Pheu Thai Pilihan nomor satu, tapi mayoritasnya sangat sedikit

Jika partai lama yang berkuasa tidak bisa mendapatkan suara mayoritas, baik melalui pemilu atau koalisi, hal ini bisa berarti akan ada lebih banyak kekuasaan militer.

Partai yang berkuasa sebelumnya, Pheu Thai, diperkirakan akan memenangkan kursi terbanyak di Dewan Perwakilan Rakyat pada pemilihan umum tanggal 24 Maret, meskipun partai tersebut tidak akan mencapai mayoritas, menurut survei yang dilakukan oleh jurnalis Nation Group di seluruh negeri.

Pheu Thai diperkirakan akan memenangkan 136 kursi anggota parlemen dari seluruh 350 daerah pemilihan, mendominasi wilayah Utara dan Timur Laut, dan kemungkinan akan mengambil semua kursi di banyak provinsi di dua wilayah yang masih percaya pada ketua partai tersebut, mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra. .

Partai Demokrat diperkirakan akan tertinggal jauh di posisi kedua, dengan meraih 88 kursi, terutama dari kubu tradisionalnya di Selatan dan Bangkok.

Partai Phalang Pracharat yang pro-junta, yang telah mencalonkan Perdana Menteri Jenderal Prayut Chan-o-cha sebagai satu-satunya calon PM, diperkirakan akan memenangkan kursi DPR terbanyak ketiga – 62 – sebagian besar berasal dari wilayah Utara dan Timur Laut. Banyak kandidat Phalang Pracharat di daerah pemilihan tersebut adalah mantan anggota parlemen dari partai proksi Thaksin – yaitu Thai Rak Thai dan People’s Power, serta Pheu Thai yang kini sudah tidak ada lagi.

Tiga teratas diperkirakan akan diikuti oleh Partai Bhumjaithai, dengan 31 kursi DPR, Chartthaipattana (12), Thai Raksa Chart (tujuh), Chart Pattana (enam), Koalisi Aksi untuk Thailand (empat), Prachachart (dua) dan Peau Chat dan Konservasi Hutan Thailand (masing-masing satu).

Partai Future Forward, yang dipandang sebagai favorit pemilih muda, kemungkinan besar tidak akan memenangkan satu kursi pun di daerah pemilihan. Peluangnya terletak pada sistem pemilihan berdasarkan daftar partai. Prospeknya suram meskipun pemimpin partai tersebut, pengusaha-politisi kaya Thanathorn Juangroongruangkit, sangat populer.

Analisis Nation Election berasal dari jurnalis lokal dari Nation Group, berdasarkan survei tidak resmi terhadap pemilih yang memenuhi syarat dan wawasan yang diperoleh dari 350 daerah pemilihan.

Dalam pemilihan umum terakhir yang diselesaikan pada tahun 2011, Pheu Thai memenangkan mayoritas, dengan 204 kursi DPR dari 375 daerah pemilihan. Partai Demokrat berada di posisi kedua, dengan 115 kursi DPR, diikuti oleh Bhumjaithai (29) dan Chartthaipattana (15). Tiga partai lainnya memenangkan gabungan 12 kursi.

House of Commons berikutnya akan memiliki 500 kursi – 350 dari daerah pemilihan dan 150 dari sistem daftar partai. Untuk pertama kalinya di Thailand, hanya satu surat suara untuk setiap pemilih yang akan digunakan untuk memilih anggota parlemen dari daerah pemilihan dan daftar partai, berdasarkan sistem perwakilan proporsional anggota campuran.

Pheu Thai kemungkinan akan terus mendominasi wilayah Timur Laut, yang memiliki kursi DPR terbanyak – 116 kursi. Namun, perkiraan kemenangan partai tersebut di 67 daerah pemilihan akan jauh lebih rendah dibandingkan dengan 104 kursi pada pemilu tahun 2011. Kandidat-kandidatnya diperkirakan akan menyapu seluruh kursi DPR di provinsi Nakhon Phanom, Bueng Kan, Mukdahan, Yasothon, Si Sa Ket, Sakon Nakhon, Nong Khai, Nong Bua Lamphu dan Udon Thani.

Kursi tuan rumah lainnya di wilayah ini kemungkinan besar akan dimiliki oleh Phalang Pracharat (25) dan Bhumjaithai (13).

Di wilayah Tengah yang saat ini memiliki 92 kursi DPR, tidak ada satu partai pun yang mampu mendominasi. Pheu Thai diperkirakan memenangkan 25 kursi anggota parlemen, diikuti oleh Phalang Pracharat (23), Demokrat (17), Bhumjaithai (13) dan Chartthaipattana (10).

Namun di wilayah Utara, tampaknya Pheu Thai akan kembali mendominasi. Sang juara bertahan diperkirakan akan meraih sebanyak 36 dari 62 kursi yang tersedia. Kemungkinan besar disusul oleh Phalang Pracharat (13), Demokrat (tujuh), Thai Raksa Chart (tiga), Bhumjaithai (dua) dan Chart Pattana (satu).

Korea Selatan, yang memiliki 50 kursi yang diperebutkan, kemungkinan besar akan tetap menjadi kubu Demokrat, yang memenangkan 50 dari 53 daerah pemilihan pada pemilu 2011. Kali ini, Partai Demokrat diperkirakan akan meraih 40 kursi DPR. Sepuluh kursi tersisa diperkirakan akan ditempati oleh Koalisi Aksi untuk Thailand (empat), Bhumjaithai (tiga), Prachachart (dua) dan Phalang Pracharat (satu).

Partai Demokrat berpotensi menyapu seluruh kursi DPR di provinsi Nakhon Si Thammarat, Trang, Phang-nga, Phatthalung, Phuket, Songkhla dan Surat Thani.

Di ibu kota, Partai Demokrat kemungkinan besar akan kembali mendominasi. Mereka mempunyai potensi untuk memenangkan 22 dari 30 kursi DPR, menyisakan delapan kursi tersisa untuk saingan beratnya, Pheu Thai.

Partai-partai lain kemungkinan besar tidak akan mendapat banyak peluang di Bangkok, yang telah menjadi medan pertempuran antara Partai Demokrat dan partai-partai pendukung Thaksin. Namun Partai Demokrat telah mendominasi pemilu di kota itu sejak partai pertama Thaksin, Thai Rak Thai, mencalonkan diri pada tahun 2001.

Data HK

By gacor88