40 penerbangan dibatalkan karena hujan lebat melanda Beijing

1 Agustus 2023

BEIJING – Dua orang tewas dan lebih dari 52.000 orang dievakuasi dari daerah rawan banjir di Beijing pada pukul 16.00 pada hari Senin karena hujan deras yang disebabkan oleh Topan Doksuri melanda ibu kota selama tiga hari berturut-turut.

Cuaca buruk menyebabkan pembatalan puluhan penerbangan, mempengaruhi banyak rute bus dan mendorong pemerintah kota mengeluarkan peringatan tertinggi akan adanya banjir.

Serangan gencar dari Doksuri, yang melanda provinsi Fujian di Tiongkok timur pada hari Jumat dan kemudian pindah ke Tiongkok utara, paling terkonsentrasi di distrik barat Beijing, termasuk Mentougou dan Fangshan.

Menurut pemerintah kabupaten, dua orang ditemukan tewas di sebuah sungai di Mentougou pada Senin pagi setelah hujan lebat yang dimulai pada Sabtu malam.

Seorang penyelamat membantu mengevakuasi seorang bayi yang terjebak oleh air banjir di distrik Fangshan Beijing pada hari Senin. (Foto diberikan kepada China Daily)

Hingga Senin pukul 15.30, rata-rata curah hujan di wilayah tersebut mencapai 320,8 milimeter. Stasiun cuaca di Gunung Miaofeng mencatat curah hujan maksimum — 580,9 mm.

Lebih dari 52.000 penduduk Beijing telah dievakuasi pada Senin malam dan semua tempat wisata ditutup untuk menghindari potensi risiko, kata pejabat kota.

Sebuah video yang diunggah media lokal menunjukkan ranting-ranting pohon tumbang dan mobil-mobil rusak, tertinggal akibat surutnya air banjir, membanjiri tepian sungai di Mentougou, yang hingga Senin sore telah mengevakuasi 5.000 orang.

Distrik Fangshan juga dilanda banjir besar. Untuk mengatasi naiknya permukaan sungai, 2.000 personel polisi dikerahkan untuk membantu pembangunan bendungan.

Beijing menerima curah hujan rata-rata sebesar 170,9 mm dalam 40 jam mulai Sabtu malam, setara dengan total curah hujan rata-rata kota tersebut pada bulan Juli, data resmi menunjukkan.

Sebuah jalan hancur akibat banjir di distrik Mentougou, Beijing, 31 Juli. (Foto/CFP)

Otoritas air setempat mengeluarkan peringatan merah untuk banjir pada pukul 11 ​​​​pagi pada hari Senin dan masyarakat disarankan untuk bekerja dari rumah.

Badan Meteorologi Beijing mengatakan hujan deras akan terus berlanjut di kota itu hingga Senin malam, dan beberapa daerah mungkin akan mengalami hujan badai. Mereka memperkirakan curah hujan ringan hingga sedang pada hari Selasa.

Lalu lintas kendaraan terkena dampak buruk pada hari Senin ketika hujan deras membanjiri jalan-jalan, dan sebuah jalan di dekat pusat perbelanjaan di Beijing barat ambruk pada hari Minggu. Lebih dari 260 rute bus di seluruh kota telah menghentikan operasinya pada pukul 1 siang, menurut Grup Transportasi Umum Beijing. Semua layanan bus di distrik Yanqing dan Huairou telah ditangguhkan.

Bandara Internasional Ibu Kota Beijing membatalkan 40 penerbangan, sementara banyak kereta api ke dan dari Beijing ditunda. Penumpang yang bepergian dengan kereta api dari Wuhai Barat di Daerah Otonomi Mongolia Dalam ke Stasiun Kereta Fengtai Beijing dilaporkan terdampar selama lebih dari 30 jam. Pada Senin sore mereka semua telah dipindahkan ke tempat yang aman.

Orang-orang berdiri di sebuah desa yang hancur akibat banjir di Distrik Mentougou, Beijing, 31 Juli. (Foto/CFP)

Provinsi tetangganya, Hebei, juga mengaktifkan peringatan tertinggi untuk hujan badai, banjir, dan genangan air.

Hujan lebat telah mengguyur sebagian wilayah Tiongkok utara sejak Sabtu, setelah Topan Doksuri bergerak ke daratan dan meningkatkan risiko banjir dan tanah longsor.

Kementerian Sumber Daya Air mempertahankan tanggap darurat Tingkat II di wilayah Beijing-Tianjin-Hebei dan mengerahkan 10 tim tanggap banjir.

Sementara itu, Topan Khanun – topan keenam tahun ini – semakin mendekat. Hal ini mendorong provinsi Zhejiang untuk mengaktifkan tanggap darurat tingkat IV, yang terendah dalam sistem tanggap darurat empat tingkat di Tiongkok.

Orang-orang membersihkan rumah mereka di bawah air banjir di distrik Mentougou di Beijing, 31 Juli. (Foto/CFP)

Warga berjalan di jalan yang hancur akibat banjir di distrik Mentougou di Beijing, 31 Juli. (Foto/CFP)

Sebuah truk pemadam kebakaran melaju di jalan yang banjir di distrik Mentougou di Beijing, 31 Juli. (Foto/CFP)

Air banjir melewati Sungai Yongding di Distrik Mentougou di Beijing, 31 Juli. (Foto/CFP)

Seorang pria berjalan melewati mobil yang rusak akibat banjir di distrik Mentougou, Beijing, 31 Juli. (Foto/CFP)

Keluaran SDY

By gacor88