Bintang Michelin pertama di Malaysia diberikan kepada 4 restoran di KL dan Penang

14 Desember 2022

KUALA LUMPUR – Empat restoran di Kuala Lumpur dan Penang dianugerahi bintang Michelin pertama di Malaysia ketika Michelin Guide Kuala Lumpur dan Penang 2023 perdana diluncurkan malam ini (13 Desember) dalam sebuah upacara di Berjaya Times Square Hotel, Kuala Lumpur.

Dua restoran di KL yang mendapat satu bintang Michelin untuk masakan berkualitas tinggi mereka adalah Dewakan, sebuah restoran yang menawarkan hidangan Malaysia modern yang menghormati keaslian dengan menggunakan produk lokal dan asli; dan DC oleh Darren Chin, yang terkenal dengan musik klasik Prancis dengan penekanan pada makanan laut lokal dan produk lokal.

Au Jardin di Penang berspesialisasi dalam makanan Eropa yang canggih dengan sentuhan lokal yang halus. – Foto: Au Jardin

Dua restoran Penang yang dianugerahi satu bintang Michelin adalah: Restoran Old School Bibi Gaik Lean, yang menyajikan masakan Peranakan yang dibuat dari resep rahasia dan produk berkualitas Chef Bibi Gaik; dan Au Jardin, yang berspesialisasi dalam makanan Eropa berkelas dengan sentuhan lokal yang halus.

93 restoran lain berhasil masuk dalam panduan ini, dengan 32 di antaranya (17 di Penang dan 15 di KL) dianugerahi Bib Gourmand, yang mengakui “restoran ramah yang menyajikan makanan enak dengan harga terjangkau” (Lihat daftar lengkap di bawah).

Tiga penghargaan jasa juga diserahkan pada malam itu, Leanne Lim dari Dewakan membawa pulang Service Award, dan Lim Yan You dari Au Jardin memenangkan Michelin Young Chef Award.

“Merupakan tonggak sejarah nyata bagi gastronomi di Malaysia untuk memiliki panduan Michelin, dan terima kasih khusus harus saya sampaikan kepada tim saya dan istri cantik Nana,” kata Chin, yang restorannya juga menerima Sommelier Special Award.

Darren Chin dari Restoran DC. – YAP CHEE HONG/Bintang

“Kami terpesona. Kami tidak mengharapkan dua penghargaan malam ini,” kata Kim Hock Su, kepala koki Au Jardin. “Semua penghargaan (pengakuan) diberikan kepada tim saya, yang merupakan salah satu yang mewujudkannya.”

Panduan Michelin dimulai pada tahun 1900 ketika panduan pertama disusun oleh saudara Andre dan Edouard Michelin sebagai materi pendidikan gratis bagi wisatawan di Prancis.

Pada tahun 1926, panduan ini mulai memberikan bintang tunggal kepada restoran mewah dan pada tahun 1936, panduan ini menerapkan sistem peringkat untuk restoran bintang satu, dua, dan tiga (bintang tiga adalah yang tertinggi dan paling dihormati).

Inspektur Michelin anonim yang dipekerjakan oleh Michelin kini memberi peringkat restoran berdasarkan lima komponen utama: kualitas bahan, penguasaan masakan, harmoni rasa, kepribadian koki di seluruh dapur, dan konsistensi dari waktu ke waktu serta di seluruh aspek. .seluruh menu. .

Pilihan lengkap Panduan Michelin Kuala Lumpur dan Penang 2023 tersedia di situs web Michelin Guide dan aplikasinya.

Satu bintang Michelin
.Dewakan (Kuala Lumpur)
.DC Restaurant, oleh Darren Chin (Kuala Lumpur)
.Restoran Sekolah Tua Tannie Gaik Lean (Penang)
.Di Taman (Penang)

Bib Gourmand
Kuala Lumpur

.Ah Hei Bak Kut Teh
.Alia
.Nak sayang
.Congkak (Bukit Bintang)
.Ikan menari
.De Wan 1958
.Hai Kah Lang
.Nasi Claypot Madu Kee (Pudu)
.Hing Kee Bak Kut Teh (Jalan Kepong)
.Mie Lai Foong Lala
.Nasi Ayam Nam Heong
.Nasi Ayam Hainan Chee Ming (Jalan Klang Lama)
.Restoran Pik Wah
.Bintang Selatan
.Wong Mei Kee

Pulau Pinang

.Mee Udang Jalan Jembatan
.Tabel Umum menurut gen
.Mee Kari Darah Bebek
.Mee Udang Rumah Hijau dan Loh Mee
.Masakan Nyonya Ivy
.Arang Ming Qing Char Koay Teow
.Moh Teng Pheow Nyonya Kuih
. Kayu lingkungan
.Laksa Terkenal Jalan Penang
.Rasa Rasa
.Sardaaji
.Mee Kari Taman Bukit
.Hanya kamu
.Thara
.Theebi Pandaram
.Tho Yuen
.Wan Dou Tou Assam Laksa

link sbobet

By gacor88