Tsunami menewaskan sedikitnya 222 orang di Indonesia, dan melukai lebih dari 800 orang

24 Desember 2018

Jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat ketika tim penyelamat mencapai daerah-daerah terpencil.

Tsunami menyusul letusan gunung berapi di Indonesia pada Sabtu (22 Desember) menewaskan 222 orang, dan ratusan lainnya terluka, kata para pejabat, Minggu.

Sutopo Purwo Nugroho, juru bicara badan bencana nasional, mengatakan 843 orang terluka dan 28 orang hilang, pada pukul 16.00 waktu setempat.

“Jumlah ini akan terus meningkat karena belum semua tempat diperiksa,” kata Dr Sutopo dalam jumpa pers di Yogyakarta.

Tsunami tersebut disebabkan oleh “longsornya bawah laut akibat aktivitas vulkanik di Anak Krakatau” dan diperburuk oleh air pasang yang tidak normal akibat bulan purnama saat ini, katanya.

Tsunami melanda beberapa wilayah Selat Sunda, termasuk pantai di Kabupaten Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan, kata badan tersebut.

Rekaman video yang diposting di media sosial oleh Dr Supoto menunjukkan warga yang panik memegang senter dan melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan tsunami terdeteksi di empat lokasi di Provinsi Banten dan Lampung pada Sabtu pukul 21.27 waktu setempat.

Tayangan TV menunjukkan detik-detik tsunami melanda pantai dan kawasan pemukiman di Pandeglang, Pulau Jawa, menyapu bersih korban, puing-puing, serta potongan besar kayu dan logam.

Penduduk pesisir melaporkan tidak melihat atau merasakan tanda-tanda peringatan, seperti surutnya air atau gempa bumi, sebelum gelombang setinggi 2-3 meter menghanyutkan pantai, menurut laporan media. Pihak berwenang mengatakan sirene peringatan berbunyi di beberapa daerah.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau warga dan wisatawan di wilayah pesisir sekitar Selat Sunda untuk menjauhi pantai hingga Selasa (25 Desember). Warga dan hotel di kawasan tersebut juga telah diimbau untuk tidak mengadakan aktivitas pantai.

Presiden Joko Widodo, yang akan dipilih kembali pada bulan April, mengatakan di Twitter bahwa ia telah “memerintahkan semua lembaga pemerintah terkait untuk segera mengambil langkah tanggap darurat, menemukan korban dan merawat yang terluka”. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pada konferensi pers bahwa jumlah korban tewas “kemungkinan akan meningkat”.

Bapak Sandiaga Uno yang bersama dengan Bapak. Saingan Presiden Joko Widodo, Prabowo Subianto, yang mencalonkan diri pada pemilu tahun depan, menyampaikan belasungkawa kepada mereka yang “terkena dampak parah akibat tsunami”.

GELOMBANG PASANG ATAU TSUNAMI

Rahmat Triyono, kepala departemen gempa dan tsunami BMKG, mengatakan dalam konferensi pers singkat bahwa lebih banyak tsunami mungkin terjadi “selama ada lebih banyak aktivitas dari gunung berapi Anak Krakatau”.

“Jika ada peningkatan aktivitas, maka kita harus meningkatkan kewaspadaan,” katanya seraya menambahkan bahwa lembaga tersebut sedang menunggu penilaian dari Badan Geologi Indonesia.

Segera setelah berita tsunami tersebar, media sosial dibanjiri oleh perdebatan tentang apakah itu tsunami atau gelombang pasang.

Dr Sutopo awalnya mengatakan dalam tweet yang telah dihapus bahwa Banten dilanda gelombang pasang akibat bulan purnama dan bukan tsunami, karena tidak terdeteksi adanya gempa. Tsunami umumnya dipahami sebagai gelombang pasang yang disebabkan oleh gempa bumi. Namun, pernyataan tersebut direvisi malam itu juga dalam konferensi pers ketika badan tersebut mengkonfirmasi bahwa tsunami memang terjadi.

