Hong Kong akan mengeluarkan subsidi, memperluas pembatasan Covid-19

17 Januari 2022

Hongkong – Hong Kong mengumumkan putaran kelima Dana Anti-Epidemi sebesar HK$3,57 miliar ($458,6 juta) untuk membantu restoran, agen pariwisata, dan lainnya di kota tersebut, yang sangat terpukul oleh aturan jarak sosial yang lebih ketat dan pembatasan perjalanan. Aturan pengendalian pandemi ini telah diperpanjang selama dua minggu hingga 4 Februari.

Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam Cheng Yuet-ngor mengatakan pada konferensi pers bahwa dana bantuan diharapkan akan dicairkan sesegera mungkin setelah Tahun Baru Imlek pada 1 Februari. dan bioskop, yang ditutup sejak 7 Januari, dan restoran dilarang menyediakan layanan makan malam setelah jam 6 sore.

Bar, kelab malam, tempat karaoke, pusat satwa liar, dan lapangan olah raga yang tutup dapat mengajukan subsidi sebesar HK$50.000 mulai hari Minggu. Clubhouse dengan layanan karaoke tambahan atau bar akan mendapatkan tambahan HK$25.000

Dengan perpanjangan 14 hari ini, pembatasan akan diperpanjang selama libur bulan baru mulai tanggal 1 hingga 3 Februari, yang merupakan musim bisnis tradisional bagi Hong Kong untuk merangkul konsumsi massal.

Kota ini juga melarang lebih banyak pengunjung masuk dari daerah berisiko tinggi yang terjangkit kasus Omicron dan membatalkan acara tradisional berskala besar, termasuk perayaan Tahun Baru dan 15 pekan raya Tahun Baru, sebagai respons terhadap wabah yang sedang berlangsung.

Hong Kong mencatat sembilan kasus baru COVID-19 pada hari Jumat, termasuk tiga kasus yang ditularkan secara lokal.

Otoritas medis kota sangat prihatin dengan kasus seorang pedagang supermarket, yang dinyatakan positif pada tanggal 8 Januari dan infeksinya dapat ditelusuri kembali ke awak pesawat melalui pengurutan genetik, namun jalur penularannya masih belum jelas. “Ini jelas merupakan pertanda baik bahwa kita belum pernah melihat hal seperti ini (wabah massal kasus Omicron di masyarakat) setidaknya selama delapan atau 10 hari,” kata Lam.

Subsidi baru ini juga akan mencakup agen perjalanan, yang masih memerlukan bantuan karena terus terganggunya arus orang antara Hong Kong dan tempat lain sejak merebaknya COVID-19.

Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam Cheng Yuet-ngor mengadakan konferensi pers di kantor pemerintah pusat pada 14 Januari 2022, di mana ia mengumumkan subsidi sebesar $458,6 juta untuk individu dan industri yang terkena dampak pandemi virus corona. (EDMOND TANG / CINA SETIAP HARI)

Pemerintah Daerah Administratif Khusus Hong Kong kemudian mengeluarkan pernyataan yang menjelaskan bahwa HK$1,761 miliar akan diberikan kepada 17.600 gerai katering berlisensi, sekitar 1.000 operator kedai makanan matang atau minuman ringan, dan 1.700 pemegang lisensi pabrik makanan berlisensi yang memenuhi syarat, dengan subsidi mulai dari HK00.00 $10. hingga HK$250.000.

Carrie Lam mengatakan pemerintah berencana untuk mengajukan lebih banyak uang kepada Komite Keuangan Dewan Legislatif masa jabatan baru jika dana tersebut habis.

Bar, klub malam, tempat karaoke, pusat satwa liar, dan lapangan olahraga yang tutup dapat mengajukan subsidi sebesar HK$50.000 mulai hari Minggu. Clubhouse dengan layanan karaoke atau bar tambahan akan mendapatkan tambahan HK$25.000.

Subsidi juga akan ditawarkan kepada sekitar 1.000 taman kanak-kanak dan sekolah dasar yang diperintahkan tutup sejak Jumat.

Lam mengatakan pemerintah berencana untuk mengajukan lebih banyak uang kepada Komite Keuangan Dewan Legislatif masa jabatan baru jika dana tersebut habis.

Hanya mereka yang telah divaksinasi yang diizinkan memasuki lokasi tersebut setelah dibuka kembali.

Sebelumnya, dalam upaya untuk meningkatkan tingkat vaksinasi lokal, pemerintah mengumumkan bahwa “gelembung vaksin”, yang melarang mereka yang belum menerima vaksinasi di restoran, kampus, dan perpustakaan umum, akan dimulai pada 24 Februari.

Selain itu, penangguhan penerbangan penumpang masuk dari delapan negara akan diperpanjang dua minggu hingga 4 Februari. Negara-negara tersebut termasuk Australia, Kanada, Perancis, India, Pakistan, Filipina, Inggris, dan Amerika Serikat – delapan negara sumber utama kasus mikron impor dari Hong Kong. Penduduk non-Hong Kong yang pernah berkunjung ke Armenia, Bonaire, Guatemala, dan Kaledonia Baru dalam 21 hari terakhir tidak akan diizinkan memasuki kota tersebut mulai 17 Januari.

Keluaran SGP

By gacor88