Aksi publisitas membayangi kebijakan jaminan sosial pemerintah Nepal

28 November 2018

Skema jaminan sosial baru di Nepal – sebuah kampanye yang menurut para analis pemasaran bernilai jutaan rupee – telah dibayangi oleh tipu muslihat pemerintah.

Hal itu seharusnya menjadi upaya serius untuk mencerdaskan bangsa jaminan sosial berbasis iuran pertama skema. Namun jutaan penduduk di Kathmandu bangun pada Selasa pagi dan menerima surat kabar mereka yang memuat iklan jaket bergambar Perdana Menteri KP Sharma Oli dengan slogan – “Awal dari sebuah era baru.”

Bagi banyak orang, hal itu kurang lebih sama. Lebih dari selusin surat kabar, outlet berita online, spanduk jalanan dan papan reklame terpampang gambar perdana menteri yang mengumumkan skema jaminan sosial – sebuah kampanye yang menurut para analis pemasaran bernilai jutaan rupee.

Alih-alih memberikan informasi kepada masyarakat tentang manfaat dan prosedur skema tersebut, iklan tersebut malah memberikan penghargaan atas reformasi terbesar dalam industri ketenagakerjaan kepada pemerintah saat ini, meskipun program tersebut telah disetujui sebelum pemerintahan Oli berkuasa.

Seorang pejabat di Kantor Perdana Menteri mengatakan seluruh kampanye iklan menelan biaya sekitar Rs120 juta, termasuk biaya desain dan produksi. “Namun kontribusi dari kas negara hanya nominal,” kata pejabat yang enggan disebutkan namanya itu. Sejumlah lembaga keuangan terkemuka, penyedia layanan telekomunikasi dan perusahaan penerbangan mensponsori iklan jaket tersebut di surat kabar, dan pejabat tersebut menolak untuk mengungkapkan jumlah sebenarnya yang dibelanjakan oleh pemerintah.

The Post menghubungi tiga pejabat di perusahaan yang membayar iklan tersebut di harian nasional. Perwakilan tersebut, semuanya meminta untuk tidak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk membahas rincian sponsorship tersebut, mengatakan para pejabat di Dana Jaminan Sosial, Otoritas Telekomunikasi Nepal, dan bank sentral meminta mereka untuk mempublikasikan sponsor tersebut.

“Itu lebih merupakan perintah daripada permintaan,” kata seorang pejabat senior di sebuah perusahaan yang mengiklankan iklan jaket tersebut di sebuah surat kabar terkemuka. Pejabat lain dari perusahaan lain mengatakan kepada Post bahwa mereka merasa tidak punya pilihan selain mematuhi perintah otoritas pemerintah, meskipun mereka tidak memiliki anggaran yang dialokasikan untuk iklan pada hari Selasa.

Seorang CEO salah satu bank yang mendanai iklan di surat kabar harian nasional mengatakan dia ditanyai oleh Kantor Dana Jaminan Sosial. “Kami memanfaatkan ini sebagai peluang untuk branding bank kami,” katanya.

Menurut Asosiasi Periklanan Nepal, biaya penempatan iklan jaket dan iklan halaman beranda online di semua surat kabar nasional dapat menelan biaya sekitar Rs35 juta. “Jumlahnya mencapai sekitar Rs75 juta untuk satu hari publisitas di seluruh platform media,” kata presiden asosiasi Rabindra Kumar Rijal. Rijal mengatakan, hal tersebut belum termasuk biaya desain dan produksi.

Meskipun gagasan – dan isi – kebijakan jaminan sosial mendapat tepuk tangan nasional, upaya pemerintah untuk mengagung-agungkan perdana menteri menuai kritik luas di platform media sosial.

“Pemandangan yang pernah terlihat di setiap sudut dan celah di Soviet Rusia kini muncul kembali di negara kita dan menimbulkan pertanyaan: Pak, siapa yang memberi Anda ide-ide nakal seperti itu?” Ramesh Koirala, seorang ahli bedah jantung di Pusat Jantung Nasional Ganga Lal, menulis di Twitter. Yang lain melihat langkah tersebut sebagai pengaruh dari Perdana Menteri India Narendra Modi, yang fotonya sering terpampang di iklan halaman depan publikasi nasional terkemuka.

Dalam program yang secara resmi mengungkap skema tersebut, Oli tidak menyesal dalam menanggapi kritik tersebut, dengan mengatakan bahwa publisitas tersebut merupakan upaya yang disengaja oleh pemerintah untuk memberi tahu negara apa yang sedang dilakukan pemerintahannya.

“Orang-orang bertanya di mana pemerintah berada,” katanya. “Itu dilakukan untuk menunjukkan kepada mereka di mana kita berada.”

daftar sbobet

By gacor88