Pemerintah Rivers mengutuk Princewill karena diduga menjual aset milik negara untuk membiayai kampanye APC

Perhatian Kementerian Keuangan tertuju pada publikasi jahat baru-baru ini yang menyinggung fakta bahwa pemerintah Negara Bagian Rivers menjual aset untuk membiayai kampanye APC dan bahwa hasil penjualan tersebut tidak diterima dalam kas negara.

Berita ini benar-benar menyesatkan dan merupakan rekayasa yang sangat jauh dari kebenaran. Tidak dapat dipahami bahwa sumber dari omong kosong seperti itu adalah seorang yang disebut-sebut sebagai calon gubernur di platform Partai Buruh – Tuan Tonye Princewill. Ini benar-benar di luar imajinasi saya bahwa seseorang seperti dia, yang pernah berada di koridor kekuasaan di negara bagian ini, yang seharusnya lebih tahu, akan menyebarkan kebohongan dan meremehkan informasi mengenai pengeluaran pemerintah. Tidak ada kontradiksi bahwa Negara Bagian Rivers adalah negara bagian garis depan dan medan pertempuran potensial dalam skenario politik yang sedang berkembang di Nigeria, namun hal tersebut bukanlah alasan untuk cerita-cerita ceroboh yang tidak memiliki fakta. Harus dikatakan bahwa dugaan atau sindiran belaka mengenai pola belanja publik tidak cukup menjadi dasar untuk tuduhan jahat yang dilakukan oleh individu sekaliber Mr. Prince tidak akan melakukannya.

Perlu dicatat bahwa Tonye Princewill sendiri telah menciptakan dan menjalankan berbagai proyek dan kesepakatan di negara bagian yang bertujuan untuk keuntungan moneternya sendiri. Sementara itu, hasil dari proyek-proyek tersebut masih dipertanyakan dan jauh dari tujuan yang ditetapkan. Daripada berfokus pada karir politiknya, saya bertanya-tanya mengapa Mr. Princewill akan mempelajari bidang manajemen – keuangan publik, yang sedikit atau tidak dia ketahui sama sekali.

Untuk menghindari keraguan, Rivers State di bawah pemerintahan Rt. Menghormati. Chibuike Amaechi menjalankan sistem keuangan publik yang sangat kuat dan transparan. Sejak ia menjabat, berbagai upaya terus dilakukan untuk memodernisasi arsitektur keuangan publik di negara bagian tersebut guna meningkatkan cara kita menghitung pendapatan dan melaporkan pengeluaran kita. Rivers State tercatat sebagai negara bagian pertama dan satu-satunya yang mempertahankan peringkat kredit internasional ganda dari Fitch dan Standard and Poor’s. Ini bukanlah prestasi kecil mengingat proses yang ketat tidak hanya dalam memperoleh peringkat, namun juga terus mempertahankan dan meningkatkannya. Dibandingkan dengan berbagai negara bagian lain di Nigeria atau entitas berdaulat di seluruh dunia, seperti yang dapat dilihat dari peringkat ini, negara bagian ini telah mempertahankan catatan akuntabilitas, kehati-hatian finansial, dan keterbukaan penuh yang patut ditiru. Oleh karena itu, catatan kami dapat diverifikasi dan terbuka dari laporan pemeringkatan reguler dan laporan keuangan tahunan yang telah diaudit.

Salah satu pilar utama kebijakan transformasi dan modernisasi di negara bagian ini adalah penerapan dan pengoperasian proses pengadaan publik yang transparan sehingga menciptakan lapangan persaingan yang setara bagi semua vendor dan kontraktor potensial di negara bagian tersebut.

Mengenai tuduhan penjualan aset dan pengalihan pendapatan tersebut, saya ingin menyatakan dengan tegas dan tegas bahwa pemberitaan seperti itu tidak akurat, dan tidak dimaksudkan untuk mencoreng citra baik kementerian dan pemerintahan ini, jika tidak kurang dari liar. klaim dan delusi yang menipu. Namun, sejak beberapa tahun terakhir, negara telah memulai investasi infrastruktur besar-besaran dan proses sistematis divestasi dan konsesi beberapa investasi yang hampir mati dan tidak berkinerja baik yang bertujuan untuk menstimulasi perekonomian lokal, menciptakan lapangan kerja dan peluang bisnis bagi investor swasta, namun lebih dari itu. yang penting adalah meminimalkan atau menghilangkan pemborosan sumber daya keuangan publik. Semua transaksi ini melalui peraturan pengadaan publik yang ketat dalam seleksi dan negosiasi, serta penandatanganan perjanjian penjualan/konsesi setelah disetujui oleh Dewan Eksekutif. Saya dapat mengatakan tanpa keraguan bahwa saya secara pribadi telah berpartisipasi dalam beberapa transaksi ini dan dapat memberikan kesaksian tentang keasliannya.

