Tingkat pengangguran mencapai level tertinggi dalam 19 tahun di Korea

16 Mei 2019

Angka ini meningkat karena pengangguran kaum muda.

Pasar tenaga kerja Korea Selatan melanjutkan penurunannya pada bulan April, dengan pengangguran mencapai titik tertinggi dalam 19 tahun, data pemerintah menunjukkan pada hari Rabu.

Laju peningkatan penciptaan lapangan kerja juga semakin melambat, khususnya di sektor ritel dan manufaktur serta di kalangan kelompok usia 30-40 tahun yang aktif secara ekonomi.

Menurut angka ketenagakerjaan yang dikeluarkan oleh Statistik Korea, jumlah total pengangguran pada bulan April melampaui 1,24 juta untuk pertama kalinya sejak pemerintah mulai mengumpulkan data pada bulan Juni 1999.

Tingkat pengangguran mencapai 4,4 persen, naik 0,3 poin persentase dari tahun sebelumnya dan merupakan yang tertinggi pada bulan April sejak tahun 2000, ketika perekonomian terbesar keempat di Asia ini terguncang akibat Krisis Keuangan Asia.

Tingkat pengangguran di kalangan orang dewasa muda – yaitu mereka yang berusia antara 15 dan 29 tahun – juga naik ke rekor tertinggi sebesar 11,5 persen pada bulan April, naik 0,8 poin persentase dibandingkan periode yang sama.

Jumlah pekerjaan pada bulan April mencapai 27 juta, naik 171.000 dari tahun sebelumnya, namun peningkatan tersebut lebih lemah dibandingkan angka yang sama yaitu 263.000 pada bulan Februari dan 250.000 pada bulan Maret.

Angka pengangguran terbaru ini sebagian disebabkan oleh meningkatnya jumlah pelamar untuk mengikuti tes pegawai negeri di pemerintah kota dan provinsi. Sekitar 380.000 orang mengikuti tes pada bulan April tahun ini, sementara 200.000 orang mendaftar pada bulan Maret tahun lalu, menurut Statistik Korea.

Sektor ritel dan grosir, yang kehilangan 76.000 pekerjaan pada bulan April, merupakan sektor yang paling terpukul oleh tren ketenagakerjaan yang lesu. Sektor manufaktur, yang dianggap sebagai tulang punggung perekonomian negara yang bergantung pada ekspor, juga kehilangan 52.000 pekerjaan pada bulan April, menandai tren penurunan selama 13 bulan berturut-turut.

Sebaliknya, sektor kesehatan dan kesejahteraan sosial menambah 127.000 lapangan pekerjaan.

Meskipun kelompok usia 30-40 tahun yang paling aktif secara ekonomi terus berjuang untuk mendapatkan pekerjaan, kelompok usia 60 tahun ke atas mendapatkan 335.000 pekerjaan baru di bulan April, sebagian besar bersifat sementara.

“Pada bulan April, terdapat kombinasi sinyal positif dan negatif mengenai pasar tenaga kerja domestik,” kata seorang pejabat dari kantor statistik.

Dampak positifnya termasuk melambatnya laju kehilangan pekerjaan di bidang manufaktur, karena perkembangan positif di industri kimia, serta sedikit peningkatan lapangan kerja baru di sektor makanan dan akomodasi, menurut pejabat tersebut.

“Kita harus mengamati sektor manufaktur, konstruksi dan ritel dan grosir sepanjang (sisa) bulan Mei untuk mengetahui situasi ketenagakerjaan untuk keseluruhan kuartal kedua.”

game slot pragmatic maxwin

By gacor88