Trump mengatakan Bolton ‘mengundurkan kita’ dalam perundingan nuklir NC

13 September 2019

Bolton dipecat dan/atau mengundurkan diri dari Gedung Putih, tergantung siapa yang Anda yakini.

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Rabu bahwa mantan penasihat keamanan nasional John Bolton telah “mengundurkan diri” dalam negosiasi pelucutan senjata dengan Korea Utara dengan menuntut rezim tersebut mengikuti “model Libya” dan menyerahkan semua senjata nuklirnya.

Bolton meninggalkan pemerintahan pada hari Selasa setelah berselisih paham dengan Trump mengenai kebijakan, termasuk cara denuklirisasi Korea Utara.

Penasihat garis keras ini pernah menganjurkan “model Libya” yang menyerukan Korea Utara untuk menghentikan program senjata nuklirnya sebelum menerima konsesi apa pun sebagai imbalannya.

“Dia membuat banyak kesalahan besar. Ketika dia berbicara tentang model Libya untuk Kim Jong-un, itu bukanlah pernyataan yang baik,” kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih, merujuk pada pemimpin Korea Utara tersebut. “Lihat saja apa yang terjadi pada Khadafi. Itu bukanlah pernyataan yang baik untuk dibuat, dan itu membuat kami mundur.”

Libya menyerahkan program senjata pemusnah massalnya pada tahun 2003, namun pemimpinnya saat itu, Muammar Gaddafi, digulingkan dan dibunuh oleh pasukan pemberontak yang didukung NATO pada tahun 2011.

Korea Utara segera memberikan saran untuk mengikuti langkah yang sama dan berjanji tidak akan mengalami nasib yang sama seperti negara Afrika Utara tersebut.

“Kami mendapat pukulan balik yang sangat keras ketika John Bolton berbicara tentang model Libya,” kata Trump. “Dan dia melakukan kesalahan. Dan begitu dia menyebutkannya, ‘model Libya’, sungguh sebuah bencana.”

Korea Utara mengancam akan membatalkan pertemuan puncak pertama antara Kim dan Trump pada tahun 2018 setelah Bolton berbicara tentang model Libya sehubungan dengan perlucutan senjata Korea Utara. Trump menolak gagasan tersebut pada saat itu dan KTT tetap berjalan sesuai rencana di Singapura pada bulan Juni.

“Lihatlah apa yang terjadi pada Gaddafi, dengan model Libya. Dan dia menggunakannya untuk membuat kesepakatan dengan Korea Utara?” kata Trump tentang Bolton. “Dan saya tidak menyalahkan Kim Jong-un atas apa yang dia katakan setelahnya. Dan dia tidak ingin berurusan dengan John Bolton. Dan ini bukan soal bersikap tangguh; ini adalah soal tidak pintar, mengatakan hal seperti itu.”

Waktu kepergian Bolton bertepatan dengan tawaran Korea Utara untuk melanjutkan perundingan perlucutan senjata pada akhir September.

Pembicaraan tersebut terhenti sejak pertemuan puncak kedua Trump dan Kim di Vietnam pada bulan Februari yang berakhir tanpa kesepakatan karena perbedaan pendapat mengenai sejauh mana perlucutan senjata Korea Utara dan keringanan sanksi AS.

Komentar Trump pada hari Rabu dapat meyakinkan Pyongyang akan komitmen Washington untuk memberikan jaminan keamanan yang diinginkannya sebagai imbalan atas denuklirisasi.

“Saya sangat yakin Korea Utara ingin melihat sesuatu yang luar biasa terjadi,” kata Trump, mengacu pada potensi ekonomi negara tersebut.

“Ini bisa menjadi salah satu eksperimen yang paling luar biasa – jika Anda melihat suatu negara, secara terbalik, ini bisa menjadi salah satu eksperimen paling luar biasa yang pernah ada: Korea Utara,” katanya.

Trump menulis tweet pada hari Selasa bahwa dia telah meminta Bolton untuk mengundurkan diri. Bolton membantah pernyataan tersebut dan mengatakan dia mengundurkan diri atas kemauannya sendiri.

DominoQQ

By gacor88