Boko Haram: “Khadi adalah rekan sheriff” – Shettima bereaksi terhadap penangkapan asistennya

Gubernur Shettima

Gubernur Negara Bagian Borno Kashim Shettima kemarin menjelaskan bahwa Alhaji Junaid Idrissa Khadi, ajudannya yang ditangkap Departemen Pelayanan Luar Negeri, DSS, adalah rekan dekat mantan gubernur Ali Modu Balju.

Badan tersebut mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka baru-baru ini menangkap sekelompok “penipu” yang berkonspirasi dengan negosiator sandera Australia Stephen Davis untuk menculik Ali Modu Sheriff dan Letjen. memfitnah Azubuike Ihejirika (rtd.) dengan menuduh mereka sebagai sponsor Boko Haram.

Shettima menjelaskan bahwa sebenarnya Sheriff-lah yang awalnya menunjuk ajudan tersebut selama masa jabatannya dan memintanya untuk tetap berada di pemerintahan sebagai “penasihat yang membidangi Urusan Agama”.

Dia mendesak DSS untuk menyelidiki Khadi dan yang lainnya secara menyeluruh dan mencari akar permasalahannya.

Gubernur menambahkan bahwa ia “berharap siapa pun yang dinyatakan bersalah melakukan kejahatan apa pun yang melanggar ketentuan Konstitusi Nigeria dan undang-undang lain yang ada akan menghadapi hukuman penuh setelah pengadilan yang kompeten menyatakan dia bersalah tanpa keraguan. .”

Berikut tanggapan lengkap Shettima yang ditandatangani ajudan medianya, Isa Gusau.

“Khadi pertama kali diangkat Sheriff pada tahun 2010 oleh mantan Gubernur Ali Modu, ia dipertahankan oleh Gubernur Shettima pada tahun 2011 atas permintaan Sheriff

“Saya terdorong untuk menanggapi pertanyaan media setelah pemutaran Alhaji Junaid Idrissa Khadi hari ini oleh badan keamanan setelah dia dilaporkan ditangkap oleh badan tersebut.

“Meskipun bukan tradisi Gubernur Kashim Shettima dari Negara Bagian Borno untuk menggabungkan isu-isu dengan badan-badan keamanan, karena dia sangat menjunjung tinggi badan-badan keamanan tersebut, kami prihatin dengan sindiran tentang status Khadi sebagai bantuan kepada Gubernur Kashim. . Shettima. Kami tidak ingin mempertanyakan integritas badan keamanan yang bersangkutan dan karena itu tidak bisa langsung menyatakan bahwa motif politik adalah untuk mencoreng citra Gubernur Shettima.

“Pertama-tama, perlu dicatat bahwa penjelasan kami di sini tidak dimaksudkan untuk menyatakan Khadi bersalah atas alasan apa pun yang menyebabkan penangkapannya. Penjelasannya hanyalah untuk menempatkan catatan dalam perspektif yang tepat.

“Alhaji Junaid Idrissa Khadi adalah penasihat khusus Gubernur Kashim Shettima setelah pengangkatannya pada tahun 2013 atas desakan mantan Gubernur Ali Modu Sheriff yang pada saat itu mendengarkan penggantinya Gubernur Shettima.

“Khadi diketahui merupakan rekan mantan Gubernur Ali Modu Sheriff. Sheriff selaku Gubernur Negara Bagian Borno lah yang pertama kali menunjuk Khadi sebagai salah satu Penasihat Khususnya pada tahun 2010 tanpa adanya penunjukan yang diketahui, mengingat fakta bahwa sebagian besar penasihat di bawah Sheriff sebagai Gubernur tidak memiliki yurisdiksi yang jelas. Ketika Shettima menggantikan sheriff sebagai gubernur pada tahun 2011, dia menunjuk penasihatnya tanpa Khadi.

“Sheriff terus-menerus meminta agar Shettima menunjuk Khadi sebagai penasihat yang bertanggung jawab atas Urusan Agama yang kemudian diterima Shettima pada tahun 2013, dua tahun setelah penasihat lainnya menjabat. Khadi, seperti yang dapat dibuktikan oleh siapa pun, tetap dekat dengan Sheriff sebelum dia dipecat oleh Shettima empat bulan lalu ketika Gubernur Shettima membubarkan kabinetnya dan memberhentikan semua komisaris, penasihat khusus, asisten khusus senior, dan asisten khusus dari posisi mereka untuk menjalankan pemerintahannya.

“Penting untuk dicatat bahwa Gubernur Kashim Shettima tidak pernah menemukan Khadi dengan karakter yang meragukan seperti ketika dia dilantik. Jika Khadi memiliki karakter yang patut dipertanyakan, hal ini hanya dapat diketahui oleh orang-orang yang pertama kali berhubungan dengannya sebelum Shettima menjadi gubernur pada tahun 2011, atau mungkin mereka yang terus merekomendasikan dia ke Shettima untuk diangkat kembali.

“Meskipun catatan-catatan tersebut dibuat dalam konteks yang tepat, Gubernur Kashim Shettima berharap dan sangat berharap bahwa badan keamanan terkait akan memberikan persidangan yang seadil-adilnya terhadap Khadi sebagaimana seharusnya terhadap setiap warga Nigeria lainnya yang ditangkap karena alasan apa pun. Gubernur mengharapkan siapa pun yang terbukti bersalah melakukan kejahatan apa pun yang bertentangan dengan ketentuan Konstitusi Nigeria dan undang-undang lain yang ada akan menghadapi hukuman penuh setelah pengadilan yang kompeten membebaskannya tanpa keraguan dinyatakan bersalah.

“Gubernur Kashim Shettima selalu berkomitmen untuk kesejahteraan semua warga negara yang baik di Negara Bagian Borno dan tetap membela mereka sekaligus mempertahankan dengan kuat ketentuan Konstitusi Nigeria yang ia bersumpah untuk membela dan melestarikannya sebagai Gubernur dan Warga Negara Nigeria. Republik Federal Nigeria”.


SGP Prize

By gacor88