APC menuduh FG menyembunyikan laporan ‘hilangnya’ uang minyak senilai  miliar

Kongres Semua Progresif (APC) menuduh Pemerintah Federal yang dipimpin PDP berusaha menekan laporan audit mengenai hilangnya uang minyak senilai $20 miliar, dan mengatakan bahwa batas waktu penerbitan laporan tersebut, yang ditetapkan oleh pemerintah sendiri, telah tiba. dan pergi

Dalam sebuah pernyataan, pada hari Sabtu, di Ilorin oleh Sekretaris Publisitas Nasionalnya, Alhaji Lai Mohammed, APC mengingat bahwa Menteri Keuangan, Ngozi Okonjo-Iweala sendiri mengatakan, pada Financial Times Africa Summit 2014 di London pada bulan Oktober, bahwa laporan tersebut akan menjadi. siap bulan November 2014.

Pernyataan tersebut mengutip Menteri yang mengatakan pada Forum pada tanggal 6 Oktober 2014: “Kami melibatkan PwC (PriceWaterHouseCoopers) dengan Auditor Jenderal Federasi yang memimpin. Mereka meminta waktu 16 minggu untuk menyelesaikan pekerjaan; mereka telah menghabiskan 11 atau 12 minggu sejauh ini dan akan selesai dalam beberapa minggu.”

APC mengatakan penambahan empat minggu tersisa untuk penyelesaian laporan, sesuai permintaan auditor, berarti laporan tersebut seharusnya sudah siap paling lambat tanggal 7 November 2014.

“Sekarang sudah lebih dari sebulan sejak batas waktu penerbitan laporan tersebut berlalu dan pemerintah tetap bungkam atas laporan tersebut, tampaknya dalam upaya untuk menyembunyikan masalah ini, seperti halnya semua laporan korupsi yang meluas di bawah pemerintahan dispensasi saat ini.

“Namun, Nigeria tidak akan membiarkan hal ini terjadi. Mereka akan terus menuntut agar laporan audit dipublikasikan, demi kepentingan transparansi. Kami juga percaya bahwa Menteri Keuangan harus berusaha melindungi reputasi internasionalnya dengan menepati janjinya bahwa permasalahan ini tidak akan dibiarkan begitu saja. Bukan hanya masyarakat Nigeria namun seluruh komunitas internasional yang tertarik dengan hasil audit tersebut.

“Jika ada alasan mengapa laporan tersebut belum dirilis, menteri harus segera menyampaikan kepada masyarakat Nigeria. Jika tidak, ia harus merilis laporannya hari ini sehingga rakyat Nigeria tahu persis berapa banyak dana minyak mereka yang hilang dan siapa yang bertanggung jawab atas pencurian yang belum pernah terjadi sebelumnya ini,” kata partai tersebut.

APC mengatakan mereka menolak untuk mempercayai cerita yang beredar bahwa FG sengaja tidak memasukkan laporan tersebut karena (laporan) tersebut sangat mendakwanya dan beberapa tokoh berpengaruh dalam pemerintahan Presiden Goodluck Jonathan.

“Saat mengumumkan audit forensik atas uang yang tidak terhitung, Nyonya Okonjo-Iweala mengatakan bahwa Presiden mendukung dan menyerukan agar hal itu dilakukan.

Sekarang sudah selesai, kenapa laporannya belum keluar, padahal itu berimplikasi pada pemerintah sendiri?” APC bertanya.

By gacor88