Polisi mempercepat penyelidikan skandal Burning Sun

21 Maret 2019

Skandal tersebut melibatkan petugas polisi, pemilik klub malam, dan bintang K-Pop.

Polisi pada hari Selasa meningkatkan penyelidikan terhadap klub malam Burning Sun, yang telah ditandai dengan tuduhan pelecehan seksual, pembuatan video seks secara ilegal, penggunaan narkoba dan hubungan polisi yang korup, ketika para menteri berjanji akan melakukan penyelidikan menyeluruh dan hukuman yang sesuai.

Kantor Kejaksaan Pusat telah meminta pengadilan Seoul untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Jung Joon-young, seorang penyanyi-penulis lagu yang dicurigai secara diam-diam merekam video seks dan membagikannya dalam obrolan grup pesan seluler, termasuk Seungri dari Big Bang dan Choi Jong dari FT Island -induk ayam.

Mereka juga mengajukan surat perintah penangkapan terhadap karyawan Burning Sun yang bermarga Kim dan direktur eksekutif di klub tersebut bermarga Jang.

Kim dituduh melakukan pembuatan film ilegal. Jang didakwa menyebabkan cedera tubuh karena membuka Kim Sang-kyo, seorang klien yang diduga menyerang pintu air tuduhan seputar Burning Sun.

Kim Sang-kyo muncul di hadapan polisi pada hari Selasa untuk diinterogasi atas tuduhan pencemaran nama baik yang diajukan terhadapnya oleh pejabat klub dan petugas polisi yang dituduh memukuli Kim.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Korea mengatakan tinjauan mereka terhadap rekaman insiden tersebut menunjukkan bahwa polisi tidak mengikuti prosedur yang benar ketika menangkap Kim.

“Kami dapat mengkonfirmasi bahwa polisi menjatuhkan Kim, memborgolnya dan kemudian mengatakan mereka akan menangkapnya,” katanya dalam sebuah pernyataan, dan mencatat bahwa Kim tidak diberi peringatan Miranda.

Dengan tidak memberikan perawatan medis yang layak kepada Kim yang terluka dalam penyerangan tersebut, polisi melanggar hak asasi manusia, kata komisi tersebut.

Menteri Dalam Negeri Kim Boo-kyum dan Menteri Kehakiman Park Sang-ki meminta maaf kepada publik dalam konferensi pers darurat pada hari Selasa atas dugaan kolusi antara polisi dan Burning Sun.

“Saya menerima kemarahan publik atas kasus yang melibatkan orang-orang yang memiliki hak istimewa dengan berat hati dan saya meminta maaf sebagai Menteri Dalam Negeri atas dugaan kolusi (antara klub) dan beberapa petugas yang seharusnya membasmi tindakan ilegal,” kata Kim.

Empat puluh orang didakwa atas tuduhan terkait narkoba, 14 di antaranya diduga menggunakan atau mengedarkan narkoba di Burning Sun. Tiga dari 40 orang telah ditangkap. Sejauh ini, total ada empat petugas polisi yang terlibat dalam kasus ini.

Lee Moon-ho, kepala klub malam Burning Sun, menghadiri sidang surat perintah penangkapan di Pengadilan Distrik Pusat Seoul pada Selasa pagi atas dugaan distribusi obat-obatan terlarang di klub tersebut.

Seungri, yang merupakan direktur eksekutif di Burning Sun, juga sedang diselidiki karena menyediakan pelacur untuk calon investor di klub tersebut. Dia diperiksa sebagai tersangka kriminal pada hari Jumat.

Togel HKG

By gacor88