Gempa menewaskan 8 orang di Filipina

23 April 2019

Gempa bumi melanda pulau tengah Luzon pada Senin sore.

Petugas penyelamat menggali puing-puing untuk menjangkau orang-orang yang terperangkap di dalam supermarket yang runtuh di kota Porac, provinsi Pampanga, setelah gempa berkekuatan 6,1 skala Richter mengguncang Luzon pada Senin sore.

Dewan Nasional Pengurangan Risiko dan Manajemen Bencana (NDRRMC) melaporkan bahwa mereka sedang memverifikasi laporan bahwa lima orang tewas dalam gempa tersebut.

Tiga jenazah dilaporkan ditemukan dari supermarket yang runtuh, namun NDRRMC mengatakan laporan itu “untuk konfirmasi”.

Gubernur Pampanga Lilia Pineda melaporkan bahwa delapan orang tewas, termasuk seorang wanita lanjut usia dan cucunya yang meninggal ketika sebagian tembok di samping rumah mereka roboh menimpa mereka di Barangay Santa Cruz, kota Lubao, sementara bumi berguncang.

Gempa bumi dahsyat melanda Luzon, termasuk Metropolitan Manila, pada pukul 17:11, menyebabkan ribuan orang meninggalkan gedung-gedung tinggi dan menghentikan transportasi massal di ibu kota.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) mengatakan gempa tersebut berpusat di kota Castillejos di provinsi Zambales.

Para ilmuwan dari Survei Geologi AS mencatat kekuatan gempa sebesar 6,3 dan mengatakan pusat gempa berada 40 kilometer di bawah permukaan bumi.

Phivolcs mengatakan gempa tersebut berasal dari tektonik dan memiliki kedalaman 21 kilometer.

Suasana tersebut dirasakan dengan intensitas yang berbeda-beda di Metro Manila dan provinsi sekitarnya.

Intensitas 5 dilaporkan di San Felipe, Zambales; Malolos dan Obando di Bulacan; Roti, Batangas; Abucay, Bataan; Magalang, Pampanga; dan di Kota Quezon, Kota Valenzuela dan Manila.

Gempa bumi juga mengguncang beberapa kota di provinsi Pangasinan, Nueva Ecija, Aurora, Cavite dan Quezon.

Hal serupa juga dirasakan di Baguio City.

Gempa susulan dalam dua minggu

Renato Solidum, direktur Phivolcs, mengatakan meskipun gempa tersebut tidak dianggap sebagai gempa besar, kerusakan dan gempa susulan diperkirakan terjadi di beberapa daerah yang terkena dampak.

Pada saat berita ini dimuat pada Senin malam, setidaknya 17 gempa susulan telah tercatat oleh Phivolcs.

Bart Bautista, wakil direktur Phivolcs, mengatakan sekitar 100 gempa susulan diperkirakan terjadi dalam rentang satu hingga dua minggu setelah gempa berkekuatan 6,1 skala richter.

Solidum mengatakan tidak ada bahaya tsunami pasca gempa.

Di Metro Manila, para pekerja kantoran turun ke jalan ketika alarm darurat berbunyi setelah gempa bumi terjadi.

Foto-foto bangunan yang berguncang dan dinding yang retak membanjiri feed media sosial, begitu pula dengan foto orang-orang yang berkumpul di trotoar setelah meninggalkan gedung perkantoran dan perumahan.

Perjalanan kereta terhenti

Operasional tiga perusahaan angkutan kereta ringan di Metro Manila dihentikan setelah badai, memaksa ribuan komuter pulang kerja untuk menggunakan moda transportasi lain.

Perkeretaapian Nasional Filipina juga menghentikan operasinya.

Layanan kereta api akan dilanjutkan pada hari Selasa.

Beberapa sekolah di kota metropolitan telah membatalkan kelas.

Sebuah gedung Perguruan Tinggi Emilio Aguinaldo di Jalan San Marcelino di distrik Ermita Manila roboh namun berhasil dihentikan oleh sebuah bangunan di blok berikutnya.

Operasional di Bandara Internasional Ninoy Aquino di Manila tidak terpengaruh, namun semua penerbangan di Bandara Internasional Clark di Pampanga dibatalkan. Bandara akan ditutup selama 24 jam karena kerusakan parah pada terminal, menurut Departemen Perhubungan.

Listrik padam

Gempa bumi menyebabkan pemadaman listrik di Pampanga, Pangasinan, La Union dan Bataan.

Kebakaran terjadi di Pusat Pengilangan Bataan di kota Limay selama gempa bumi.

Listrik juga padam di provinsi Quezon, Batangas, Camarines Sur dan Sorsogon, namun listrik segera pulih kembali.

Badai tersebut merusak sebagian mega tanggul di Pampanga.

Megadike sepanjang 57 kilometer—yang membentang melalui kota San Fernando dan kota Bacolor, Porac, dan Santa Rita—merupakan pertahanan terakhir provinsi tersebut terhadap aliran lahar dari Gunung Pinatubo.

Di Porac, gereja Santa Catalina “rusak parah”, menurut sebuah postingan oleh Komite Warisan Gereja Keuskupan Agung.

Salib di atas menara tempat lonceng bergantung St. Gereja Agustinus di Lubao, yang disebut-sebut sebagai gereja tertua di Pampanga, mengalami kerusakan ringan.

slot gacor

By gacor88