Keterampilan menenun perempuan Siem Reap menarik minat pengusaha Belanda

31 Juli 2023

PHNOM PENH – Terinspirasi oleh keterampilan menenun yang luar biasa dari para wanita di provinsi Siem Reap, seorang desainer muda Belanda mendirikan usaha sosial untuk mendukung produksi kerajinan tangan tradisional Kamboja.

Ka-Lai Chan, pendiri Manawa Enterprise dengan mitranya asal Kamboja, Baraing Tho, mengatakan bahwa awalnya datang ke Kamboja sebagai sukarelawan, ia terinspirasi untuk memulai bisnis ini setelah melihat keterampilan menenun para perempuan di Siem Reap. . kongregasi.

“Rekan saya Baraing Tho dan saya mengunjungi Krabei Riel dan kami terpesona dengan keterampilan menenun para wanita yang tinggal di sana.

“Mereka dapat menenun produk-produk indah dan unik yang terbuat dari tanaman merambat alami, namun penghasilan mereka tidak cukup untuk menghidupi keluarga mereka, sehingga pada akhir tahun 2016 kami memutuskan untuk mendirikan Manawa Enterprise,” katanya.

Chan mengatakan dia dan rekannya menghabiskan sekitar $3.000 untuk mendirikan Manawa dan memberikan pelatihan keterampilan tambahan bagi para penenun.

Manawa Enterprise bertujuan untuk mempromosikan kerajinan tangan lokal Khmer kepada dunia, sekaligus meningkatkan taraf hidup perempuan Kamboja di daerah pedesaan, khususnya di Siem Reap.

Ke-24 perempuan penenun ini bisa bekerja dari rumah, sehingga mereka bisa mencari nafkah sambil mengasuh anak dan rumah tangga.

Manawa Enterprise bertujuan untuk mempromosikan kerajinan tangan lokal Khmer kepada dunia, sekaligus meningkatkan taraf hidup perempuan Kamboja di daerah pedesaan, khususnya di Siem Reap. MANAWA

Para perajin yang sangat terampil menggunakan rotan dan lpak (rumput simpul atau Paspalum distichum) untuk membuat berbagai produk, termasuk tas, perhiasan dan suvenir, serta dekorasi rumah dan hotel.

Setiap produk Manawa Enterprise, yang harganya berkisar antara $17 hingga $179, membutuhkan waktu lama untuk dibuat dan membutuhkan perawatan yang cermat, serta tingkat keterampilan dan kreativitas yang luar biasa.

Manawa Enterprise adalah wirausaha sosial, yang berarti berkomitmen menggunakan bisnis untuk memecahkan masalah sosial. Selain memberikan penghasilan bagi para penenun, juga memberikan pelatihan dan pengembangan keterampilan.

Chan berterima kasih kepada seluruh pelanggan Manawa Enterprise yang telah mendukung seni dan kerajinan Kamboja, dan khususnya pekerjaan dan mata pencaharian para perempuan di pedesaan Siem Reap dan keluarga mereka.

“Sekitar 30 persen pelanggan Manawa adalah warga Kamboja, dan 70 persen lainnya berasal dari luar negeri, seperti Belanda, Amerika, dan Perancis.

“Kami berterima kasih kepada seluruh pelanggan kami, baik warga Kamboja maupun asing, yang mendukung tenun dan kerajinan tangan tradisional Khmer.

“Dan yang sama pentingnya, dukungan mereka juga membantu meningkatkan kehidupan 24 perempuan ini dan rumah tangga mereka di Siem Reap,” kata Chan.

Hk Pools

By gacor88