Kishida menggantikan menteri dalam negeri, anggota kabinet ke-3 dipecat dalam waktu satu bulan

22 November 2022

TOKYO – Untuk ketiga kalinya dalam sebulan, anggota kabinet Perdana Menteri Fumio Kishida mengundurkan diri.

Skandal dana politik menyebabkan pemecatan Menteri Dalam Negeri dan Komunikasi Minoru Terada pada hari Minggu, ketika Kishida menyuruhnya mengundurkan diri.

Pada hari Senin, Kishida mengumumkan penunjukan mantan menteri luar negeri Takeaki Matsumoto sebagai pengganti Terada. Matsumoto secara resmi menerima jabatan tersebut setelah upacara di Istana Kekaisaran pada hari yang sama.

Pergolakan politik telah memberikan pukulan besar terhadap operasional pemerintahan Kishida karena ketiga pengunduran diri tersebut terjadi pada sesi Diet yang luar biasa. Kishida sedang berusaha keras untuk membangun kembali pemerintahannya sebelum pembahasan mengenai anggaran tambahan kedua untuk tahun fiskal 2022 dimulai, yang akan mendanai langkah-langkah stimulus ekonomi besar-besaran pemerintah.

Ketika serangkaian tuduhan terhadap Terada muncul, perdana menteri menyimpulkan bahwa pertimbangan dalam Diet pasti akan terhenti jika Terada diizinkan untuk tetap menjabat. Keputusan Kishida sekali lagi terkenal karena penundaannya setelah pemecatan dua menteri lainnya sebelumnya, yang menunjukkan kurangnya kemampuan dia untuk menanggapi krisis.

“Saya meminta maaf sebesar-besarnya atas serangkaian pengunduran diri anggota kabinet pada sidang Diet,” kata Kishida kepada wartawan di rumah dinasnya usai menerima surat pengunduran diri dari Terada. “Saya sadar akan tanggung jawab serius saya dalam menunjuk mereka.”

Dua menteri lainnya yang mengundurkan diri adalah Daishiro Yamagiwa, yang merupakan menteri yang membidangi kebangkitan ekonomi, dan Yasuhiro Hanashi, yang merupakan menteri kehakiman. Yamagiwa mengundurkan diri pada 24 Oktober menyusul serangkaian pengungkapan tentang hubungannya dengan Gereja Unifikasi, yang secara resmi dikenal sebagai Federasi Keluarga untuk Perdamaian dan Unifikasi Dunia.

Hanashi mengundurkan diri pada 11 November dan menerima tanggung jawab atas komentarnya yang tampaknya meremehkan tugasnya terkait hukuman mati.

Terada, pada bagiannya, mengatakan kepada wartawan tentang tuduhan penyimpangan dalam laporan dana politiknya: “Saya akan mengungkapkan apa yang telah saya konfirmasi saat saya melanjutkan aktivitas saya sebagai anggota Diet.”

Minoru Terada, mantan Menteri Dalam Negeri dan Komunikasi, berbicara kepada wartawan di Tokyo pada hari Minggu setelah menyerahkan pengunduran dirinya.
Yomiuri Shimbun

Daerah pemilihan Terada berada di prefektur Hiroshima – begitu juga dengan perdana menterinya – dan dia berasal dari faksi Kishida di Partai Demokrat Liberal.

Kishida bertemu dengan Matsumoto di kantor perdana menteri pada Senin pagi untuk menunjuknya sebagai menteri dalam negeri yang baru.

“Dia telah menunjukkan kepandaiannya dalam urusan internal partai di berbagai bidang, seperti perpajakan, informasi dan komunikasi, promosi masyarakat digital dan reformasi administrasi, selain juga memiliki pengalaman sebagai menteri kabinet,” kata Kishida usai pertemuan. dikatakan.

Menurut sumber yang dekat dengan perdana menteri, salah satu alasan Kishida memilih Matsumoto adalah karena dia tidak memiliki hubungan dengan Gereja Unifikasi.

Kishida tampaknya berharap untuk segera mengesahkan rancangan undang-undang anggaran tambahan kedua untuk tahun fiskal 2022 dan mulai mempertimbangkan undang-undang baru untuk memberikan bantuan kepada para korban dan mencegah kerusakan lebih lanjut terkait Gereja Unifikasi yang berasal dari sumbangan besar.

Matsumoto terpilih delapan kali untuk mewakili daerah pemilihan Hyogo no. 11 untuk mewakili di DPR. Ia menjabat sebagai menteri luar negeri di kabinet Perdana Menteri Naoto Kan dari Partai Demokrat Jepang di mana ia juga menjadi anggotanya. Ia meninggalkan DPJ pada tahun 2015 dan bergabung dengan LDP pada tahun 2017. Almarhum ayahnya, Juro, menjabat sebagai direktur jenderal di bekas Badan Pertahanan.

“Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi mempunyai yurisdiksi atas berbagai sistem penting yang fundamental bagi negara dan landasan kehidupan masyarakat,” kata Matsumoto kepada wartawan. “Saya kira ini tanggung jawab yang sangat berat, namun yang terpenting adalah bekerja keras dan menunaikan amanah yang dipercayakan kepada saya.”

situs judi bola online

By gacor88