Sekadar memberikan gambaran singkat tentang aset yang terlibat, Risonpalm adalah perkebunan kelapa sawit terbesar di Afrika Barat dengan luas lebih dari 10.000 hektar. Negara ini telah mengalami kesulitan keuangan selama bertahun-tahun karena salah urus. Di bawah pemerintahan Rt. Menghormati. Perkebunan Chibuike Amaechi berhasil direnovasi melalui perjanjian konsesi selama 35 tahun dengan SIAT Group dari Belgia yang merupakan manajer proyek asli dan rekam jejak yang terbukti dalam mengoperasikan perkebunan kelapa sawit di Nigeria termasuk Presco Plc. yang saat ini terdaftar secara publik di Bursa Efek Nigeria. Berdasarkan ketentuan perjanjian tersebut, SIAT menanggung hutang/kewajiban perusahaan dan akan membayar royalti tahunan kepada Pemerintah Negara Bagian Rivers. Pemerintah telah melunasi seluruh kewajibannya saat ini sambil memperbaiki operasi dan menciptakan ribuan lapangan kerja baru. Perlu dicatat bahwa selain pembayaran royalti tahunan, negara bagian akan memperoleh pendapatan pajak yang sangat besar yang akan meningkatkan Pendapatan yang Dihasilkan Secara Internal (IGR) di tengah alokasi federal yang terus menurun.

Kesepakatan besar kedua yang disebutkan berkaitan dengan penjualan aset listrik. Meskipun pembangkitan listrik masih menjadi masalah yang sulit diselesaikan di Nigeria, dapat dikatakan bahwa pemerintah di Nigeria telah mencurahkan sumber daya yang besar untuk membangun kapasitas pembangkitan dan distribusi. Jelas terlihat bahwa kapasitas listrik terpasang saat ini sebesar lebih dari 500 megawatt lebih dari cukup untuk melayani negara, namun karena manajemen yang buruk, keterlambatan pembayaran kembali listrik yang dijual oleh PHCN dan pasokan gas yang tidak mencukupi, negara terus menderita penyakit epilepsi listrik dan pasokan listrik yang tidak menentu, tidak ada keberatan selain bermitra dengan investor swasta yang kompeten, berkomitmen, dan serius untuk mengoperasikan infrastruktur penting ini.
Transaksi selanjutnya yang menghasilkan penjualan 70% saham di aset listrik ini semuanya dilakukan dalam domain publik, dengan banyak lembaga keuangan lokal berpartisipasi dalam transaksi tersebut, seperti banyak proyek serupa di seluruh negeri. Dana yang diperoleh disetorkan ke kas negara dan terus digunakan untuk mendanai proyek infrastruktur lain yang sedang berjalan. Bagi mereka yang mengetahui cara kerja sistem keuangan, mustahil bahwa peminjam dan pemodal dapat berdiam diri dan melihat hasil dari fasilitas kredit mereka dialihkan ke tujuan lain yang tidak disebutkan secara jelas dalam perjanjian pinjaman. Hal ini akan memberikan keuntungan jangka panjang bagi negara bagian dan perekonomian lokal jika pemerintahan ini mampu mencapai kesepakatan penting dan mengubah keadaan selama masa jabatannya. Daripada mengejek pemerintah, setiap warga negara yang bermaksud baik dan bahkan kritikus harus memberikan penghargaan pada hal yang memang seharusnya dilakukan, terutama jika hal ini berkaitan dengan kesepakatan penting dalam konteks Nigeria, di mana kita telah melihat terlalu banyak pembicaraan dan sedikit tindakan atau upaya yang gagal untuk mencapai tujuan. untuk mengubah posisi. sektor seperti sektor minyak/gas dan ketenagalistrikan.

Harus ditegaskan dengan jelas dan tegas bahwa hasil penjualan ini seluruhnya diterima dalam rekening pendapatan konsolidasi negara. Tidak dapat dibayangkan bahwa pendapatan sebesar itu dapat dialihkan untuk kampanye partai politik mengingat rumitnya struktur sistem akuntan publik yang kami jalankan. Dimana dan bagaimana orang menyukai mr. Bahwa Princewill mengajukan klaim pengalihan dana seperti itu sungguh konyol.

Jika ragu, tindakan yang tepat seharusnya adalah bertanya kepada kami di sini di Kementerian daripada melakukan perburuan liar, terutama karena saya secara pribadi telah berdebat satu atau dua kali dengan Tuan. Princewell mengadakan pertemuan santai kami mengenai isu-isu yang berkaitan dengan politik negara bagian dan Nigeria secara umum.

Ruang Keuangan Publik bukanlah sebuah arena untuk mengajukan tuntutan-tuntutan yang tidak berkesinambungan yang dapat mengurangi kinerja baik suatu pemerintahan. Kami menjalankan tanggung jawab kami di sini dengan sangat serius dan oleh karena itu kami akan dengan gigih mempertahankan kinerja pemerintahan ini dan Kementerian kami dalam hal sistem dan proses atau tingkat akuntabilitas. Terhadap latar belakang ini, saya ingin menunjukkan klaim yang salah dari Mr. Pangeran akan membantah dan menyangkal. Daripada melemparkan batu pada pemerintahan ini, saya sangat mendesak dia untuk fokus pada karir politiknya dan menjalankan kampanye pemilu yang substantif dan berbasis isu dan memberi tahu masyarakat Rivers nilai apa yang bisa dia tawarkan, terutama jika dilihat dari klaimnya sebagai seorang profesional. Barangsiapa yang menjunjung tinggi kejujuran dan mencari kebenaran, hendaklah ia datang dengan tangan yang bersih.
CHAMBERLAIN S.PETERSIDE, Ph.D
Menghormati. Komisaris Keuangan
Negara Bagian Sungai

24 Desember 2014


sbobet mobile

By gacor88