Hubungkan strategi pembangunan, desak Xi kepada Spanyol

29 November 2018

Tiongkok dan Spanyol harus membangun Belt, Road bersama-sama, kata presiden.

Tiongkok dan Spanyol harus meningkatkan hubungan strategi pembangunan dan bersama-sama membangun Belt and Road, kata Presiden Xi Jinping pada hari Rabu.

Xi menyampaikan komentar tersebut saat berpidato di depan Senat dan Kongres Deputi Spanyol selama kunjungan kenegaraannya.

Tiongkok ingin mempertahankan pertukaran tingkat tinggi dengan Spanyol dan agar negara-negara tersebut terus mendukung kepentingan inti dan keprihatinan utama satu sama lain, kata Xi, seraya menambahkan bahwa mereka harus menjaga arah yang benar dalam hubungan bilateral.

Memperhatikan bahwa tahun ini menandai peringatan 40 tahun reformasi dan keterbukaan Tiongkok, Xi mengatakan bahwa Tiongkok dan Spanyol telah mempertahankan jalur pembangunan yang sesuai dengan situasi masing-masing dalam empat dekade terakhir dan mencapai kemakmuran nasional dan kemajuan sosial.

Tiongkok tidak akan pernah menutup pintunya, namun membukanya lebih luas lagi, kata Xi.

Spanyol juga mengambil langkah-langkah untuk mencapai kemajuan dan memperdalam reformasi, kata Xi, seraya menambahkan bahwa perkembangan hubungan Tiongkok-Spanyol sedang menghadapi peluang baru.

Kedua negara harus meningkatkan pertukaran antar masyarakat dan memperkuat komunikasi dalam urusan internasional, kata Xi.

Senat Spanyol dan Kongres Deputi dapat memainkan peran penting dalam memperkuat rasa saling percaya politik Tiongkok-Spanyol dan memperdalam persahabatan rakyat, kata Xi, seraya menambahkan bahwa Tiongkok sangat mementingkan pertukaran dengan kedua majelis legislatif Spanyol.

Presiden Senat Pio Garcia Escudero menyambut baik kunjungan kenegaraan Xi atas nama kedua majelis. Hubungan antara Spanyol dan Tiongkok kini menjadi yang terbaik sepanjang masa, katanya.

Dia mengatakan kepada Xi bahwa Spanyol mengagumi pencapaian besar Tiongkok dalam reformasi dan keterbukaan serta memuji peran penting Tiongkok dalam urusan global.

Spanyol ingin meningkatkan kerja sama dengan Tiongkok dalam isu-isu bilateral dan urusan global, mendorong pertukaran otoritas legislatif dan memperdalam persahabatan antara masyarakat kedua belah pihak, katanya.

Sebelumnya, Xi menerima kunci emas kota tersebut dari Walikota Madrid Manuela Carmena. Xi menyebut kunci tersebut tidak hanya merupakan suatu kehormatan bagi dirinya sendiri, tetapi juga merupakan simbol persahabatan Tiongkok-Spanyol dan harapan untuk membuka pintu persahabatan Tiongkok-Spanyol lebih luas.

Xi mengatakan Madrid adalah kota bersejarah yang terkenal serta pusat kebudayaan dan pariwisata global, dan merupakan jendela hubungan Tiongkok-Spanyol. Pada tahun 1985, Madrid dan Beijing menjadi kota persahabatan, memberikan dorongan pada kerja sama Tiongkok-Spanyol di segala bidang, kata Xi, seraya menambahkan bahwa kerja sama di tingkat lokal merupakan bagian penting dari persahabatan tersebut.

Carmena mengatakan hubungan antara Madrid dan Tiongkok menjadi lebih dekat, dan Festival Musim Semi Tiongkok telah menjadi festival populer di Madrid. Kunjungan kenegaraan Xi akan membawa lebih banyak peluang bagi Madrid untuk meningkatkan kerja sama dengan Tiongkok, kata walikota.

Xi juga mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez pada hari Rabu.

sbobet terpercaya

By gacor88