Supermoon ‘bersembunyi’ di balik awan, namun beberapa masih mendapatkan foto berharga

2 Agustus 2023

SINGAPURA – Beberapa pengamat langit kecewa karena mereka kesulitan melihat supermoon dengan jelas pada Selasa malam yang mendung.

“Bulan muncul sebentar lalu bersembunyi. Ia baru muncul sepenuhnya setelah pukul 19.30,” kata Mervyn Soon, yang sedang berkemah di blok Dewan Perumahan di Pasir Ris.

Supermoon adalah bulan kedua dari empat bulan yang diperkirakan akan menghiasi langit pada tahun 2023.

Supermoon adalah bulan purnama yang mengorbit paling dekat dengan Bumi, sehingga tampak lebih besar dan terang dari biasanya. Bulan pada hari Selasa berjarak 357.581 km dari Bumi pada titik terdekatnya, menjadikannya supermoon terdekat kedua dengan planet ini pada tahun 2023.

Tuan Simon Lim telah menyiapkan kedua kameranya dengan harapan dapat memotret bulan dari Bukit Batok.

Namun bulan, yang terbit ke arah tenggara, baru muncul sekitar pukul 19:50, lebih lambat dari perkiraan waktu pada pukul 19:10.

Itu hanya bisa dilihat melalui celah awan.

Direktur pusat sekolah musik berusia 54 tahun itu berkata: “Saya sangat kecewa. Tapi begitulah yang terjadi pada fotografi bulan, matahari, atau kilat.”

Dia menambahkan bahwa dia akan mencoba mengambil gambar lain selama kantong bulan, mengacu pada bulan sturgeon yang mencapai titik tertinggi di langit pada Rabu pukul 1 pagi sebelum mulai turun ke arah barat daya.

Dia menyiapkan kamera Olympus dengan panjang fokus 1000mm untuk gambar diam dan kamera Sony dengan panjang fokus 600mm untuk pengambilan gambar selang waktu.

Pengamat langit lainnya, presiden NUS Astronomical Society, Chen Wei Zhong, mengatakan: “Bulan diperkirakan akan terlihat sekitar pukul 19:10. Karena cuaca mendung, bulan hanya sedikit terlihat setelah pukul 19:20 … melalui a celah di awan

“Agak mengecewakan karena sebagian besar cuaca berawan, meskipun saya masih lega karena celah di awan memungkinkan saya menangkap bulan melalui momen kecerahan yang singkat.”

Pria berusia 24 tahun ini berhasil mengambil beberapa gambar dari perkebunan HDB di Paya Lebar, yang akan memberikan pemandangan bulan terbit dengan jelas jika cuaca tidak terlalu berawan.

Chen Wei Zhong menangkap ikan sturgeon dari perkebunan HDB di Paya Lebar sekitar pukul 19.20. FOTO: CHEN WEI ZHONG

Analis TI Jackson Tay adalah salah satu dari sedikit orang yang beruntung yang berhasil mengambil gambar bulan dengan jelas.

Pria berusia 34 tahun itu sedang berada di VivoCity membeli hadiah untuk temannya ketika dia memutuskan untuk mampir ke dek terbuka.

Meski bulan menghilang setelah beberapa menit, ia berhasil mengabadikannya di Samsung Galaxy S23 Ultra miliknya menggunakan fungsi zoom, katanya.

Ia mencoba peruntungannya lagi dengan kamera Sony setelah kembali ke Waterway Terraces di Punggol, di mana ia berhasil mengabadikan kilauan bulan dalam kemegahannya sekitar pukul 9 malam.

Mr Jackson Tay berhasil mengambil foto ikan sturgeon dengan jelas dari Waterway Terraces di Punggol sekitar jam 9 malam. FOTO: JACKSON TAY

Mereka yang tidak dapat melihat bulan sturgeon akan memiliki dua kesempatan lagi untuk melihat supermoon tahun ini, yaitu bulan biru yang akan datang pada tanggal 31 Agustus, dan yang terakhir – bulan panen – pada tanggal 29 September.

Supermoon pertama, yang disebut kambing bulan, diamati pada tanggal 3 Juli.

Ikan sturgeon dilihat dari Gardens by the Bay pada 1 Agustus 2023. ST PHOTO: GAVIN FOO

Live HK

By gacor88