Popularitas Global Konten Korea Selatan Mencapai Tingkat Baru: Survei

15 Februari 2022

SEOUL – Konten budaya Korea, yang dipicu oleh kebangkitan K-pop dan K-drama, telah mendapatkan popularitas global dalam beberapa tahun terakhir, sebuah survei menunjukkan pada hari Senin.

Laporan tahunan yang dirilis bersama oleh Korea Foundation for International Cultural Exchange dan Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata mengungkapkan bahwa konsumsi konten budaya Korea telah meningkat di semua kategori – kecantikan, drama, mode, program hiburan, permainan, animasi, publikasi – pada tahun 2021.

Sekitar 61,1 persen dari seluruh responden yang mengatakan bahwa mereka menikmati konten Korea mengatakan bahwa mereka mengonsumsi lebih banyak drama, film, acara TV hiburan, dan game Korea pada tahun lalu dibandingkan tahun sebelumnya. Dalam laporan tahun 2020, sekitar 58,5 persen mengatakan mereka mengonsumsi lebih banyak konten Korea pada tahun sebelumnya.

Para responden mengatakan platform online adalah media utama yang mereka gunakan untuk mengonsumsi K-drama, K-pop, dan acara TV lainnya. Namun, Netflix mendominasi streaming film.

“Konsumsi konten online kini menjadi lebih umum, dan hal ini menjadi faktor penting yang menyebabkan konsumsi global konten Korea, namun hal ini tidak dapat dicapai tanpa daya saing konten itu sendiri,” Choi Kyung-hee, kepala kata tim peneliti di Korea Foundation for International Cultural Exchange.

Laporan ini juga memberikan wawasan tentang bagaimana persepsi terhadap konten budaya Korea selama beberapa tahun terakhir. Ketika ditanya apa yang terlintas dalam pikiran mereka ketika memikirkan Korea, 14 persen responden mengatakan bahwa K-pop berada di urutan teratas dalam daftar mereka. Diikuti oleh makanan Korea (11,4%), K-drama (7,5%), selebriti Korea (7,0%) dan merek/produk IT (6,85%). Pada survei sebelumnya di tahun 2020, merek/produk IT menduduki peringkat ketiga dan K-drama menduduki peringkat kelima. Sebelum tahun 2017, Perang Korea atau Korea Utara hampir selalu masuk dalam lima besar jawaban atas pertanyaan yang sama. Laporan tahunan dimulai pada tahun 2012.

BTS (Hiburan HYBE)

Di antara sekian banyak artis K-pop, BTS yang menjadi grup musik terpopuler selama lima tahun terakhir masih terbukti tak terkalahkan. Sekitar 26,7 persen responden menyatakan BTS adalah favorit mereka, sedangkan 10,4 persen memilih Blackpink.

Drama yang paling banyak dinikmati adalah “Squid Game” asli Netflix, yang didukung oleh 21,2 persen dari 4.850 penggemar drama Korea, diikuti oleh “Crash Landing on You” dengan 2,2 persen.

Seiring dengan berkumpulnya Hallyu, sentimen anti-hallyu juga meningkat sebesar 6,3 poin persentase dari tahun sebelumnya menjadi 30,7 persen. Salah satu alasan utama munculnya sentimen negatif, kata responden, adalah “komersialisasi berlebihan” terhadap konten budaya Korea. Para responden juga menyebutkan perlunya melindungi produk budaya negara mereka dari konten budaya Korea sebagai alasan sentimen anti-hallyu.

Laporan tahun ini mensurvei 8.500 orang di 18 negara – Tiongkok, Jepang, Taiwan, Thailand, Malaysia, Indonesia, India, Vietnam, Australia, AS, Brasil, Argentina, Prancis, Inggris, Rusia, Turki, Uni Emirat Arab, dan Selatan. Afrika antara 5 November dan 8 Desember tahun lalu.

daftar sbobet

By gacor88