Singapura meluncurkan peringatan tekanan panas nasional seiring pemanasan global

25 Juli 2023

SINGAPURA – Singapura telah mengeluarkan peringatan tekanan panas nasional untuk mendorong masyarakat menjaga kesehatan panas mereka sendiri ketika melakukan aktivitas luar ruangan dalam waktu lama karena kemungkinan kenaikan suhu dan hari-hari panas akan semakin meningkat.

Tingkat tekanan panas – yang ditunjukkan sebagai rendah, sedang, atau tinggi – tersedia di aplikasi myENV dan di Weather.gov.sg, situs web Meteorological Service Singapore (MSS). Tiga level diberi kode warna: merah untuk tinggi, kuning untuk sedang, dan hijau untuk rendah.

Pembacaan, nilai rata-rata selama 15 menit terakhir, akan berasal dari stasiun Wet Bulb Globe Temperature (WBGT) yang paling dekat dengan lokasi pengguna. Pembacaan WBGT menunjukkan seberapa panas yang dirasakan tubuh manusia, dengan mempertimbangkan tidak hanya suhu udara, tetapi juga kelembapan, kecepatan angin, dan radiasi matahari.

Badan Lingkungan Hidup Nasional (NEA), yang memiliki sembilan stasiun WBGT di seluruh pulau, menggunakan hasil pengukuran mereka untuk mengukur tingkat risiko tekanan panas. Sebagian besar stasiun berada di stadion olahraga, dan diharapkan lebih banyak lagi stasiun yang akan didirikan dalam dua tahun ke depan.

Berbicara kepada media pada peluncuran imbauan tersebut di Kantor Prakiraan Pusat MSS di Bandara Changi pada hari Senin, Menteri Keberlanjutan dan Lingkungan Hidup Grace Fu mengatakan imbauan tersebut memberikan panduan tentang apa yang dapat dilakukan masyarakat untuk melindungi diri mereka dari panas. dunia yang membawa kondisi cuaca ekstrim.

“Kalau hanya berjalan kaki dari rumah menuju halte, mungkin tidak perlu menyusul,” ujarnya. “Jika Anda mempertimbangkan untuk pergi berlari atau mengajak keluarga Anda piknik selama beberapa waktu, silakan periksa informasi ini di myENV (aplikasi) sebelum Anda mengambil keputusan untuk pergi.”

Ms Fu mengatakan saran tersebut dirancang untuk rata-rata orang, sehingga mereka yang orang tuanya menderita kondisi medis, atau yang memiliki anak yang masih sangat kecil, harus lebih berhati-hati.

Peringatan mengenai tekanan panas ini muncul ketika El Nino diperkirakan akan kembali terjadi. MSS mengatakan ada kemungkinan besar kondisi El Nino, yang diperkirakan akan membawa cuaca lebih hangat dan kering, dapat terjadi pada paruh kedua tahun 2023. Fenomena cuaca pemanasan terakhir kali terjadi pada tahun 2016, yang merupakan tahun terpanas yang pernah tercatat secara global dan di Singapura.

Stres panas terjadi ketika tubuh tidak dapat mendinginkan diri secara efektif melalui penguapan keringat. Tanda dan gejala yang harus diwaspadai antara lain sakit kepala, mual, pusing, kebingungan, dan keringat berlebih.

Hal ini dapat terjadi bahkan tanpa adanya gelombang panas, kata NEA.

Peringatan mengenai tekanan panas ini bertujuan untuk mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan panas seperti kram panas, kelelahan akibat panas atau, dalam kasus yang parah, serangan panas, yang bisa berakibat fatal, kata badan tersebut. Panas yang ekstrim juga dapat mempengaruhi orang dengan cara lain, termasuk menyebabkan rawat inap.

Salah satu komponen utama dalam rumus WBGT adalah suhu bola basah alami, yang antara lain mewakili pengaruh kelembapan udara.

Kelembapan yang lebih tinggi atau kadar air di atmosfer mengurangi penguapan keringat, sehingga menyulitkan tubuh manusia untuk mendinginkan diri. Hal ini menghasilkan suhu bola basah yang lebih tinggi, meskipun angka ini biasanya lebih rendah dibandingkan suhu udara, kata juru bicara MSS.

Bola basah akan identik dengan suhu udara pada kelembapan relatif 100 persen.

Tingkat WBGT sebesar 33 derajat C atau lebih tinggi akan membuat orang terkena tekanan panas tingkat tinggi, sedangkan angka 31 derajat C hingga di bawah 33 derajat C menunjukkan tekanan panas sedang. Suhu di bawah 31 derajat C dianggap tekanan panas rendah.

Frekuensi dan durasi tekanan panas sedang atau tinggi bervariasi dari bulan ke bulan, kata juru bicara MSS.

