Tanggul Mekong runtuh, lahan pertanian terendam banjir

11 Agustus 2023

VIENTIAN – Bagian tanggul di Sungai Mekhong runtuh di Vientiane, membanjiri lahan pertanian di dataran rendah, meskipun tidak ada laporan mengenai kejadian tersebut yang mengancam nyawa masyarakat.
Bagian tanggul ini terletak di desa Ban Hom di distrik Hadxaifong dan runtuh setelah permukaan air naik sesaat setelah tengah malam pada hari Kamis.

Runtuhnya terjadi antara pukul 01:00 dan 02:00 pada tanggal 10 Agustus setelah beberapa periode hujan ringan dan lebat di seluruh negeri.

Gubernur Distrik Hadxaifong, Mr Bounpheng Sinavongphone, mengatakan runtuhnya tanggul di Ban Hom tidak berdampak besar terhadap produksi pertanian di tingkat kabupaten atau provinsi atau kehidupan masyarakat setempat.

Air meluap dan perlahan membanjiri lahan pertanian di dataran rendah setelah keruntuhan. “Kami telah mengunjungi daerah tersebut untuk mengumpulkan informasi mengenai kerusakan, dan akan mengumumkannya sesegera mungkin,” kata Bounpheng.

Setelah air surut, pihak terkait akan melakukan perbaikan di tepian pantai agar kondisi bisa kembali normal.

Pihak berwenang memantau dengan cermat Sungai Mekong dan anak-anak sungainya karena permukaan air diperkirakan akan meningkat dalam beberapa hari ke depan.

Masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran sungai diperingatkan untuk tetap waspada dan bersiap untuk bergerak, jika diperlukan.

Penduduk setempat mengatakan beberapa rumah tangga telah memindahkan properti mereka ke tempat yang lebih tinggi dan lebih aman.
Menurut Departemen Meteorologi dan Hidrologi, Sungai Mekong mendekati tingkat bahaya di beberapa tempat setelah beberapa hari diguyur hujan.

Ketinggian air Sungai Mekong di titik Km 4 di Vientiane tercatat 11,82 meter pada 10 Agustus.
Ketinggian air diperkirakan 11,78 meter pada 11 Agustus dan 11,51 meter pada Agustus.

12.
Angka ini berada di atas tingkat peringatan 11,50 meter, dan mendekati tingkat bahaya 12,50 meter.
Departemen Meteorologi dan Hidrologi mengatakan hujan diperkirakan akan turun di wilayah utara, selatan dan tengah Laos selama 9-15 Agustus, dan diperkirakan akan menaikkan permukaan air di Sungai Mekong dan anak-anak sungai utamanya.

Departemen tersebut menyarankan para pejabatnya untuk memperhatikan pekerjaan mereka dan mengeluarkan peringatan banjir jika diperlukan, sehingga masyarakat di daerah berbahaya dapat bersiap dan dampak banjir dapat dikurangi.

Air meluap dari tanggul dan membanjiri lahan pertanian di desa Bam Hom di distrik Hadxaifong.

Hongkong Prize

By gacor88