Profesor pemberi pengaruh pertama di Korea: Temukan daya tarik Anda sendiri dan mereka akan mengikuti Anda

28 Januari 2022

SEOUL – Evaluasi diri terhadap kualitas menarik seseorang adalah langkah penting untuk menjadi influencer yang sukses, menurut Ryo Chu-hyeop, seorang YouTuber berusia 36 tahun dan profesor pertama “urusan influencer” di Korea Selatan.

Untuk membuat orang lain mengikuti Anda secara online, calon pemberi pengaruh perlu memikirkan ide dan pemikiran mereka sendiri dan kualitas seperti apa yang mereka miliki untuk menarik perhatian orang lain.

“Daya tarik tidak harus berarti kecantikan (fisik). Itu bisa menjadi sesuatu yang menimbulkan empati atau rasa ingin tahu. Kemampuan untuk menghasilkan konten yang menyentuh hati orang atau membuat mereka lengah, ”katanya saat wawancara dengan The Korea Herald.

Ryo adalah salah satu pendiri dan CEO Allblanc TV, saluran YouTube yang berfokus pada kebugaran dengan lebih dari 1,8 juta pelanggan dan terus bertambah.

Itu dimulai pada 2018 dan terutama menawarkan latihan di rumah dengan tiga pendiri saluran. Ryo bertemu dengan mitra bisnis di sebuah kompetisi kebugaran sambil bekerja sebagai peneliti kedirgantaraan di Badan Pengembangan Pertahanan milik negara.

Konten Allblanc TV terutama untuk YouTube, tetapi dibagikan melalui berbagai platform media sosial, termasuk TikTok, Weibo, Bilibili, dan Douyin yang berbasis di China. Sekitar 82 persen pemirsanya berasal dari luar Korea, terutama dari Amerika Serikat, Inggris, dan India.

Ini adalah sesuatu yang ingin ditiru oleh banyak pembuat konten dan pemberi pengaruh.

Sebagai seseorang yang mengubah kariernya secara dramatis dari ilmuwan senjata menjadi YouTuber, Ryo memahami apa yang menarik banyak orang ke media sosial dan bisnis konten.

“Saya pikir wajar jika semakin banyak siswa bermimpi menjadi pembuat konten, karena pekerjaan memungkinkan mereka memenuhi keinginan mereka untuk membangun hubungan dan mencapai kesuksesan ekonomi pada saat yang bersamaan,” kata CEO.

Di Korea Selatan, pembuat konten telah menggantikan bintang K-pop sebagai pekerjaan impian teratas di antara anak-anak berusia 4-16 tahun, menurut survei terhadap lebih dari 40.000 anak pada Mei tahun lalu.

Dan terlepas dari perdebatan yang sedang berlangsung tentang kredibilitas mereka, perkembangan pemasaran influencer yang eksponensial membentuk kembali perilaku konsumen dan saluran YouTube dengan anggaran terbatas mencuri perhatian dari stasiun televisi besar.

Pasar pemasaran influencer global bernilai rekor $13,8 miliar pada tahun 2021 dan diperkirakan akan tumbuh menjadi $24,1 miliar pada tahun 2025.

Ryo Chu-hyeop (kiri), CEO Allblanc TV, bersama anggota pendiri lainnya. (TV Allblanc)

Pada bulan Januari, Ryo diangkat sebagai profesor madya di Departemen Urusan Influencer, jurusan baru yang diperkenalkan oleh Universitas Cyber ​​Daegu. Dia memulai kuliahnya pada bulan Maret untuk siswa yang mendaftar untuk tahun akademik 2022.

Peran baru ini akan menjadi kelanjutan dari usahanya di tahun-tahun sebelumnya dalam pendidikan dan bimbingan kreator, katanya.

Keterampilan penting untuk pembuat konten adalah perencanaan kreatif, pembuatan film, dan teknik pengeditan, seperti yang dapat ditebak dengan mudah. Namun mereka juga perlu mempelajari siapa yang menangani sisi bisnis dari pekerjaan tersebut, seperti berkomunikasi dengan pengiklan atau publik yang lebih luas.

Munculnya layanan media over-the-top, seperti Netflix, Disney+, dan Wavve, Watcha, dan Tving buatan Korea, telah memperluas arena persaingan bagi pembuat konten digital untuk melampaui YouTube dan TikTok, lanjut Ryo. Artinya selain konten yang bagus, perlu strategi yang bagus untuk bersaing, tegasnya.

“Para ahli strategi yang memahami dinamika antara distribusi konten dan platform muncul untuk mendorong kesuksesan konten dari perspektif bisnis,” ujarnya.

Kreator, yang dulunya hanya berkolaborasi dengan YouTuber lain, kini bergandengan tangan atau tampil di perusahaan layanan video live streaming seperti Netflix, Afreeca TV, dan Twitch untuk menarik pelanggan dari platform lain ke saluran mereka.

Perubahan peran yang tiba-tiba dari pencipta menjadi orang yang berpikiran bisnis tampaknya menjadi kendala terbesar sebelum membawa merek mereka ke level berikutnya.

“Jika Anda menjadi pembuat konten dengan banyak pelanggan, saatnya tiba Anda harus mengajukan pajak sebagai operator swasta. Selama proses tersebut, banyak kreator yang kehilangan fokus pada konten dan menghabiskan terlalu banyak energi (pada aspek lain),” katanya, menambahkan bahwa ia berencana untuk membuka kuliah tentang strategi startup di universitas karena dapat membantu bisnis pembuatan konten yang untuk jangka panjang.

Data SGP

By gacor88