Beijing menjanjikan dukungan kepada Kazakhstan untuk mengakhiri kerusuhan

12 Januari 2022

BEIJING – Tiongkok menegaskan kembali dukungannya kepada Kazakhstan untuk mengakhiri kerusuhannya, dengan mengatakan negaranya bersedia meningkatkan kerja sama bilateral antara penegak hukum dan departemen keamanan serta meluncurkan upaya bersama untuk menjaga keamanan.

Anggota Dewan Negara dan Menteri Luar Negeri Wang Yi menyampaikan janji tersebut selama percakapan telepon dengan Wakil Perdana Menteri Kazakh dan Menteri Luar Negeri Mukhtar Tileuberdi pada hari Senin, hari berkabung nasional di negara Asia Tengah tersebut.

Percakapan telepon tersebut terjadi beberapa hari setelah Presiden Xi Jinping, dalam pesannya kepada Presiden Kazakh Kassym-Jomart Tokayev, menawarkan dukungan Tiongkok kepada pemerintah Kazakh dalam menghadapi masa sulit ini.

Kazakhstan terguncang setelah kerusuhan awal bulan ini, yang menurut kementerian kesehatan menewaskan 164 orang, termasuk tiga anak-anak.

Wang mengatakan Tiongkok akan menyambut kehadiran Tokayev pada upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin mendatang di Beijing dan akan menjamin keselamatan delegasi Kazakh.

Dia mengatakan pembicaraan tersebut diadakan untuk menunjukkan bahwa Tiongkok, sebagai mitra strategis permanen Kazakhstan yang komprehensif, bersedia memberikan dukungan yang teguh kepada negara Asia Tengah tersebut untuk menjamin stabilitasnya dan mengakhiri kerusuhan sipil pada saat yang penting, demi masa depan dan nasibnya.

Warga sekitar berdiri bahu membahu dengan petugas polisi di Nur-Sultan, Kazakhstan, 8 Januari 2022. (Foto/Xinhua)

Pesan Xi kepada Tokayev sepenuhnya mencerminkan tingginya kemitraan strategis komprehensif permanen bilateral dan menekankan kembali persahabatan mendalam antara kedua belah pihak di masa-masa sulit, kata Wang.

Tiongkok bersedia melakukan yang terbaik untuk memberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan kepada Kazakhstan, tambahnya.

Pemerintah dan rakyat Tiongkok berdiri teguh dalam solidaritas dengan pemerintah dan rakyat Kazakh, dan Tiongkok percaya bahwa negara tersebut, di bawah kepemimpinan Tokayev, akan sepenuhnya memulihkan perdamaian dan stabilitas, melewati “saat paling gelap” ini dan menjadi lebih tangguh dan kuat. , dia berkata.

Wang mencatat bahwa gejolak di Kazakhstan menyoroti tantangan tajam yang dihadapi Asia Tengah dan sekali lagi menunjukkan bahwa kekuatan eksternal tertentu tidak ingin melihat perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Tiongkok, sebagai negara tetangga, memiliki harapan yang lebih kuat dibandingkan negara lain bahwa kawasan ini dapat menjaga stabilitas jangka panjang dan mencapai pertumbuhan dan peremajaan, katanya.

Wang mengatakan Beijing siap memperkuat kerja sama bilateral untuk melawan campur tangan, mencegah dan melawan rencana “revolusi warna” dan bersama-sama menggagalkan campur tangan dan infiltrasi kekuatan luar.

Menekankan pentingnya memastikan keselamatan dan kelancaran proyek kerja sama bilateral besar, dia yakin Kazakhstan akan mengambil langkah nyata untuk menjamin keselamatan institusi dan pekerja Tiongkok.

Tileuberdi memberi pengarahan kepada Wang mengenai situasi terkini di Kazakhstan, dan mengatakan bahwa negara tersebut sedang menghadapi serangan teroris yang direncanakan dengan cermat.

Dia meyakinkan Tiongkok bahwa situasi berada di bawah kendali yang efektif dan perdamaian sedang dipulihkan, dan mengatakan bahwa Kazakhstan akan secara memadai menjamin keselamatan institusi dan warga negara asing serta keamanan investasi asing, dan akan terus mematuhi kewajiban internasionalnya.

Dia sepenuhnya setuju dengan usulan Beijing untuk meningkatkan kerja sama bilateral, dan mengatakan bahwa negaranya bersedia meningkatkan kerja sama keamanan dengan Tiongkok dan bersama-sama memerangi terorisme, kekuatan separatis dan ekstremis.

Olimpiade Musim Dingin Beijing yang akan datang akan menjadi acara global dengan pengaruh internasional dan makna simbolis utama, serta akan mendorong perdamaian dunia, kerja sama, dan saling pengertian di antara masyarakat dari berbagai negara, tambahnya.

link demo slot

By gacor88