Thailand menjadi tuan rumah pertemuan Limec dan mengundang Tiongkok dan India sebagai anggota ‘khusus’

15 Agustus 2023

BANGKOKPertemuan tiga negara mengenai proyek koridor ekonomi telah memutuskan untuk mengundang Tiongkok dan India untuk bergabung sebagai anggota khusus, kata seorang pejabat senior Thailand.

Pertemuan Koridor Ekonomi Luang Prabang-Indochina-Mawlamyine (Limec) diselenggarakan oleh Thailand di distrik Muang Phitsanulok pada Senin pagi. Rapat yang digelar di Topland Hotel itu dipimpin oleh Wakil Gubernur Provinsi Wathit Panyakhom.

Perwakilan pemerintah dari negara bagian Laos, Thailand, Myanmar, Mon dan Kareni, serta perwakilan dari lembaga pemerintah terkait dan sektor swasta dari masing-masing negara, hadir.

Limec adalah usulan koridor ekonomi yang akan menghubungkan kota Luang Prabang dan Xayaburi di Laos, Tak, Phitsanulok, Phetchabun, Sukhothai dan Uttaradit di Thailand, serta Tachileik dan Mawlamyine di Myanmar. Koridor ini akan memiliki panjang sekitar 1.500 kilometer dan melewati beberapa pusat ekonomi dan budaya terpenting di sub-wilayah Mekong Besar.

Limec, yang masih dalam tahap perencanaan awal, dipandang sebagai cara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di sub-wilayah Mekong Besar. Hal ini diharapkan akan menciptakan peluang perdagangan, investasi dan pariwisata baru, serta meningkatkan konektivitas antara ketiga negara dan mengurangi kemiskinan.

Wiwat Tharawiwat, presiden Limec Thailand, mengatakan pertemuan tersebut membahas dan memutuskan untuk mengundang China dan India menjadi anggota “Limec terpilih”.

Pertemuan tersebut juga membahas rencana mengadakan tur sepeda sepanjang 1.500 km dari Luang Prabang ke Phitsanulok untuk mempromosikan pariwisata serta proyek tersebut.

Wiwat mengatakan ada empat poin penting dalam agenda pertemuan tersebut:

• Meningkatkan nilai ekonomi dengan memperluas pasar ke Tiongkok, India dan negara-negara ASEAN lainnya

• Mengizinkan warga negara Thailand, Myanmar dan Laos untuk melintasi perbatasan dengan bebas hanya dengan kartu identitas nasional mereka

• Menyiapkan jalur transportasi baru untuk memudahkan perjalanan bagi masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. Thailand telah mengusulkan untuk mengizinkan perusahaan swasta menjalankan bus dari Luang Prabang ke Uttaradit dan provinsi lain di wilayah utara Thailand.

• Tindak lanjut dari tur bersepeda sejauh 1.500 km yang pertama kali diperkenalkan tahun lalu di acara Limec di Phetchabun.

Wiwat mengatakan perwakilan lembaga pemerintah Thailand dan Laos serta perusahaan swasta masih perlu mendiskusikan rincian rute dan waktu sebelum tur dapat dijadwalkan.

Data Sidney

By gacor88