HK akan memperkuat peran sebagai pusat manajemen risiko global

7 Desember 2022

HONGKONG – Hong Kong akan mengintegrasikan sektor asuransi kota ini dengan pembangunan nasional, berdasarkan strategi “sirkulasi ganda” untuk memperkuat peran wilayah administratif khusus tersebut sebagai pusat manajemen risiko internasional.

Kepala eksekutif John Lee Ka-chiu menyampaikan janji tersebut pada hari Senin di Asian Insurance Forum 2022 – sebuah acara hybrid yang diselenggarakan oleh Otoritas Asuransi. Pakar industri berpartisipasi dalam acara tersebut untuk mendiskusikan isu-isu bisnis yang relevan dengan para pemain asuransi global.

Kepala eksekutif John Lee Ka-chiu menyampaikan janji tersebut pada hari Senin di Asian Insurance Forum 2022 – sebuah acara hybrid yang diselenggarakan oleh Otoritas Asuransi.

Mengenai sirkulasi domestik, Lee mencatat bahwa Hong Kong sudah bersiap untuk mengintegrasikan pasar asuransi Tiongkok daratan dan Hong Kong.

“Kami sedang melakukan persiapan akhir untuk mendirikan pusat layanan purna jual asuransi di lokasi strategis Nansha dan Qianhai, memperkuat dukungan untuk pertanyaan pelanggan, pembayaran premi, penyelesaian klaim dan pengaduan bagi pemegang polis yang diterbitkan di Hong Kong,” katanya.

Pemerintah HKSAR juga akan melanjutkan kebijakan pengakuan sepihak yang akan membantu penduduk Hong Kong memperoleh perlindungan asuransi wajib pihak ketiga secara terpisah di daratan; dan menyusun tabel kematian di Greater Bay Area KwaZulu-Natal-Hong Kong-Macao untuk mendesain ulang produk medis dan penyakit lintas batas.

Chief Executive Officer John Lee Ka-chiu (paling kiri) dan Menteri Jasa Keuangan dan Keuangan Christopher Hui Ching-yu (pertama kanan) menghadiri Asian Insurance Forum 2022 pada 5 Desember 2022. (FOTO / PEMERINTAH HKSAR)

Dalam hal sirkulasi internasional, fokusnya adalah meningkatkan status Hong Kong sebagai pusat manajemen risiko global dan pusat asuransi yang canggih. Rezim permodalan berbasis risiko, yang akan diterapkan pada tahun 2024, akan menjadikan kerangka peraturan sektor asuransi setara dengan kerangka peraturan di semua pusat keuangan terkemuka. Rezim permodalan berbasis risiko akan memberikan pengawasan yang lebih baik terhadap perusahaan asuransi yang beroperasi di SAR, yang mencakup tiga pilar penilaian kuantitatif, tata kelola perusahaan, dan pengungkapan untuk menyelaraskan persyaratan permodalan dengan profil risiko dan kecocokan aset-liabilitas perusahaan asuransi.

“Tahun ini, kami akan memulai konsultasi publik mengenai proposal komprehensif untuk skema perlindungan pemegang polis guna memberikan jaring pengaman tambahan jika terjadi kebangkrutan perusahaan asuransi,” kata Lee.

Sejak tahun lalu, sistem pengawasan kelompok Otoritas Asuransi telah sepenuhnya selaras dengan standar internasional. Selain itu, pemerintah SAR memperkenalkan pengurangan tarif pajak keuntungan sebesar 50 persen untuk bisnis reasuransi umum dan operasi asuransi umum tertentu dari perusahaan asuransi langsung, perusahaan pialang asuransi terpilih, serta perusahaan asuransi yang ditunjuk.

Sehubungan dengan Forum Asuransi Asia tahun ini, pemerintah SAR meluncurkan dokumen peta jalan pengembangan industri asuransi lokal pada hari Senin.

“Ketika para pelaku pasar menilai kembali dan memprioritaskan kembali risiko-risiko sehubungan dengan pandemi dan ketegangan geopolitik, ini adalah saat yang tepat bagi pemerintah untuk mengumumkan peta jalan, yang menetapkan serangkaian visi dan arah untuk pengembangan sektor asuransi kita melalui ‘kemitraan ganda’. strategi sirkulasi dan integrasi ke dalam arena pembangunan nasional,” kata Menteri Keuangan Paul Chan Mo-po.

Dokumen tersebut menekankan bahwa integrasi bisnis asuransi bergantung pada hubungan dengan pasar daratan dan global, menarik talenta baru dan membina yang sudah ada, mengadopsi teknologi dan meningkatkan aksesibilitas data.

“Saya yakin bahwa dengan upaya bersama dari pemerintah, Otoritas Asuransi, dan pemangku kepentingan industri, kita dapat mendorong sektor asuransi kita ke tingkat yang lebih tinggi,” kata Menteri Keuangan dan Keuangan Christopher Hui Ching-yu.

Hong Kong adalah salah satu pusat asuransi dunia, dengan lebih dari 160 perusahaan asuransi beroperasi di kota ini – 12 di antaranya termasuk dalam 20 perusahaan asuransi terbesar di dunia – dan menghasilkan premi bruto lebih dari HK$580 miliar ($74,35 miliar) pada tahun lalu.

Toto SGP

By gacor88