Menteri Luar Negeri Vietnam bertemu dengan Presiden Parlemen Korea Selatan, Wakil Perdana Menteri

14 Februari 2022

SEOUL – Menteri Luar Negeri Vietnam Bùi Thanh Sơn bertemu pada tanggal 11 Februari dengan Ketua Majelis Nasional Republik Korea (RoK) Park Byeong-seug dan Wakil Perdana Menteri serta Menteri Ekonomi dan Keuangan Republik Korea Hong Nam-ki, bertemu di Seoul .

Speaker Park mengungkapkan kegembiraannya atas berkembangnya hubungan kedua negara dalam beberapa tahun terakhir dan sangat mengapresiasi peran dan status Vietnam di Asia Tenggara.

Ia menegaskan bahwa Parlemen Korea akan mendukung dan menciptakan kondisi untuk terus mengembangkan dan memperdalam kemitraan kerja sama strategis Vietnam – Republik Korea di semua aspek.

Majelis Nasional Republik Korea siap untuk bekerja sama dan berbagi pengalaman legislatif dan pengawasan dengan mitranya di Vietnam, sambil memberikan perhatian lebih dan mengambil langkah-langkah praktis untuk mendukung komunitas Vietnam di Republik Korea, ujarnya.

Menteri Sơn, yang melakukan kunjungan resmi ke negara Asia Timur Laut tersebut dari tanggal 9 hingga 11 Februari, mengatakan Republik Korea adalah salah satu mitra utama Vietnam dan parlemen kedua negara telah memainkan peran penting dalam mendorong kemitraan kerja sama strategis di bidang ini. masa lalu baru-baru ini.

Dia menyatakan kepuasannya atas semakin menguatnya hubungan antara kedua parlemen dan menggambarkan tahun 2022 sebagai tahun yang penting karena akan membuka tahap baru perkembangan hubungan kedua negara sejak terjalinnya hubungan diplomatik mereka 30 tahun lalu.

Ia mengatakan bahwa ia berharap Vietnam dan Korea Selatan akan memanfaatkan mekanisme kerja sama dan dialog di bidang diplomasi, keamanan – pertahanan dan ekonomi – perdagangan – investasi secara bermanfaat; mengekspor lebih banyak barang Vietnam ke Korea Selatan; mempromosikan investasi Republik Korea di Vietnam; mendorong transfer teknologi dan kerja sama tenaga kerja; dan memperkuat kerja sama penelitian dan pengembangan di bidang layanan kesehatan, dengan Vietnam menerima teknologi produksi vaksin dan obat-obatan COVID-19 dari Korea Selatan.

Menteri luar negeri menambahkan bahwa Vietnam ingin menjaga koordinasi yang erat dan saling mendukung dengan Republik Korea di forum dan mekanisme multilateral. Beliau menyerukan agar terus dilakukan advokasi terhadap posisi ASEAN dalam isu Laut Baltik, dan menegaskan bahwa Kementerian Luar Negeri Vietnam akan terus membantu memperkuat kerja sama antara kedua parlemen.

Baik tuan rumah maupun tamu sepakat untuk meningkatkan pertukaran delegasi dan pertemuan di semua tingkatan, terutama tingkat tinggi, untuk memperkuat kepercayaan politik dan kerja sama antara parlemen, pemerintah, dan masyarakat negara mereka.

Menlu Vietnam Bui Thanh Son (kiri) bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Republik Korea dan Menteri Ekonomi dan Keuangan Hong Nam-ki. VNA/VNS Foto Khanh Van

Pada pertemuan dengan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Ekonomi dan Keuangan, Hong Nam-ki, Sơn dan tuan rumahnya membahas langkah-langkah untuk mengembangkan hubungan bilateral yang lebih kuat dan komprehensif di masa mendatang.

Mereka sepakat untuk secara efektif menerapkan Perjanjian Perdagangan Bebas Vietnam – Korea Selatan untuk meningkatkan perdagangan bilateral menjadi US$100 miliar pada tahun 2023 dan $150 miliar pada tahun 2030; meningkatkan kerja sama di bidang layanan kesehatan, kebudayaan, pendidikan, pariwisata, tenaga kerja dan pertukaran antar masyarakat; dan menjaga koordinasi di forum multilateral dan dalam isu-isu regional dan internasional yang menjadi perhatian bersama.

Wakil Perdana Menteri Hong mengatakan bahwa kedua negara telah menjadi mitra prioritas satu sama lain, dan menambahkan bahwa investor Korea ingin lebih berpartisipasi dalam proyek infrastruktur besar di Vietnam.

Ia meminta kedua belah pihak untuk menjaga dan mengembangkan kemitraan yang sehat dalam budaya, pariwisata dan pertukaran antar masyarakat, sambil secara aktif membantu dan memastikan keamanan dan kepentingan sah bagi warga negara masing-masing.

Ia juga mengungkapkan harapannya untuk mengunjungi Vietnam dalam waktu dekat untuk memimpin dialog kedua mengenai kerja sama ekonomi di tingkat Wakil PM.

Pada hari yang sama, Menteri juga bertemu dengan perwakilan asosiasi masyarakat Vietnam di Republik Korea.

Togel Singapura

By gacor88