Nikmati musim semi yang lezat dengan sandwich isi

20 April 2022

TOKYO – Musim semi telah tiba, dan apa yang lebih baik dari sandwich cantik untuk merayakan musim ini?

Meskipun ini mungkin bukan waktu yang tepat untuk piknik kelompok besar, sandwich adalah makanan ringan untuk makan siang kotak bento atau makan siang sebentar dan camilan saat Anda bekerja dari rumah di tengah pandemi.

“Anda dapat memasukkan banyak bahan berbeda ke dalam sandwich, yang berarti Anda dapat mencapai keseimbangan nutrisi yang sempurna,” kata pakar memasak Miyuki Shimamoto, yang menulis buku resep yang memperkenalkan sandwich ke seluruh dunia. “Menggunakan sisa makanan dari lemari es juga membantu mencegah sisa makanan.”

Shimamoto membagikan resep untuk tiga jenis sandwich, dimulai dengan sandwich panas yang ringan. Bisa dibuat tanpa menggunakan pembuat sandwich panas, asalkan sandwich ditekan di atas loyang dengan alat pemutar agar permukaan roti menyerap mentega dan menjadi renyah.

Roti panas dengan telur goreng

Bahan (Untuk 1 Porsi): 2 potong roti (dari 6 potong roti)

1 butir telur

10 gram mentega

½ sendok makan saus tomat

1 potong keju

2 potong ham

1 daun selada

1 sendok teh minyak sayur

Petunjuk arah:

1. Panaskan wajan dengan minyak sayur dengan api sedang. Pecahkan telur ke dalam wajan. Diamkan selama sekitar 2 menit dan masak lagi selama 1 hingga 2 menit dengan api kecil. Membawanya keluar.

2. Oleskan saus tomat pada salah satu sisi setiap potongan roti, lalu taburi keju, ham, telur goreng, dan selada sobek secara berurutan. Letakkan potongan roti kedua di atasnya. Sayuran lain, seperti mentimun, bisa digunakan sebagai pengganti selada.

Yomiuri Shimbun
Tekan sandwich dengan twister untuk memasak kedua sisinya hingga berwarna cokelat keemasan.

3. Panaskan mentega dalam wajan dengan api sedang, letakkan sandwich di atasnya, tekan dengan twister dan masak kedua sisinya hingga berwarna cokelat keemasan. Potong menjadi dua dan sajikan.

Sandwich Monte Cristo lahir di Amerika Utara dan konon berasal dari Kanada. Ini mengenyangkan dan merupakan menu makan siang atau sarapan yang enak. Rasanya yang manis dan asin menggugah selera.

Sandwich Monte Cristo

Bahan (Untuk 1 Porsi): 2 potong roti (dari 6 potong roti)

2 potong ham

2 potong keju

10 gram mentega

1 butir telur

100 ml susu

1 sendok makan gula

Sirup maple, madu atau selai berry

Gula bubuk, sesuai selera

Petunjuk arah:

1. Letakkan keju dan ham secara bergantian di atas sepotong roti dan akhiri dengan sepotong roti lainnya.

2. Masukkan telur, susu, dan gula ke dalam nampan, lalu aduk rata. Rendam kedua sisi roti minimal 15 menit. Perendaman semalaman akan melunakkan roti.

3. Panaskan mentega dalam wajan dengan api sedang dan tambahkan roti yang sudah direndam, masak selama 1 hingga 2 menit di setiap sisinya hingga berwarna kecoklatan.

4. Potong menjadi dua, taruh di piring, tuangkan sirup maple dan taburkan gula halus di atasnya, sesuai selera.

Jika sandwich yang dipanggang tidak langsung dimakan – seperti saat dimasukkan ke dalam kotak bekal – sebaiknya dibungkus dengan aluminium foil untuk menjaga rasanya.

Resep terakhir adalah sandwich saku dengan buah berwarna-warni – kali ini buah stroberi dan kiwi – yang cocok untuk hidangan penutup dan menyenangkan untuk dibuat bersama anak-anak.

Kantongnya menyimpan krim di dalam roti. Shimamoto merekomendasikan untuk memotong buah menjadi potongan-potongan kecil. Buah di dalamnya bisa diganti sesuai musim, misalnya melon dan semangka di musim panas, serta kastanye dan kesemek di musim gugur.

Sekantong sandwich buah

Bahan (Untuk 1 Porsi): 1 potong roti (dari 4 potong roti)

Buah apa saja

Krim kocok

Petunjuk arah:

1. Potong sepotong roti menjadi dua lalu buat kantong dengan membuat sayatan pada penampang masing-masing bagian.

2. Buang batang stroberi dan potong menjadi dua secara horizontal. Potong kiwi menjadi empat bagian yang sama besar.

3. Isi kantong roti dengan krim kocok dan masukkan irisan buah ke dalamnya.

Shimamoto bilang, meski tampilannya kurang rapi, tetap enak karena akan terasa seperti masakan rumahan. “Tidak apa-apa asal sandwichnya membuat waktumu di rumah menyenangkan,” ujarnya.

Keluaran SGP

By gacor88