“Pada bulan-bulan dengan suhu hangat di bulan April dan Mei biasanya terjadi tekanan panas yang tinggi selama sekitar setengah hari di bulan-bulan tersebut, dengan periode tekanan panas yang tinggi berlangsung hingga 1½ jam,” katanya.

Sebaliknya, pada bulan-bulan monsun timur laut yang lebih sejuk pada bulan November hingga Februari, tekanan panas tinggi hanya terjadi selama beberapa hari dalam sebulan dan dalam jangka waktu yang lebih pendek hingga setengah jam.

“Pada hari-hari ketika kita mengamati tekanan panas yang tinggi, biasanya terjadi antara pukul 11.00 hingga 15.00,” tambahnya.

Tekanan panas lingkungan hanyalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi seberapa panas seseorang.

Dua faktor kunci lainnya adalah pakaian seseorang dan aktivitas yang dilakukan, kata Associate Professor Jason Lee, direktur Pusat Ketahanan dan Kinerja Panas di Fakultas Kedokteran Yong Loo Lin Universitas Nasional Singapura. “Jadi, jika seseorang tidak mengganti pakaian dan aktivitasnya serta meningkatkan tingkat stres akibat panas, maka risiko kesehatannya pun akan meningkat,” ujarnya.

Tingkat tekanan panas – yang ditunjukkan sebagai rendah, sedang, atau tinggi – tersedia di aplikasi myENV dan di Weather.gov.sg, situs web MSS. FOTO ST: JASON QUAH

Selain itu, tidak semua orang bereaksi terhadap panas dengan cara yang sama.

Dr Ong Pei Yuin, konsultan di Departemen Pengobatan Darurat di National University Hospital (NUH), mengatakan faktor risiko cedera panas adalah penyakit yang sudah ada sebelumnya, dehidrasi, dan usia ekstrem, seperti sangat muda dan lanjut usia.

Individu dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya yang mengurangi kekebalan mereka akan menyadari bahwa kemampuan tubuh mereka untuk menangani tekanan panas terganggu, katanya.

Anak kecil yang sistem tubuhnya belum berkembang sepenuhnya dan orang dewasa lanjut usia yang sistem tubuhnya menua dan fungsi jantung serta cadangan tubuhnya berkurang akan kurang mampu mengatur panas, tambahnya.

NEA mengatakan orang-orang yang lebih rentan terhadap tekanan panas harus lebih berhati-hati.

Peringatan mengenai tekanan panas ini ditujukan untuk umum, karena sudah ada pedoman terpisah untuk atlet, pekerja luar ruangan, pelajar, dan personel Angkatan Bersenjata Singapura.

Misalnya, pedoman keselamatan dan kesehatan Singapura mengenai pengelolaan tekanan panas menyatakan bahwa pekerja yang baru tiba di Singapura harus mengikuti program aklimatisasi panas, memberi mereka lebih banyak waktu istirahat dan memantau secara ketat gejala-gejala cedera akibat panas.

NEA dan Kementerian Keberlanjutan dan Lingkungan Hidup mengembangkan saran tekanan panas, dengan berkonsultasi dengan Panel Ahli Pedoman Tekanan Panas Kementerian Kesehatan (MOH).

Para ilmuwan di seluruh dunia telah meningkatkan kewaspadaan terhadap panas ekstrem yang akan ditimbulkan oleh El Nino dan pemanasan global. Organisasi Meteorologi Dunia mengatakan ada kemungkinan 98 persen bahwa setidaknya satu dari lima tahun ke depan, dan periode lima tahun secara keseluruhan, akan menjadi rekor terpanas.

Pada 13 Mei, Singapura mencatat suhu udara 37 derajat C di Ang Mo Kio, tingkat yang belum pernah terjadi sejak tahun 1983.

Baru minggu lalu, Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Organisasi Meteorologi Dunia untuk mendukung negara-negara dalam mengembangkan rencana tindakan kesehatan akibat panas guna mengoordinasikan kesiapsiagaan dan mengurangi dampak panas yang berlebihan terhadap kesehatan.

Prof Lee, yang duduk di panel ahli pedoman tekanan panas di Kementerian Kesehatan, mencatat bahwa masyarakat Singapura, yang tinggal di daerah tropis, mengeluh tentang panas namun tidak pernah berpikir bahwa panas bisa menjadi terlalu berbahaya.

“Kita ibarat katak yang dimasak pelan-pelan, tanpa sadar kita sedang dimasak. Dengan saran ini, pertama-tama kami ingin meningkatkan kesadaran bahwa tingkat tekanan panas yang kita alami bisa berbahaya dalam kasus-kasus ekstrem,” katanya.

Dampak langsungnya meliputi cedera akibat panas, berkurangnya produktivitas kerja, dan terganggunya pengambilan keputusan, sedangkan dampak tidak langsungnya adalah menghindari olahraga di luar ruangan dalam waktu lama, tambahnya.

Hk Pools

By gacor88