Insentif bagi Korea Utara, jika Pyongyang melucuti senjatanya

3 Desember 2018

Trump mengatakan dia akan memberikan apa pun yang diinginkan Kim setelah perlucutan senjata, menurut Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Presiden AS Donald Trump siap memberikan semua yang dia janjikan kepada Korea Utara jika negara komunis itu setia menerapkan langkah-langkah denuklirisasinya, kata Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Moon mengatakan Trump memintanya untuk menyampaikan pesan seperti itu kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un selama pertemuan puncak mereka yang diadakan di sela-sela pertemuan G20 di Argentina pada hari Jumat.

“Dan pesannya adalah bahwa Presiden Trump memiliki pandangan yang sangat ramah terhadap Ketua Kim dan bahwa dia menyukainya, sehingga dia berharap agar Ketua Kim akan melaksanakan sisa perjanjian mereka dan bahwa dia akan memenuhi apa yang diinginkan Ketua Kim,” kata Moon. saat mereka bertemu dengan wartawan di pesawat Air Force One dalam perjalanan ke Selandia Baru.

Trump dan Kim mengadakan pertemuan pertama mereka pada bulan Juni, di mana Kim berkomitmen untuk melakukan denuklirisasi penuh negaranya dengan imbalan jaminan keamanan dari AS.

Trump telah setuju untuk bertemu kembali dengan Kim, namun belum ada tanggal pasti yang ditetapkan di tengah kecurigaan adanya kemungkinan perselisihan mengenai imbalan awal atau tindakan terkait sebagai imbalan atas langkah perlucutan senjata Korea Utara.

Moon dan Trump sepakat dalam pertemuan Jumat mereka mengenai perlunya mempertahankan sanksi yang ada terhadap Korea Utara sampai negara komunis tersebut benar-benar dilucuti, kata Cheong Wa Dae, kantor kepresidenan Moon, sebelumnya.

Presiden Korea Selatan mengatakan tindakan terkait tidak harus berupa pencabutan atau pengurangan sanksi.

“Langkah-langkah terkait tidak hanya bisa berarti pengurangan atau pencabutan sanksi, tapi bisa juga berupa penundaan atau pengurangan latihan militer Korea Selatan-AS, bantuan kemanusiaan atau bahkan pertukaran non-politik, seperti pertukaran olahraga dan budaya,” kata Moon. .

Ketika ditanya tentang kemungkinan perjalanan Kim ke Seoul sebelum akhir tahun ini, presiden mengatakan hal itu masih mungkin terjadi, dan itu tergantung pada Kim.

Kim sebelumnya setuju untuk mengunjungi ibu kota Korea Selatan untuk membalas kunjungan Moon ke Pyongyang pada bulan September untuk pertemuan puncak bilateral ketiga mereka.

Namun, banyak yang menduga KTT keempat Moon-Kim mungkin ditunda setidaknya sampai KTT kedua Korea Utara-AS selesai, yang diperkirakan akan diadakan awal tahun depan.

Moon mengatakan dia dan Trump tidak hanya menyetujui kemungkinan pertemuan antar-Korea menjelang usulan pertemuan puncak AS-Korea Utara, namun juga bahwa perjalanan Kim ke Seoul akan membantu menciptakan momentum baru bagi upaya denuklirisasi Semenanjung Korea.

“Ada kekhawatiran bahwa kunjungan timbal baliknya sebelum pertemuan puncak atau perundingan tingkat tinggi antara Korea Utara dan AS dapat menimbulkan ketegangan, namun saya dapat memberitahu Anda bahwa kekhawatiran tersebut telah hilang setelah pertemuan saya dengan Presiden Trump,” tambahnya.

Kunjungan Kim, jika dilakukan, juga dapat menunjukkan kesediaannya untuk melakukan denuklirisasi, kata Moon.

“Kunjungan Ketua Kim ke Seoul akan memiliki arti penting,” kata presiden, sambil mencatat bahwa Kim akan menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang mengunjungi ibu kota Korea Selatan setidaknya sejak akhir Perang Korea tahun 1950-1953.

“Saya yakin kunjungan Kim ke Seoul sendiri akan menjadi pesan damai kepada dunia, dan juga pesan komitmennya terhadap denuklirisasi, komitmen terhadap pengembangan hubungan antar-Korea,” tambahnya.

Meski begitu, presiden Korea Selatan menekankan perlunya mengadakan pertemuan puncak kedua antara AS dan Korea Utara sesegera mungkin, dan menekankan bahwa proses denuklirisasi Korea Utara pada akhirnya harus didiskusikan di antara keduanya.

“Kami mencoba memainkan peran dengan menawarkan pandangan kami dan mencoba melakukan mediasi ketika negosiasi mengalami hambatan, namun saya yakin ini adalah masalah yang pada dasarnya harus diselesaikan antara Korea Utara dan AS,” kata Moon.

Dia juga menepis kemungkinan perselisihan antara Seoul dan Washington, dengan mengatakan kedua sekutu tersebut “tidak memiliki perbedaan apa pun” dalam upaya bersama mereka untuk sepenuhnya melucuti senjata Semenanjung Korea.

Keluaran HK hari Ini

By gacor88