Rahmat mengatakan pihak berwenang awalnya tidak yakin apakah gelombang tersebut disebabkan oleh tsunami. Tsunami yang terjadi pada hari Sabtu berbeda dengan tsunami gempa bumi yang biasanya diikuti gempa susulan berkekuatan lebih kecil. Oleh karena itu, kemungkinan terjadinya tsunami susulan sangatlah kecil. “Tsunami hari Sabtu disebabkan oleh letusan. Letusan gunung berapi di awal bisa kecil dan kemudian besar,” ujarnya.

Namun, Rudi Suhendar, Kepala Badan Geologi Indonesia, mengatakan dia masih tidak dapat mengesampingkan bahwa cuaca buruk, bukan letusan, yang menyebabkan gelombang pasang, karena gunung berapi tersebut telah aktif sejak akhir Juni dan amplitudo hari Sabtu. letusannya bukanlah yang terbesar.

Dr Sutopo mengatakan kepada MetroTV bahwa tidak ada getaran seismik “signifikan” yang mengindikasikan akan terjadinya tsunami. Ia mengatakan, beberapa instansi masih melakukan kajian untuk mengetahui penyebab terjadinya tsunami.

AIR TERBAKAR SECARA MENDATANG

Tayangan TV menunjukkan jalan-jalan tersumbat oleh puing-puing rumah yang rusak, mobil yang terbalik, dan pohon tumbang. Ratusan bangunan hancur diterjang gelombang, sedangkan sembilan hotel dan 10 kapal rusak parah.

Namun tsunami tidak seburuk yang ditakutkan. Panglima TNI, Hadi Tjahjanto, yang mengambil foto udara dari daerah yang terkena dampak, mengatakan dia dapat melihat pepohonan sejauh 200m hingga 250m dari pantai di provinsi Banten dan Lampung.

“Jalanan sebagian besar dapat diakses, tidak ada jembatan yang runtuh,” kata Marsekal Hadi dalam jumpa pers langsung di TV nasional.

Sejauh ini, pantai barat provinsi Banten di Jawa merupakan wilayah yang paling parah terkena dampaknya, kata Dr Sutopo sebelumnya.

Bapak Endan Permana, kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Kabupaten Pandeglang di Banten, mengatakan kepada Metro TV bahwa polisi segera memberikan bantuan kepada para korban di Tanjung Lesung di Banten, tempat liburan populer tidak jauh dari Jakarta, karena petugas darurat tidak datang. daerah itu belum. “Banyak yang hilang,” katanya.

Di Pantai Carita, tempat wisata sehari yang populer di pantai barat Jawa, Muhammad Bintang yang berusia 15 tahun mengatakan dia melihat gelombang air tiba-tiba yang membuat tempat wisata tersebut menjadi gelap gulita.

“Kami tiba pada pukul 21.00 untuk berlibur dan tiba-tiba air datang – hari menjadi gelap, listrik padam,” katanya kepada AFP. “Di luar berantakan dan kami masih tidak bisa mengakses jalan.”

Sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini sedang berlibur, dan Banten dan Lampung dengan pantainya yang indah menjadi tujuan wisata yang populer.

MetroTV memberitakan, konser live band sedang berlangsung di sebuah pantai di Banten saat tsunami melanda pada Sabtu malam. Penonton konser menjadi korban karena terseret gelombang tinggi. Rekaman menunjukkan panggung runtuh.

Penduduk pesisir melaporkan tidak melihat atau merasakan tanda-tanda peringatan, seperti surutnya air atau gempa bumi, sebelum gelombang setinggi dua meter menghanyutkan daratan, media melaporkan. Namun pihak berwenang mengatakan sirene peringatan berbunyi di beberapa daerah.

Setidaknya tujuh orang dilaporkan tewas di Lampung di Sumatera bagian selatan.

Kapolres Lampung Selatan Letkol Mohamad Syarhan mengatakan kepada MetroTV bahwa para wisatawan termasuk di antara korban, namun tidak ada laporan adanya wisatawan asing. “Kami mendapat laporan bahwa warga tidak dapat menghubungi orang yang mereka cintai,” katanya.

