Kota Kerajinan: Seni Patung Adonan Beras

7 Agustus 2023

HANOI – Kota Hà Nội memiliki daftar panjang desa kerajinan tradisional. Dari utara, selatan, timur dan barat, desa-desa kerajinan di dalam kota dan sekitarnya lahir berabad-abad yang lalu untuk memasok benteng kuno di masa lalu.

Selama akhir pekan, jika Anda berjalan di sepanjang Danau Hoàn Kiếm di pusat Hà Nội, Anda dapat melihat kios-kios kecil di seberang Kuil Ngọc Sơn yang menjual patung-patung kecil yang terbuat dari adonan nasi berwarna cerah di atas batang bambu.

Anda akan langsung mengenali gambar-gambar terkenal Little Mermaid, Anna dari Frozen, atau Spiderman dan lain-lain. Anda juga akan melihat para pahlawan Perjalanan ke Barat: Tang Sanzhang, kepala biksu, Raja Kera Tampan, dan Pigsy, semuanya adalah karakter yang sangat disukai dalam klasik Tiongkok.

KERAJINAN TANGAN: Serangkaian besar patung mainan berbentuk binatang telah dibuat oleh pengrajin Desa Xuân La di pinggiran kota Hà Nội.

Kerajinan tradisional ini memenuhi kebutuhan anak-anak saat ini, namun di masa lalu merupakan tradisi kuno untuk memberikan persembahan kecil guna mendirikan altar untuk ritual.

Menggunakan beras ketan yang diwarnai dengan warna alami, kerajinan ini dulunya bertujuan untuk memberikan persembahan kepada para dewa dan berbagai dewa, leluhur, dan orang-orang terkasih, namun kini telah berkembang menjadi industri bernilai miliaran dolar yang menyediakan lapangan kerja dan pendapatan bagi banyak orang.

Saat ini, persiapan untuk bersenang-senang lebih populer bagi anak-anak dan orang dewasa. Seperti tanah liat berwarna-warni, sehat dan aman, wangi alami, dan juga bisa dimakan jika diinginkan.

Jika Anda melakukan perjalanan melalui Jalan Raya Nasional 1A di selatan Hà Nội sejauh 50 km, Anda akan tiba di Desa Xuân La di Distrik Phú Xuyên. Ini adalah rumah dari kamu punya kerajinan.

PRIA DI KERJA: Pengrajin rakyat Nguyen Van Thanh kini mengajarkan seni membuat patung mainan kepada anak-anak sekolah. Foto VNS Doan Tung

Saat ini, ini adalah kerajinan visual yang aman dan kreatif yang dapat dipelajari oleh siapa saja, tetapi bertahun-tahun yang lalu, selama perang, itu dianggap sebagai kerajinan tidak berguna yang tidak menyediakan kebutuhan penting bagi keberadaan manusia.

Seperti kerajinan tradisional lainnya yang berusia lebih dari ratusan tahun, kerajinan ini mengalami masa-masa sulit selama perang dan kelaparan, dengan kurangnya peminat dan pelanggan. Namun seni yang dulunya menggambarkan cerita dan legenda tradisional, tetap hidup.

Saat ini, kerajinan pembuatannya diakui sebagai kerajinan kuno Desa Xuân La, yang diturunkan dari ayah ke anak-anaknya.

Itu Saya memiliki segalanya serikat Xuân La memiliki lebih dari 400 rumah tangga yang mempraktikkan kerajinan tersebut, menciptakan lapangan kerja bagi lebih dari 1.500 orang di desa tersebut.

Saya memiliki segalanya adalah mainan kerajinan untuk anak-anak. Patung-patung tersebut dapat dimakan karena terbuat dari adonan beras. Berasal dari Delta Sungai Merah, kapal tersebut adalah sesuatu yang dibawa oleh para imigran saat mereka melakukan perjalanan ke selatan untuk mencari peluang baru.

KESENANGAN KELUARGA: Seniman Nguyễn Văn Định, 63, (pertama kanan) membuat mawar merah dari adonan beras

Mainan tersebut pertama kali dibuat untuk dijadikan persembahan kepada leluhur dan dijadikan hewan seperti burung merak, ayam, kerbau dan sapi, babi dan ikan. Barang-barang lain juga ditambahkan ke altar, seperti pisang, pinang, kaki babi atau hidangan ketan untuk membuat nampan penuh persembahan, yang dapat dibawa ke pagoda.

Di Xuan La, hampir semua orang bisa membuat mainan sendiri. Namun hanya tiga pengrajin yang diakui sebagai pengrajin Hanoi: Dang Van Ha, Nguyen Van Au dan Nguyen Van Thanh.

