APC berjanji menjamin pemilu bebas kekerasan, dan mendesak PDP melakukan hal yang sama

LAI Muhammad

Kongres Semua Progresif, APC, telah meyakinkan masyarakat Nigeria dan komunitas internasional bahwa mereka akan melakukan segala daya mereka untuk memastikan pemilu 2015 bebas dari kekerasan, dan mengatakan bahwa meningkatnya kekhawatiran masyarakat terhadap pemilu tidak menguntungkan bagi penyelenggaraan pemilu. pemilu yang sukses.

Namun, dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Sekretaris Publisitas Nasional, Alhaji Lai Mohammed, di Lagos pada hari Minggu, partai tersebut mengatakan upayanya harus dilengkapi dengan Pemerintah Federal yang dipimpin oleh Partai Rakyat Demokratik, yang memiliki kecenderungan untuk dilecehkan oleh badan keamanan. dan mengintimidasi pihak oposisi dan warga negara biasa.

Pernyataan tersebut juga menyatakan bahwa FG harus mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk memastikan bahwa pemilu berlangsung bebas, adil dan kredibel, karena kecurangan dan tindakan kejahatan pemilu lainnya merupakan pemicu langsung kemarahan dan kekerasan selama dan setelah pemilu.

Partai tersebut mengatakan: “Kami telah mendengar dari masyarakat Nigeria yang sangat takut akan kemungkinan kekerasan selama pemilu mendatang sehingga mereka bahkan bersedia untuk pindah ke negara lain hingga pemilu selesai. Namun sebagai partai oposisi terbesar di Nigeria dan pemangku kepentingan utama dalam demokrasi negara kami, kami menjamin bahwa tidak akan ada kekerasan.

“Meskipun partai kami tidak memiliki sejarah kekerasan, kami telah memulai upaya nasional untuk menyadarkan anggota dan pendukung kami akan perlunya menghindari rasa jijik dan menerapkan metode non-kekerasan, bahkan dalam menghadapi provokasi yang dilakukan subjek kami. pemilihan gubernur Ekiti dan Osun, ketika anggota kami diganggu, ditangkap dan ditahan oleh badan keamanan partisan yang bertindak atas perintah FG.

“Jika pemerintah federal mengizinkan adanya persaingan yang setara bagi semua kontestan, jika badan keamanan berhenti bertindak sebagai sayap bersenjata dari PDP yang berkuasa, jika wasit pemilu akan menjalankan tugasnya tanpa rasa takut, dukungan atau prasangka, dan jika warga negara diizinkan untuk melaksanakan tugas mereka, maka hal tersebut akan menjadi hal yang baik bagi mereka. hak pilih mereka tanpa hambatan akan menciptakan pemilu tanpa kekerasan, bebas, adil dan kredibel. Dengan kata lain, pemerintah mempunyai peran besar dalam membuat pemilu mendatang berlangsung damai.

“Di pihak kami, selain upaya-upaya lain yang bertujuan untuk memastikan pemilu yang damai, kami berjanji untuk menerima hasil pemilu yang tidak hanya bebas, adil, kredibel, dan transparan, namun juga terlihat seperti itu. Kami berharap pihak lain juga memberikan janji serupa.”

Partai tersebut mengatakan bahwa dalam konvensi nasional bebas bencana dan meriah di Lagos baru-baru ini, partai tersebut menunjukkan bahwa pemilu harus menjadi perayaan demokrasi, bukan momen ketakutan, kekerasan, dan ancaman terhadap kehidupan.

Jauh dari sekedar retorika, katanya, mereka telah mengambil langkah-langkah praktis sejak Mei 2014 untuk bekerja sama dengan PDP guna memastikan pemilu bebas kekerasan pada tahun 2015.

Pernyataan Mohammed lebih lanjut mengatakan: “Menyusul pertemuan perwakilan kedua partai di Washington, DC, AS, 7-8 April 2014 di bawah naungan CSIS Nigeria Electoral Forum, disepakati bahwa pertemuan gabungan keduanya Ketika partai-partai politik berkumpul untuk mendiskusikan dan menyepakati permasalahan penting dalam Kode Etik Kampanye dan Pemilu, kami telah menulis surat kepada PDP yang mengusulkan diadakannya pertemuan bipartisan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“PDP menyetujui usulan tersebut dan menyarankan agar usulan tersebut diperluas hingga mencakup pimpinan partai politik lain di negara ini. Namun kendala logistik membuat pertemuan tersebut tidak terlaksana.

“Bahkan dengan waktu yang tersisa sedikit untuk mengadakan pemilu, kami sangat yakin bahwa pertemuan pimpinan kedua partai politik, APC dan PDP, akan mengirimkan pesan yang kuat kepada bangsa kita dan masyarakat internasional serta ketegangan yang terjadi. yang dibangun sebelum pemilu.”


Pengeluaran SGP

By gacor88