Walikota Manila sedang mempertimbangkan untuk mengubah pantai menjadi tempat vaksinasi Covid-19

21 Januari 2022

MANILA – Walikota Manila Isko Moreno terbuka untuk menggunakan pantai dolomit Teluk Manila sebagai tempat vaksinasi COVID-19.

“Jika memungkinkan, mengapa tidak? Ini adalah ide yang sangat bagus. Mengapa tidak? Apakah konstruksinya sudah selesai, apakah aman bagi manusia? Itu selalu menjadi perhatian kami, keselamatan masyarakat,” kata Moreno kepada wartawan, Rabu, ketika ditanya tentang kemungkinan penggunaan pantai sebagai tempat vaksinasi.

(Jika memungkinkan, mengapa tidak? Itu ide yang sangat bagus. Mengapa tidak? Tetapi apakah pembangunannya sudah selesai, apakah aman bagi masyarakat? Itu selalu menjadi perhatian kami, keselamatan masyarakat.)

Moreno berada di Kebun Binatang dan Kebun Raya Manila yang ditunjuk sebagai tempat vaksinasi terbaru di kota tersebut untuk anak di bawah umur dan warga lanjut usia.

Walikota Manila Isko Moreno (tangkapan layar dari Radio Inquirer)

“Perhatikan, ketika kita memilih suatu tempat, tempat tersebut hampir selalu terisolasi. Secara geografis layak untuk difungsikan dalam rencana aksi khusus, Tapi betul, diinokulasi dengan dolomit,” tambah Walikota.

(Jika Anda perhatikan, ketika kita memilih tempat untuk vaksinasi, lokasinya agak terisolasi. Secara geografis memungkinkan untuk mempertahankan fungsi tersebut untuk rencana aksi tertentu. Tapi menurut saya tidak apa-apa, untuk tetap melakukan vaksinasi di pantai dolomit.)

Proyek pantai dolomit, yang menelan biaya pemerintah sebesar P389 juta, sebelumnya menuai kecaman publik karena sejumlah kelompok menyebutnya sebagai upaya yang “benar-benar tidak masuk akal” yang tidak akan menyelesaikan “masalah degradasi lingkungan di teluk”.

Dalam pembelaannya, Malacañang mengatakan bahwa proyek ini akan bermanfaat bagi kesehatan mental masyarakat Filipina selama pandemi COVID-19.

Kota Manila baru-baru ini membuka tiga fasilitas suntikan booster drive-through untuk kendaraan roda empat, sepeda motor dan sepeda serta untuk pengemudi kendaraan umum dan van pengiriman.

Hal ini merupakan tambahan dari upaya vaksinasi yang sedang berlangsung di pusat kesehatan masyarakat dan sekolah umum serta pusat perbelanjaan yang ditunjuk di kota tersebut.

Moreno, sementara itu, memperbarui seruannya kepada masyarakat untuk mendapatkan suntikan booster sesegera mungkin, dengan mengatakan bahwa lokasi vaksinasi di kota itu terbuka untuk semua orang.

‘Isko tanpa vax, tanpa tumpangan’
Walikota yang mencalonkan diri sebagai presiden juga ditanya tentang kebijakan “tidak ada vaksinasi, tidak boleh berkendara” di Metro Manila.

Dia mengatakan meskipun pekerja dikecualikan dari kebijakan tersebut, hal tersebut tidak boleh menjadi alasan bagi pekerja yang tidak divaksinasi untuk tidak mendapatkan vaksinasi COVID-19.

“Kami akan berusaha memahami masyarakat, menjangkau masyarakat sebanyak yang kami bisa. Namun pada akhirnya Anda harus memutuskan. Karena harus bertanggung jawab kepada orang lain,” ujarnya.

(Kita harus memahami masyarakatnya, dan menjangkau mereka selama kita bisa. Namun pada akhirnya, Anda harus mengambil keputusan. Karena Anda harus bertanggung jawab kepada orang lain.)

“Sebagai warga negara, Anda juga mempunyai tanggung jawab terhadap komunitas Anda, terhadap negara Anda. Bukan hanya pemerintah saja yang mempunyai tanggung jawab terhadap rakyatnya,” imbuhnya.

(Sebagai warga negara, Anda mempunyai tanggung jawab terhadap komunitas Anda, terhadap negara Anda. Pemerintah tidak memikul tanggung jawab tunggal terhadap rakyatnya.)

slot gacor

By gacor88