Polisi setempat mengerahkan 200 personel ke daerah bencana.

Petugas penyelamat dan ambulans kesulitan mencapai daerah bencana karena beberapa jalan tertutup puing-puing, kata Ketut Sukerta, kepala badan bencana di Lampung Selatan.

Letkol Mohamad mengatakan ekskavator diperlukan untuk memindahkan material bangunan yang roboh dan pohon tumbang yang menghalangi jalan.

“Kami berhasil membersihkan beberapa jalan yang diblokir dengan peralatan tangan,” katanya. “Warga pesisir di sini memiliki rumah yang terbuat dari bahan kayu, berjarak sekitar 15 m dari bibir pantai. Banyak yang terdampak parah akibat tingginya air tadi malam (Sabtu malam).

RELATIF LANGKA

Meskipun relatif jarang, letusan gunung berapi bawah laut dapat menyebabkan tsunami karena perpindahan air secara tiba-tiba atau kegagalan lereng, menurut Pusat Informasi Tsunami Internasional.

Profesor Ben van der Pluijm, ahli geologi gempa dari Universitas Michigan, mengatakan tsunami mungkin disebabkan oleh “runtuhnya sebagian” Anak Krakatau.

“Ketidakstabilan lereng gunung berapi aktif dapat menyebabkan longsoran batu yang memindahkan sejumlah besar air, sehingga menimbulkan gelombang tsunami lokal yang bisa sangat dahsyat. Ini seperti tiba-tiba menjatuhkan sekantung pasir ke dalam bak mandi yang berisi air hingga terjatuh,” dia berkata.

Anak Krakatau, yang dikenal sebagai “anak” Krakatau yang legendaris, adalah pulau vulkanik kecil yang muncul dari laut setengah abad setelah letusan mematikan Krakatau pada tahun 1883. Dengan aliran lava berikutnya, ia tumbuh dari lingkungan bawah laut menjadi pulau vulkanik kecil, dengan kerucut yang kini berdiri di ketinggian sekitar 300 m di atas permukaan laut.

Ketika Krakatau meletus pada abad ke-19, gumpalan abu, batu, dan asap melesat lebih dari 20 km ke udara, ledakan dahsyat terdengar di Australia dan hingga 4.500 km di dekat Mauritius. Hal ini membuat wilayah tersebut menjadi gelap dan menyebabkan tsunami besar yang dirasakan di seluruh dunia. Bencana tersebut menewaskan lebih dari 36.000 orang.

Saat ini tidak ada penduduk yang tinggal di pulau tersebut, namun puncaknya populer di kalangan wisatawan dan merupakan area studi utama bagi ahli vulkanologi.

Indonesia, salah satu negara paling rawan bencana di muka bumi, terletak di kawasan yang disebut “Cincin Api” Samudera Pasifik, tempat lempeng tektonik bertabrakan dan sebagian besar terjadi letusan gunung berapi dan gempa bumi di dunia. Anak Krakatau adalah salah satu dari 127 gunung berapi aktif yang membentang di seluruh nusantara.

Baru-baru ini, gempa bumi dan tsunami pada bulan September menewaskan ribuan orang di kota Palu di Pulau Sulawesi.

Pada tahun 2004, tsunami yang dipicu oleh gempa bumi bawah laut berkekuatan 9,3 di lepas pantai Sumatera di Indonesia bagian barat menewaskan 220.000 orang di negara-negara sekitar Samudera Hindia, termasuk 168.000 orang di Indonesia.

Tsunami yang terjadi pada hari Sabtu adalah yang terbaru dari serangkaian tragedi yang melanda Indonesia, negara kepulauan yang luas, tahun ini.

Rentetan gempa meratakan sebagian pulau wisata Lombok, selain gempa kembar dan tsunami di Pulau Sulawesi.

Hampir 200 orang juga tewas ketika sebuah pesawat penumpang Lion Air jatuh di Laut Jawa pada bulan Oktober.

casinos online

By gacor88