Topan Khanun akan melanda Korea Selatan;  penerbangan dibatalkan, evakuasi diperintahkan

10 Agustus 2023

SEOUL – Topan Khanun yang mendekat dengan cepat membuat penerbangan dan kapal berantakan pada hari Rabu ketika badan cuaca nasional memperkirakan badai kuat yang bisa menjadi badai pertama yang melintasi seluruh Semenanjung Korea dari selatan ke utara sejak pencatatan dimulai.

Menurut Administrasi Meteorologi Korea pada hari Rabu, Topan Khanun melewati laut barat daya Kyushu, Jepang dan berada 360 kilometer tenggara Seogwipo di Pulau Jeju pada pukul 09:00.

Khanun diperkirakan akan bergerak ke utara setelah melewati 120 kilometer selatan Tongyeong, Provinsi Gyeongsang Selatan pada pukul 03:00 hari Kamis, kemudian mendarat sekitar 40 kilometer barat laut Tongyeong pada pukul 09:00.

Tekanan sentral Khanun diperkirakan mencapai 970 hektopascal pada pukul 09:00 pada hari Kamis, dengan kecepatan angin maksimum hingga 126 kilometer per jam, menurut KMA. Badan tersebut memperkirakan bahwa tekanan udara pusat akan menurun tetapi Khanun akan bertambah cepat, yang berarti topan kemungkinan akan semakin kuat saat mendekat.

Khanun saat ini dikategorikan sebagai topan “kuat”, yang tertinggi ketiga dalam sistem lima tingkat yang digunakan oleh badan cuaca untuk mengklasifikasikan kekuatan topan, yang berarti hujan lebat dan hembusan angin cukup kuat untuk menggagalkan kereta.

KMA mengatakan lebar Khanun cukup besar untuk mempengaruhi seluruh negara jika mengikuti lintasan yang diproyeksikan.

Wilayah topan yang memiliki kecepatan angin 15 meter per detik atau lebih ini membentang sepanjang radius 340 kilometer dari pusat topan, melebihi rata-rata lebar timur-barat Semenanjung Korea yaitu sekitar 300 km. kilometer adalah.

Jika Khanun bergerak sesuai perkiraan, ini akan menjadi topan pertama yang melintasi Semenanjung Korea dari selatan ke utara sejak tahun 1951 – tahun dimana KMA mulai mencatat data iklim.

Topan ini diperkirakan akan membawa hujan lebat, menyebabkan curah hujan lebih dari 600 milimeter di bagian timur Provinsi Gangwon, lebih dari 300 milimeter di Provinsi Gyeongsang Utara dan Selatan, dan 100 hingga 200 milimeter di Seoul.-wilayah metropolitan, Utara dan Selatan . Provinsi Jeolla dan Provinsi Chungcheong Utara dan Selatan.

Banyak penerbangan dan layanan feri ke dan dari Jeju telah dibatalkan atau ditangguhkan.

Hingga pukul 11.00, 144 penerbangan telah dibatalkan di Pulau Jeju, termasuk 73 kedatangan domestik, 58 keberangkatan, enam kedatangan internasional, dan tujuh keberangkatan internasional, menurut Korea Airports Corp.

Seorang pejabat dari Administrasi Meteorologi Korea menunjukkan perkiraan lintasan Topan Khanun di layar di ruang informasi KMA di Dongjak-gu, Seoul, Rabu. (Jonhap)

Jalur laut dari dan ke pulau tersebut ditutup total. Pada hari Selasa, pemerintah mengambil tindakan untuk menambatkan semua kapal di Pulau Jeju dan menutup pelabuhan di provinsi tersebut mulai jam 8 malam.

Pemerintah provinsi Jeju mengeluarkan perintah evakuasi pada hari Rabu pukul 9 pagi bagi mereka yang berada di luar wilayah pesisir di sekitar pulau.

Akses ke bebatuan lepas pantai, pemecah gelombang, fasilitas pelabuhan, dan tebing pantai dilarang sampai perintah evakuasi dicabut, dan denda hingga 2 juta won ($1.500) akan dikenakan kepada siapa pun yang melanggar perintah tersebut.

Kementerian Dalam Negeri dan Markas Besar Penanggulangan Bencana dan Keamanan menaikkan tingkat kewaspadaan krisis menjelang perkiraan jatuhnya Khanun dari pukul 17:00 pada hari Selasa, dari “peringatan” ke tingkat tertinggi “parah” dan dari 2 ke tingkat tertinggi. dari 3 , masing-masing.

Peringatan krisis tingkat 3 dari Markas Besar Penanggulangan Bencana dan Keselamatan terakhir kali dinaikkan ketika topan Hinnamnor melanda September lalu, menyebabkan 11 kematian dan kerusakan properti sebesar 1,73 triliun won.

Pemerintah menyarankan agar pekerja publik menunda waktu perjalanan mereka untuk menghindari konfrontasi langsung dengan topan tersebut. Pemerintah daerah juga diminta untuk mendorong perusahaan dan organisasi swasta untuk mengubah waktu perjalanan mereka mengingat situasi tersebut.

casino games

By gacor88