 66 kasus infeksi pada hari Sabtu.

Pihak berwenang di Shanghai telah menyarankan penduduknya untuk tidak meninggalkan pusat keuangan tersebut kecuali diperlukan dan tempat-tempat wisata mulai mewajibkan pengunjung untuk memberikan hasil tes negatif.

Sebanyak 3.393 kasus dilaporkan pada hari Sabtu, menurut Komisi Kesehatan Nasional pada hari Minggu. Ini menjadikan jumlah total kasus terkonfirmasi menjadi 115.466.

Angka harian baru pada hari Sabtu hampir dua kali lipat dari penghitungan hari Jumat sebesar 1.524.

Meskipun jumlah infeksi di Tiongkok rendah dibandingkan negara-negara lain, Tiongkok telah berupaya keras untuk membendung Covid-19 melalui kebijakan Dynamic-zero dengan memberlakukan lockdown darurat, pembatasan perbatasan yang ketat, dan pengujian massal.

Provinsi Jilin di timur laut adalah wilayah yang paling terkena dampak wabah terbaru ini, dengan 1.412 kasus lokal pada hari Sabtu. Sebagian kota Jilin, kota terbesar kedua di provinsi tersebut, dikunci dan ratusan lingkungan ditutup.

Kota Jilin sedang membangun tiga rumah sakit sementara dengan total 10.000 tempat tidur, selain tiga rumah sakit sementara yang sudah ada dengan sekitar 1.200 tempat tidur. Kota ini juga membangun 6.000 unit karantina untuk kontak dekat dengan pasien Covid-19.

Ibu kota provinsi Jilin, Changchun, memerintahkan warganya untuk tinggal di rumah pada hari Jumat, mengizinkan satu orang setiap dua hari untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Mahasiswa dari Universitas Sains dan Teknologi Pertanian Jilin sebelumnya mengeluh bahwa mereka dibiarkan mengurus diri sendiri setelah infeksi terdeteksi.

Mereka mengatakan di platform mikroblog Weibo bahwa mereka dikurung di perpustakaan dan asrama, tidak bisa pergi ke toilet dan tidak memiliki kebutuhan sehari-hari.

Mereka kemudian dibawa ke fasilitas karantina setelah kasus tersebut menjadi berita utama. Sekretaris Komite Partai Komunis Tiongkok di universitas tersebut dipecat karena kelalaiannya.

Netizen melalui akun Weibo mengungkapkan kekecewaan mereka terhadap rekor jumlah kasus yang mencapai rekor tertinggi di negara tersebut.

Sebuah tagar yang terkait dengan tingginya jumlah infeksi di Jilin pada hari Sabtu menduduki puncak pencarian tren di Weibo, menarik 1,71 miliar penayangan dan 222.000 diskusi. Sebuah hashtag mengenai angka keseluruhan Tiongkok telah ditonton 190 juta kali dan didiskusikan sebanyak 12.000 kali.

“Sudah dua tahun sejak pandemi pertama kali terjadi, dan tampaknya pandemi ini semakin memburuk bahkan setelah kita menerima vaksin. Gelombang Omicron terbaru juga terjadi begitu tiba-tiba,” demikian bunyi salah satu laporan.

Postingan lainnya menanyakan apakah pejabat lokal bisa berhenti berfokus pada sifat Omicron yang sangat menular, yang menyebarkan ketakutan dan kepanikan, dan sebaliknya berbicara tentang bagaimana varian tersebut tidak seserius flu, dan menanyakan apakah tindakan tegas diperlukan.

Seorang warga menjalani tes asam nukleat untuk virus corona Covid-19 di Jilin di provinsi Jilin, Tiongkok timur laut pada 9 Maret 2022. FOTO: AFP

Pada hari Sabtu, Wakil Perdana Menteri Sun Chunlan mendesak pemerintah daerah untuk mengklarifikasi masalah ini sesegera mungkin.

Dia mencatat bahwa wabah epidemi di Tiongkok menjadi lebih umum dan tekanan untuk pencegahan dan pengendalian telah meningkat, dan menambahkan bahwa upaya untuk memerangi varian Omicron terbaru harus menargetkan sifat penyakitnya yang sangat menular.

Komisi Kesehatan Nasional pada hari Jumat menyetujui lima alat tes mandiri antigen yang dibuat oleh perusahaan lokal untuk meningkatkan kemampuan deteksi dini negara tersebut.

Menjadi lebih sulit untuk tetap berpegang pada strategi Tiongkok sebelumnya yang mengharuskan pekerja medis menyeka hidung dan tenggorokan penduduk dalam beberapa hari setelah beberapa kasus muncul di kota-kota, dan menggunakan tes asam nukleat yang memerlukan laboratorium untuk memproses sampel, menurut laporan media lokal. .

Set ini akan tersedia di toko-toko dan online.

agen sbobet

By gacor88