AS dan Korea Utara siap untuk KTT Hanoi

25 Februari 2019

Rencana perjalanan telah dibuat, para pembantunya telah membuat pengaturan, negara tuan rumah sangat bersemangat, siapa yang siap untuk Trump – Kim Part II.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berangkat ke Hanoi dengan kereta api pada hari Sabtu, media Korea Utara melaporkan pada hari Minggu.

Media pemerintah Korea Utara melaporkan pada Minggu dini hari bahwa Kim telah meninggalkan Pyongyang dengan kereta api untuk menghadiri pertemuan puncak dengan Presiden AS Donald Trump. Dalam perjalanan yang diperkirakan akan berlangsung sekitar 60 jam itu, Kim didampingi sejumlah pejabat tinggi, termasuk saudara perempuannya Kim Yo-jong dan ajudan utamanya Kim Yong-chol.

Menurut Kantor Berita Pusat Korea Utara, kunjungan tersebut akan berfungsi ganda sebagai kunjungan resmi ke Vietnam atas undangan Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong. Istri Kim, Ri Sol-ju, tidak disebutkan namanya oleh KCNA.

Pengungkapan cepat yang tidak biasa mengenai perjalanan Kim ke luar negeri oleh KCNA dianggap sebagai kelanjutan dari upaya Korea Utara untuk menampilkan dirinya sebagai negara normal.

Adapun Trump, AS belum mengumumkan jadwal perjalanannya, namun sejumlah media lokal melaporkan bahwa ia kemungkinan akan berangkat pada hari Senin, mengutip waktu penerbangan dari Washington dan rencana perjalanan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Departemen Luar Negeri AS mengumumkan sehari sebelumnya bahwa Pompeo akan melakukan perjalanan ke Hanoi dari Selasa hingga Kamis. Jadwal rinci tatap muka Trump-Kim belum diumumkan, namun pertemuan puncak dijadwalkan pada Rabu dan Kamis.

Bersama Pompeo, penasihat keamanan nasional AS John Bolton diperkirakan akan hadir dalam pertemuan puncak tersebut. Bolton dilaporkan merencanakan perjalanan ke Korea Selatan untuk berunding dengan rekan-rekannya, namun perjalanan tersebut dibatalkan karena masalah mengenai Venezuela. Dia masih akan menghadiri KTT Hanoi, menurut laporan media AS.

Ketika kedua pemimpin bersiap untuk pertemuan puncak kedua mereka, pejabat tingkat kerja dari kedua belah pihak membahas rincian agenda pertemuan puncak di Hanoi.

Dalam perundingan tingkat kerja, pihak Korea Utara dipimpin oleh Kim Hyok-chol, perwakilan khusus Pyongyang untuk Amerika Serikat, dan AS oleh Stephen Biegun, utusan Washington untuk Korea Utara. Pada hari Sabtu, Kim Hyok-chol dan Biegun bertemu untuk hari ketiga berturut-turut.

Usai pertemuan pagi hari Sabtu, Biegun terlihat mengacungkan jempol ke kamera yang menunggu di luar ruang pertemuan, sehingga memicu spekulasi positif mengenai perundingan tingkat kerja.

Tidak ada informasi mengenai perundingan yang sedang berlangsung yang dikonfirmasi secara resmi, namun ada spekulasi bahwa kedua belah pihak sedang menyelesaikan rincian dari apa yang oleh media Korea Selatan dijuluki sebagai “Deklarasi Hanoi”.

Pernyataan yang keluar dari KTT kedua AS-Korea Utara diperkirakan mencakup rincian lebih lanjut mengenai denuklirisasi dan isu-isu terkait, seperti penutupan fasilitas nuklir tertentu di Korea Utara dan kemungkinan tindakan timbal balik dari AS.

slot gacor hari ini

By gacor88