Kehidupan para pengrajin biasanya dihabiskan di pameran dan festival pedesaan. Mereka meninggalkan rumah dan pergi dari satu pusat desa ke desa lainnya, sambil mempersiapkan bahan-bahan pekerjaan mereka.

Adonannya terbuat dari beras ketan yang dimasak, digiling dan dicampur dengan pewarna alami sehingga menghasilkan empat warna tradisional: merah, kuning cerah, biru dan hitam. Mereka kemudian mencampurkan warna-warna ini untuk membuat warna baru jika Anda mau.

Pengrajinnya yang paling terkenal saat ini adalah Nguyễn Văn Thành, 45, yang dipilih oleh sesama penduduk desa sebagai talenta paling menakjubkan yang terlibat dalam bentuk seni.

Ia membuat rekor dengan membuat model mini Benteng Thăng Long yang seluruhnya terbuat dari adonan beras. Dia bahkan melakukan perjalanan ke Tiongkok dan Thailand untuk menunjukkan karya seninya kepada penonton internasional. Thành mengangkat karya seninya dengan mengirimkan karyanya ke Pameran Seni Nasional negara tersebut, yang diselenggarakan setiap 5 tahun sekali, dan dianugerahi gelar Artisan Emeritus pada tahun 2015.

Pada tahun 2022, Nguyễn Văn Thành membuat namanya masuk dalam daftar kehormatan Pengrajin Ahli Rakyat. Setelah memimpin Persekutuan Tò He di kota itu selama lebih dari 10 tahun, Thành menyelenggarakan serangkaian kompetisi untuk pengrajin terbaik. Serikat pekerja serta jumlah pengrajin otodidak bertambah dari tahun ke tahun.

TEMAN ASING: Pengunjung pergi ke Desa Xuân La untuk menikmati seni tò hy di bawah instruksi seniman Nguyễn Văn Định.

Pengrajin ahli Thành dapat membuat hampir semua hal dari adonan beras: mulai dari potret artistik dan kue serta roti tradisional, hingga dua belas hewan zodiak dan patung tradisional dari legenda serta komik. Dia telah diundang untuk menunjukkan karya seninya di pameran budaya internasional, pameran dagang, pameran dan pesta ulang tahun.

Sejak ia menjadikannya sebuah bentuk seni visual, Nguyễn Văn Thành telah diundang untuk mengajarkan seninya kepada siswa di sekolah dan perguruan tinggi di Hà Nội, serta diundang ke banyak acara televisi.

Di Xuân La saat ini, masyarakat masih melestarikan rumah altar kuno, dan memuja pendiri kerajinan tò he. Hari kerajinan desa tahunan jatuh pada bulan lunar kedelapan, yang tahun ini jatuh pada tanggal 4 Oktober. Festival akan diadakan, dan banyak patung akan dibuat di kota selama perayaan.

CANDI MODEL: Miniatur pemandangan Danau Hoan Kiem yang dibuat oleh pengrajin Xuan La yang dipimpin oleh Nguyen Van Thanh. Foto milik Artisa

Saya memiliki segalanya hanya bisa bertahan antara satu dan dua minggu,” kata Thành tentang satu-satunya kemunduran seni ini. Dia dan pengrajin lainnya mencoba mencari cara agar patung-patung itu bertahan lebih lama.

Selama masa jabatannya sebagai ketua serikat Tò he di Xuân La, Thành mengumpulkan seniman lain untuk membuat koleksi 15 lanskap yang ambisius di Hà Nội.

“Kami membutuhkan waktu seminggu untuk menyelesaikan setiap adegan,” katanya. “Dan untuk karya yang rumit, tiga hingga empat pengrajin harus bekerja sama selama seminggu.”

Namun, hanya dalam waktu satu minggu, mahakarya yang telah mereka kerjakan dengan susah payah harus dibongkar.

Dokumen desa tua yang menggambarkan sejarah dan tradisi kerajinan tersebut terpelihara dengan baik, namun tersebar di perpustakaan di Akademi Ilmu Sosial dan Pusat Arsip Nasional. Setelah berkembang selama bertahun-tahun, kamu punya kerajinan masih hidup untuk mencerminkan jiwa dan cerita masyarakat.

Penggemar seni ini dapat dengan mudah belajar membuat entry level dasar. Jika ingin menguasai semua bilangan dasar, dibutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk mempelajarinya.

“Tetapi seorang pembelajar berbakat dengan imajinasi tinggi, yang sangat memperhatikan detail, dapat membuat patung pertamanya yang dijual di kawasan pejalan kaki hanya dalam waktu seminggu,” kata Thành. VNS

Keluaran Sidney

By gacor88