Anwar bisa mengumumkan kabinetnya hari ini

2 Desember 2022

PUTRAJAYA – Permainan menebak siapa yang akan berada di kabinet Datuk Seri Anwar Ibrahim di pemerintahan persatuan diharapkan terjawab hari ini, seminggu setelah ia menjabat.

Mereka yang diangkat menjadi anggota kabinet diperkirakan akan dilantik di hadapan Yang di-Pertuan Agong besok.

Sumber mengatakan pengumuman itu akan dilakukan sekitar jam 5 sore, setelah perjalanan sehari Anwar ke Ipoh, Perak.

“Iya nanti ada pengumumannya (dari Kabinet). Dijadwalkan sore hari,” kata salah satu sumber.

Anwar, 75, yang dilantik sebagai perdana menteri Malaysia yang ke-10 pada 24 November, juga diperkirakan akan menunjuk dua wakil perdana menteri.

Siapa yang akan menjadi?: Sumber mengatakan Ahmad Zahid (kiri) terlihat bagus untuk jabatan DPM saat ini. Fadillah juga merupakan kandidat lain yang mungkin.

Ketua Barisan Nasional dan presiden UMNO Seri Dr Ahmad Zahid Hamidi dan ketua Selamat Parti Sarawak Datuk Seri Fadillah Yusof telah disebutkan sebagai calon yang mungkin.

Jika penunjukan tersebut berhasil, ini akan menjadi pertama kalinya Malaysia memiliki dua wakil perdana menteri, dan Fadillah akan menjadi orang pertama dari Kalimantan yang memegang jabatan tersebut.

Sumber mengatakan bahwa Ahmad Zahid memenuhi syarat untuk menduduki jabatan Wakil Perdana Menteri untuk saat ini.

“Menurut saya, 80% dia akan mendapatkan pekerjaan itu.

“Namun, ada beberapa pertentangan di dalam Pakatan Harapan. Kita lihat saja bagaimana Anwar mengatasinya,” kata seorang sumber.

Semua perhatian juga akan tertuju pada ukuran Kabinet dan apakah Anwar sudah memutuskan susunan lengkapnya.

Tak lama setelah menjabat, Perdana Menteri mengatakan kabinetnya akan jauh lebih ramping dibandingkan pemerintahan sebelumnya.

Sumber mengatakan, mereka yakin Anwar hanya diharapkan membeberkan nama-nama berbagai portofolionya.

“Ada banyak hal yang harus dia pertimbangkan karena tidak hanya ada partai dalam koalisinya yang perlu ditenangkan,” kata seorang sumber.

“Ini akan menjadi sebuah aksi sulap yang besar dan karena itu dia membutuhkan lebih banyak waktu,” tambah sumber itu.

Tun Dr Mahathir Mohamad membatasi 28 menteri dalam pemerintahannya, sementara Tan Sri Muhyiddin Yassin membatasi 32 menteri dan Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob 31.

Sementara itu, Anwar akan memiliki jadwal yang padat di Ipoh hari ini karena ia kembali ke daerah pemilihan parlemen Tambun, di mana ia menjadi anggota parlemen, untuk pertama kalinya sebagai Perdana Menteri.

Yang pertama dalam daftar adalah audiensi dengan Sultan Perak, Sultan Nazrin Muizzuddin Shah.

Perdana menteri juga akan bertemu dengan penduduk setempat di pasar Tanjung Rambutan, mengunjungi klinik kesehatan di Manjoi dan melaksanakan salat Jumat di Masjid Muhammad Al-Fateh.

agen sbobet

By gacor88